Comscore Tracker

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecure

Jangan lukai harga dirinya 

Sosok pria biasanya identik dengan sikap cueknya yang sering bikin para wanita gemas karena kurang peka. Sering pula dianggap sosok yang selalu tangguh dan kuat, mendukung peran mereka sebagai imam keluarga.

Dengan cara pandang seperti itu, rasanya aneh kalau pria itu punya perasaan insecure. Padahal, yang namanya manusia, mau itu pria atau wanita, selama punya perasaan, pastilah ada hal-hal yang bisa bikin gak pede. Ini dia beberapa contoh penyebab pria jadi insecure. Apa saja?

1. Kondisi keuangan

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecureilustrasi pria merenung (pexels.com/Anastasiya Vragova)

Peran sebagai kepala keluarga, mau tak mau membuat pria harus punya kemapanan finansial jika ingin keluarganya sejahtera. Ekspektasi besar inilah yang kadang bikin banyak pria jadi merasa tertekan.

Ketika kariernya belum berkembang, dan kondisi keuangannya juga belum berkelimpahan, akhirnya bisa menyerang mental. Merasa minder ketika melihat teman seusia sudah banyak yang mapan. Atau membuatnya jadi gak percaya diri untuk mendekati wanita yang disuka, karena merasa dirinya belum layak untuk jadi pasangan. Belum kaya, soalnya!

Sebenarnya gak perlu minder, lho kalau saat ini belum mapan, dan teman-teman seumuran sudah banyak yang sukses. Tiap orang punya peta hidupnya sendiri-sendiri. Selama sudah gigih berjuang, berarti memang belum waktunya saja.

2. Tanda-tanda penuaan

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecureilustrasi pria botak (pexels.com/cottonbro)

Siapa bilang cuma kaum hawa doang yang bisa stres menanggapi masalah penuaan. Ternyata pria juga bisa gak pede, lho akibat adanya tanda-tanda penuaan.

Kantung mata yang bergelambir, rambut memutih, atau kepala jadi botak. Karena sama halnya dengan wanita, mereka pun ingin terlihat menarik dan disukai oleh lawan jenis.

3. Bentuk tubuh

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecureilustrasi pria main skateboard (pexels.com/Budgeron Bach)

Aspek penampilan lainnya yang juga bisa membuat pria gak pede, adalah bentuk tubuhnya. Baik terlalu gemuk, atau malah terlalu kurus.

Dan yang bikin mereka makin insecure, adalah cemooh dari teman-teman satu gendernya sendiri. Misalnya saja, ketika tubuhnya terlalu kurus, diledek ‘kerempeng’, ‘kurang gizi’, atau dianggap lemah.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insecure Akibat Jomlo Terlalu Lama, Bisa Kok!

4. Tinggi badan

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecureilustrasi pria berkaos putih (pexels.com/Kris Møklebust)

Dari sini, kita bisa melihat bahwa memang urusan penampilan sering jadi bahan insecure, baik bagi pria maupun wanita. Ini bisa jadi, disebabkan standar kecantikan masyarakat yang sejak dulu dibuat seragam.

Salah satunya, masalah tinggi badan. Lihat saja dari persyaratan lowongan pekerjaan. Banyak jenis pekerjaan yang mensyaratkan pria harus tinggi. Padahal kalau mau jujur, ditempati oleh pria yang pendek, gak ada masalah, kok. Dengan tuntutan sosial seperti itu, mau tak mau, pria yang bertubuh pendek jadi merasa terpinggirkan.

5. Merasa tak cukup bagi pasangannya

Dianggap Cuek dan Tangguh, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Bikin Pria Insecureilustrasi pria memberi hadiah kalung (pexels.com/cottonbro)

Masalah pride atau harga diri bagi seorang pria memang sangat krusial. Itulah kenapa para wanita harus berhati-hati menjaga sikap supaya tidak melukai harga diri pasangannya.

Seorang pria, ingin merasa mampu dan cukup bagi wanita yang dicintainya. Itulah kenapa, ketika pasangannya sering komplain kalau gaji suaminya kurang besar, atau suaminya gak bisa apa-apa, hal itu benar-benar langsung menghunjam lubuk hatinya yang paling dalam.

Dan alasan inilah yang kerap membuat pria jadi mudah tergoda untuk selingkuh. Ketika ada wanita lain yang mampu membuatnya merasa sangat dihargai dan dibutuhkan, perasaannya jadi melambung. Lupa, deh dengan istri di rumah. Walaupun tetap saja, selingkuh itu salah.

Dari uraian tadi, ternyata keliru, ya kalau menganggap pria itu selalu tangguh dan kuat. Oleh sebab itu, yuk, kita sama-sama jaga sikap, supaya dari perkataan atau perbuatan kita, gak sampai membuat orang lain jadi gak percaya diri atau merasa insecure.

Baca Juga: 5 Cara Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan, Sudahi Insecure!

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya