Comscore Tracker

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia Kerja

Ini keahlian dasar yang bisa dikembangkan #IDNTimesMen

Sekarang ini, nilai akademik tidak cukup membuktikan kualitas seseorang saat memasuki dunia kerja. Setiap orang, termasuk juga para pria membutuhkan keahlian dasar atau juga mungkin soft skill yang harus dimiliki saat akan memasuki dunia kerja.

Hal ini penting agar nanti kamu mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, di mana dunia kerja sangat berbeda sekali dengan dunia akademik yang telah kamu jalani. Banyak sekali hal yang nantinya akan memengaruhi kamu untuk bersikap dalam dunia kerja, entah itu berakibat baik atau justru malahan berakibat buruk.

Untuk itu, kamu harus memiliki soft skill atau keahlian dasar yang memang hal itu bisa dikembangkan dengan seiring waktu berjalan. Setidaknya, kamu harus tahu dulu apa saja keahlian dasar yang harus kamu miliki saat akan memasuki dunia kerja. Simak ulasannya, Bro!

1. Leadership skill

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia KerjaIlustrasi pria bekerja (unsplash.com/austindistel)

Saat masih di bangku sekolah, kebanyakan dari kita mengikuti program leadership yang diadakan pihak organisasi sekolah. Memiliki kemampuan menjadi seorang pemimpin sangat membantumu di segala kondisi. Yang dimaksud memimpin di sini adalah mampu memberi arahan kepada orang lain, bukan bertindak bossy!

Untuk memilikinya, kamu perlu melatih kemampuan komunikasi dengan baik, menjadi pendengar yang baik, menganalisis masalah, dan jika diperlukan bahkan kamu harus berani membuat keputusan. Mulailah menjadi pemimpin untuk dirimu sendiri.

2. Communication skill

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia KerjaIlustrasi pria bekerja (unsplash.com/mapbox)

Sebagai makhluk sosial, tentu kita terbiasa berkomunikasi satu sama lain. Tetapi, tak jarang dari kita masih kaku untuk berbicara di depan khalayak ramai. Bukan berarti kamu akan selamanya kaku saat berbicara, hal ini dapat dilatih dimulai dengan meningkatkan rasa percaya dirimu.

Rutinlah latihan berbicara di depan cermin untuk membangun rasa percaya diri. Banyak membaca untuk menambah pengetahuanmu tentang kata-kata baru. Dalam kemampuan ini, kamu juga harus belajar mendengarkan pendapat orang lain, agar komunikasimu terjadi dua arah.

3. Time management

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia KerjaIlustrasi manajemen waktu (unsplash.com/bradneathery)

Waktu sepertinya menjadi hal yang berharga. Agar waktumu tidak terbuang sia-sia, kamu butuh kemampuan untuk mengatur waktu atau disebut juga manajemen waktu. Manfaatkan waktumu dengan menyusun rencana kegiatan yang akan kamu lakukan. Bisa harian, mingguan, dan juga bulanan.

Mulailah dengan menentukan skala prioritas kegiatanmu. Lakukan kegiatan yang penting dan membuatmu produktif. Yang baik itu menjadi produktif, bukan sekadar sibuk. Jangan lupa sisakan waktu untuk dirimu istirahat. Sesekali berikan dirimu hari libur, ya!

Baca Juga: 5 Tips Kelola Keuangan Buat Pria yang Gajinya Pas-pasan, Anti Ngeluh!

4. Networking skill

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia KerjaIlustrasi pria bekerja (unsplash.com/anniespratt)

Untuk mengembangkan dirimu, perbanyaklah relasi. Memiliki banyak relasi dan koneksi menunjukkan dirimu mampu berkomitmen dengan orang lain. Kolaborasi bisa membuatmu menemukan ide baru dan melakukan inovasi.

Jadilah dirimu sendiri, dan jagalah silaturahmi dengan orang sekitar. Biasakan bersikap ramah, mengikuti perkumpulan atau organisasi yang memiliki dampak positif untukmu. Tidak hanya saling kenal, buatlah hubungan yang lebih dalam!

5. Critical thinking

5 Keahilan yang Harus Dimiliki Pria untuk Menghadapi Dunia KerjaIlustrasi pria bekerja (unsplash.com/brucemars)

Semakin canggih teknologi, semakin mudah menerima informasi yang tak jelas kebenarannya. Kemampuan berpikir kritis ini bisa dimulai dengan membiasakan untuk tidak menelan informasi tersebut mentah-mentah. Hal ini akan membuatmu tidak termakan hoaks ataupun mudah terprovokasi oleh suatu masalah.

Memiliki kemampuan berpikir kritis juga membuatmu bisa memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Perbanyak membaca, miliki rasa ingin tahu, dan berani bertanya jika kamu berasumsi. Latih otakmu untuk mempertanyakan setiap hal kecil, lalu riset dan temukan jawaban atas pertanyaanmu. Jangan lupa untuk mencoba menempatkan dirimu dari sudut pandang lain.

Itu dia lima keahlian dasar atau juga soft skill yang setidaknya kamu miliki untuk dikembangkan sebagai persiapan memasuki dunia kerja. Latih dan kembangkan kemampuanmu. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri, Wajib Dicoba Bro!

Tiara Nadia Photo Writer Tiara Nadia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya