Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! 

Gak sulit kok merawatnya

Piringan hitam atau vinyl adalah sebuah rilisan rekaman fisik. Jika kamu memutuskan untuk mengoleksinya, maka kamu tentu harus menjaganya supaya kualitas suara terbaiknya tetap terjaga, meskipun telah bertahun-tahun.

Piringan hitam bila tidak dirawat dengan baik, dapat mudah terkena lecet, yang pada akhirnya suaranya bisa putus-putus. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara menjaga koleksi piringan hitam kamu berikut ini.

1. Melakukan penyimpanan dengan benar

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! ilustrasi piringan hitam (unsplash.com/Eric Krull)

Langkah pertama dalam merawat piringan hitam adalah dengan cara menyimpannya dengan baik dan benar. Biasanya, piringan hitam ini akan berada lebih lama di ruang penyimpanan daripada diputar. Kamu hanya perlu menyimpannya dalam kondisi vertikal dan hindarilah melakukan penyimpanannya dalam kondisi horizontal. Apalagi menumpuknya satu sama lain.
 
Piringan hitam yang diletakkan secara horizontal dan ditumpuk dapat membuat fisiknya cekung atau cembung karena dilakukan penumpukan terlalu lama. Kamu sebaiknya menyediakan rak khusus dengan dimensi yang pas dengan ukuran koleksi piringan hitam kamu.

Selain itu,  jangan terlalu memaksakan untuk memasukkannya ke dalam rak bila telah penuh karena hal tersebut bisa saja merusak cover art dari piringan hitam tersebut.

2. Memperhatikan cara memegang

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! ilustrasi piringan hitam (unsplash.com/Christin Hume)

Untuk membuat piringan hitam tetap bersih dan terjaga dengan baik, sebaiknya kamu hanya memegang sebagian kecil area fisiknya ketika akan memutarnya. Kamu sebaiknya memegang area pinggirnya saja dan bagian dalam yang terdapat tempelan label.
 
Dengan hanya melakukan sentuhan sedikit, kamu bisa saja mencegah piringan hitam ini terkena minyak atau debu yang menempel di area jari-jari kamu. Ketika memutarnya, sebaiknya kamu juga menutup turntable dengan penutupnya agar menghindarkannya dengan debu kecil yang menempel di atas piringan hitamnya.

3. Memperhatikan saat memutarnya

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! ilustrasi piringan hitam (unsplash.com/Victrola Record Players)

Ketika ingin mendengarkan piringan hitram, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan supaya umur piringan hitam kamu tidak mudah rusak dan tahan lama. Ketika ingin memasangnya, pastikan tangan kamu dalam keadaan stabil dan pasanglah dengan hati-hati.
 
Cara ini sangat penting bila berkeinginan untuk memutarnya dengan turntable manual yang mengharuskan kamu menempatkam jarum di atas piringan hitam secara manual. Bila kurang berhati-hati, piringan hitam akan mudah tergores secara tidak sengaja. Kamu bisa mencoba untuk mengangkat tangan kamu setinggi mungkin ketika memasangnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Turntable Piringan Hitam Terbaik dengan Harga Terjangkau

4. Peralatan membersihkan piringan hitam

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! ilustrasi piringan hitam (unsplash.com/Seth Doyle)

Untuk menjaga piringan hitam agar selalu awet, kamu disarankan secara rutin membersihkannya. Terdapat beragam peralatan yang dapat digunakan untuk membersihkannya dari noda atau debu yang menempel. 

Cara pertama dengan memakai sikat carbon fiber yang bisa dengan mudah menemukan pola alur piringan hitam, sehingga bisa membasmi debu-debu. Selain itu, sikat ini bisa mengurangi munculnya listrik statis yang dapat menarik debu ke atas piringan hitam. 

Cara kedua adalah dengan memakai cairan pembersih. Kamu dapat mendapatkannya secara online atau di tempat-tempat yang menjual piringan hitam.

5. Cara membersihkan

5 Cara Menjaga Koleksi Piringan Hitam Kamu, Biar Awet! ilustrasi piringan hitam (unsplash.com/Immo Wegmann)

Cara terakhir adalah membersihkan dengan benar. Ketika membersihkannya, kamu harus memastikan dengan membilasnya searah dengan jarum jam. 

Hal ini bertujuan supaya kualitas suara dan permukaan piringan hitam tidak cacat atau tergores yang disebabkan oleh kotoran atau cara membilas yang tidak teratur. Bahkan yang lebih parah, piringan hitam tidak bisa digunakan lagi karena cara membersihkan dengan cara yang salah.
 
Nah, itulah hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat menjaga koleksi piringan hitam kesayangan kamu. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Tempat Jual Piringan Hitam, Bisa Beli dari Rumah!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya