Comscore Tracker

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek Pujaanmu

#IDNTimesMen Biar kamu gak bingung cara melamar si dia

Jika kamu sudah yakin dengan seorang wanita untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, maka kamu dapat segera melamarnya. Tujuannya adalah agar dapat menunjukkan jika kamu serius untuk menikahinya. Selain itu, juga sebagai momen untuk mempertemukan keluargamu dan keluarga calon istrimu agar makin kenal serta akrab. 

Nah, ketika akan melamar dia, kamu harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Berikut IDN Times berikan 5 tata cara melamar wanita pujaan. Yuk, simak Bro!

1. Memantapkan hati bahwa dia adalah pilihanmu untuk dinikahi 

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek PujaanmuPexels/Taryn Elliott

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melamar wanita idamanmu adalah yakinkan dirimu sendiri bahwa dia adalah wanita yang tepat untuk kamu nikahi. Paling tidak kamu sudah memahami bagaimana karakternya dan telah mengenal keluarganya dengan baik. Begitu juga sebaliknya. 

Tak hanya itu, kamu juga harus pastikan jika wanita yang bakal kamu lamar tidak sedang terikat pernikahan dengan orang lain. Maupun sedang dalam proses dilamar orang lain. Banyak berdoa meminta petunjuk dan kemantapan hati juga dapat kamu lakukan, Bro.

2. Meminta izin terlebih dahulu kepada orangtua

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek PujaanmuPexels/cottonbro

Setelah kamu yakin bahwa dia adalah wanita yang tepat, mintalah restu dari orangtuamu sendiri. Sampaikan dengan baik kepada orangtuamu jika kamu ingin melamar dia. Sebelum melamar, jangan ragu untuk mengenalkan wanita yang ingin kamu lamar kepada orangtuamu. Hal ini sangat penting, agar orangtuamu juga tahu bagaimana kepribadian wanita yang ingin kamu lamar.

Setelah itu, kamu juga harus sampaikan niat baikmu itu kepada wanita yang ingin kamu lamar. Katakan kepadanya, jika kamu akan berkunjung ke rumahnya bersama keluargamu dengan maksud untuk melamarnya. Hal ini perlu kamu lakukan agar pihak wanita juga mempersiapkan diri, sekaligus kamu dapat memastikan bahwa dirinya belum dilamar oleh laki-laki lain.

Setelah dia tahu, saatnya untuk meminta izin kepada orantuanya jika kamu ingin melamar putri mereka. Kamu bisa datang ke rumahnya untuk berbicara langsung sekaligus memberitahu jika ada cowok yang ingin melamar anaknya. 

Meminta izin kepada orangtua si wanita sangat perlu kamu lakukan. Ini karena keluarga pihak wanita juga perlu bersiap untuk menyambut kedatangan kamu dan keluarga. Selain itu, kamu juga bisa membicarakan tanggal lamarannya dengan orangtua si wanita. 

Baca Juga: Apik Berhiaskan Bunga, Ide Seserahan Lamaran ala Nabila Gardena

3. Menyiapkan hantaran lamaran

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek PujaanmuPexels/Karolina Grabowska

Dalam lamaran juga diperlukan hantaran yang isinya bisa berupa makanan, buah-buahan, kue, dan juga barang-barang lainnya. Jadi, kamu perlu menyiapkan apa saja isi hantaran yang akan kamu bawa untuk diberikan kepada keluarga pihak wanita. 

Hantaran ini nantinya diberikan saat acara lamaran dengan disaksikan oleh kedua pihak keluarga, Bro.

4. Mendatangi rumah calon pasangan dan sampaikan maksud kedatangan keluargamu

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek PujaanmuPexels/Nicole Michalou

Jika izin untuk melamar sudah didapat, tanggal sudah ditentukan, dan hantaran sudah disiapkan, maka saatnya kamu dan keluarga datang ke rumah keluarga pihak wanita untuk melamarnya. Sesampainya di sana kamu dan keluarga akan disambut oleh keluarga pihak wanita. Sehingga pastikan kamu bersama keluargamu datang tepat waktu, agar keluarga pihak wanita tidak menunggu terlalu lama.

Setelah dibuka acaranya, perwakilan keluargamu bisa menyampaikan jika tujuan kedatanganmu dan keluarga ke kediaman pihak wanita adalah untuk bersilaturahmi sekaligus melamar. Selanjutnya, perwakilan keluarganya akan menjawab lamaran yang diajukan oleh keluargamu. Jawabannya tentu bisa iya maupun tidak, tergantung pada kesediaan keluarga si wanita apakah menerima lamaranmu atau tidak, Bro.

Jika diterima, selanjutnya adalah prosesi penyerahan hantaran. Jika kamu juga melengkapi hantaran dengan cincin, maka akan dilakukan prosesi tukar cincin. Cincinmu akan dipakaikan oleh orangtua si wanita, begitu juga sebaliknya. 

Penggunaan cincin dalam tata cara melamar sebenarnya tidak wajib kok, Bro! Jadi, kamu boleh gunakan cincin saat melamar maupun tidak.2

5. Mengakrabkan diri dengan keluarga calon pasangan

Siap untuk Hubungan yang Serius, Simak 5 Cara Melamar Cewek PujaanmuPexels/August de Richelieu

Setelah prosesi lamaran selesai, pihak keluargamu dan keluarga si wanita bisa saling mengobrol untuk mengakrabkan diri sekaligus membahas persiapan pernikahan. Biasanya kedua keluarga membahas mulai dari waktu, tempat, hingga adat yang digunakan. Selain itu, pihak keluarga si wanita juga bisa mengagendakan untuk mendatangi kediaman keluargamu. Tujuannya adalah untuk bersilaturahmi.

Jika acara lamaran sudah selesai, tak lupa, keluarga dari pihak wanita juga akan memberikan suguhan makanan yang sudah disiapkan untuk keluargamu. Serta memberikan hantaran balasan kepada keluargamu untuk dibawa pulang.

Itulah 5 tata cara melamar seorang wanita. Buat kamu yang sudah memantapkan hati untuk melamarnya, segera atur jadwal dan ikuti tata cara ini ya, Bro!

Baca Juga: Jangan Buru-buru Melamar Jika Kamu Belum Mengantongi 5 Hal Ini

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya