Comscore Tracker

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!

Hal mendasar yang gak boleh kamu sepelekan

Buat kamu yang ingin membeli kamera dan lensa sebaiknya jangan terburu-buru. Selain karena harganya yang cukup mahal, setidaknya kamu harus paham lebih dulu mengenai dunia memotret gambar ini.

Menurut ahli fotografi dan editing, kamera dan lensa yang mahal tidak bisa menentukan hasil foto yang bagus. Hal ini memungkinkan terjadi apabila tidak didukung dengan pengetahuan dasar dan keahlian yang cukup maka hasil foto tidak akan maksimal.

Nah, buat kamu yang mau memulai hobi fotografi, kamu bisa simak lima tips mendapatkan hasil fotografi yang maksimal bagi pemula. Penasaran apa saja? Baca ulasannya sampai habis ya, Bro!

1. Back to basic

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!Ilustrasi pria memotret gambar (unsplash.com/Mauro Lima)

Untuk mengasah kemampuan skill fotografi pemula yang pertama adalah basicBasic atau dasar bisa diartikan cukup menggunakan kamera dan lensa standar atau lensa bawaan lebih dahulu.

Kamu juga harus mempelajari dasar-dasar kamera dan lensa serta teknik pengambilan gambar. Dari situ kamu bisa menilai kelebihan dan kekurangan diri kamu sendiri. Kuasai dulu dasarnya, sebelum kamu melaju ke tingkat selanjutnya dari pembelajaran fotografi.

2. Kuasai kamera dan lensa

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!Lensa kamera (unsplash.com/Ryan Warburton)

Setelah mempelajar hal yang mendasar, langkah selanjutnya yaitu menguasai kamera yang kamu miliki. Pelajari lebih detail terkait fungsi-fungsi pengaturan dalam kamera dan kenali komponen-komponen lensa yang harus digunakan untuk momen-momen tertentu.

Hal ini dilakukan agar kamu lebih memahami pengaturan kamera sebelum melakukan pemotretan gambar. Maka dengan demikian, hasil gambar yang kamu ambil bisa lebih baik dari sebelumnya. Ini menjadi hal mutlak yang harus kamu kuasai, jangan asal memotret saja.

3. Mencintai dunia fotografi

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!Pria melempar kamera (unsplash.com/Reinhart Julian)

Tips ini merupakan bagian yang terpenting dalam menekuni dunia fotografi. Walaupun hal yang dasar kamu sudah paham dan sudah bisa menguasai kamera, namun jika tidak mencintai dunia fotografi hasilnya pun tidak akan maksimal.

Terkadang, awalnya orang-orang tidak benar-benar hobi dengan fotografi. Melainkan hanya sekadar suka foto-foto kemudian keenakan, dan jadi hobi. Hal ini bisa membuat orang cepat bosan dan kemudian ditinggalkan. Pastikan kamu mencintainya, dan menjadi passion kamu.

Baca Juga: 5 Sikap yang Harus Diubah agar Kamu Jadi Pria yang Pantang Menyerah

4. Perbanyak latihan dan praktik

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!Pria memegang kamera (unsplash.com/Christian Wiediger)

Langkah selanjutnya kamu harus sering melakukan latihan dan praktik dalam mengambil gambar. Kamu juga harus melatih kemampuan gambar dengan pengaturan kamera manual untuk mengetahui semuanya dan meningkatkan dalam membidik dan menghasilkan gambar maksimal.

Kamu harus membiasakan pengaturan manual untuk ISO, shutter speed, dan aperture. Jika kamu terlalu terbiasa dengan auto, hasil pengambilan gambar pun akan terlihat standar dengan pencahayaan yang sama seluruhnya. 

5. Bersosialisasi

5 Tips Mendapatkan Hasil Fotografi Maksimal Bagi Pemula, Wajib Tahu!Ilustrasi bersosialisasi (unsplash.com/CardMapr)

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai fotografer pemula adalah bersosialisasi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk kamu yang baru terjun ke dunia fotografi, karena belajar kepada orang yang lebih ahli akan terus dibutuhkan.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas fotografi untuk saling mengenal dan menambah teknik-teknik baru dalam pengambilan gambar. Ketika kamu sudah mengetahui hal-hal baru dunia fotografi, dijamin akan lebih mencintai dunia seni visual ini. Selamat mencoba, Bro!

Baca Juga: 5 Hobi Pria yang Bisa Memukau Perempuan, Jadi Daya Tarik!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya