Comscore Tracker

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaan

#IDNTimesLife Jangan berat sebelah!

Seorang pria yang sudah berumah tangga tidak bisa memilih untuk berat sebelah pada karir dan juga keluarga. Walau seringkali ada yang dikorbankan, ketika bisa membagi waktu dengan baik untuk keduanya, akan menghindari timbulnya masalah.

Ingin tahu caranya? Mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Sebaiknya punya target dalam menyelesaikan pekerjaan

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaanilustrasi bekerja (pexels.com/ivansamkov)

Sebagai kepala rumah tangga, seorang pria memang bertugas mencari nafkah. Namun tidak seharusnya mengesampingkan keluarga karena sibuk dengan pekerjaan tersebut.

Sebaiknya, kamu mempunyai target dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada hingga cepat terselesaikan. Agar nantinya, waktu bersama keluarga bisa dengan maksimal dipergunakan. Tidak seharusnya mengorbankan keluarga hanya karena kesibukan bekerja, ya, bro. 

2. Selalu profesional dalam bekerja

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaanilustrasi bekerja keras (pixabay.com/suky6661)

Sikap profesional dalam bekerja juga akan memberi dampak baik untuk kamu. Salah satunya mempunyai waktu yang maksimal dalam bekerja, sehingga pekerjaan tidak terbengkalai.

Dengan profesional, kamu akan dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai harapan, sementara kepentingan keluarga juga tidak terabaikan. Sebaiknya, jangan pula mengorbankan pekerjaan hanya demi waktu bersantai yang berlebihan dengan keluarga. Harus pula bersikap profesional, ya.

3. Batasi waktu antara pekerjaan dan waktu bersama keluarga

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaanilustrasi keluarga (pixabay.com/460273)

Sebisa mungkin, seorang pria juga bisa mengatur waktu antara pekerjaan dan bersama keluarga. Hal tersebut demi bisa membagi waktu keduanya dengan baik.

Saatnya bekerja, kamu harus bisa tepat waktu. Sedangkan ketika sudah waktunya pulang, segeralah pulang demi kualitas waktu bersama keluarga. Karena ingat, bro, keluarga menanti dan merindukanmu di rumah. 

Baca Juga: Bro, 5 Hal yang Dirasakan Pasangan Ketika Kamu Genit sama Cewek Lain

4. Jangan lupakan waktu dan perhatian untuk keluarga

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaanilustrasi keluarga (pixabay.com/dan_park)

Gak seharusya kamu melupakan waktu dan gak memberikan perhatian kepada keluarga, hanya demi ambisi pekerjaan yang berlebih. Walau ingin karir dan pendapatan naik, gak semestinya kamu mengorbankan kebersamaan dengan keluarga. 

Karena, bisa saja keluarga merasa gak nyaman, hingga membuat hubungan kalian sedikit merenggang akibat kurangnya waktu bersama. 

5. Tidak seharusnya korupsi waktu bersama keluarga hanya demi pekerjaan atau sebaliknya

Bro, Ini 5 Cara Adil dalam Membagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaanilustrasi bekerja (pixabay.com/startupstockphotos)

Melakukan korupsi waktu bukan cara yang tepat dilakukan, apalagi mengorbankan salah satunya. Tidak baik jika kamu mengambil waktu berlibur bersama keluarga, sementara pekerjaan terbengkalai begitu saja. Atau sebaliknya, kamu terlalu sibuk bekerja hingga mengambil lembur, sementara keluarga selalu mengharapkan waktu sejenak untuk bersama kamu.

Walau terlihat sulit, sebaiknya tidak ada salah satu yang dikorbankan, bro. Baik itu pekerjaan maupun keluarga. Semangat untuk kamu para pria yang selalu berjuang demi keluarga, namun tidak lupa meluangkan waktu untuk mereka!

Baca Juga: 5 Tips agar Pekerjaanmu Gak Menjadi Beban, Jadi Makin Enjoy Bro!

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya