Comscore Tracker

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!

#IDNTimesMen Pastikan kamu melakukan perawatan yang tepat! 

Meskipun terlihat sama, namun tipe kulit setiap orang itu berbeda-beda. Karena jenisnya yang berbeda itu, perawatan dan hal yang harus dihindari juga gak bisa dipukul rata.
Sebelum merawatnya, lebih baik ketahui dulu apa jenis kulit kalian, bro.

Daripada nanti melakukan kesalahan saat perawatan wajah, bisa baca detail selengkapnya di bawah ini!

1. Normal 

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!Ilustrasi tipe kulit normal (unsplash/Toni Hukkanen)

Pemilik kulit normal biasanya tidak memiliki masalah khusus seperti produksi minyak yang berlebih, spot wajah kering, atau jerawat membandel. Perawatan terbaik untuk tipe kulit normal adalah menemukan jenis produk yang benar-benar bekerja maksimal untuk menjaga kesehatan kulit atau tujuan khusus yang kamu inginkan.

Misalnya, membuat wajah lebih cerah, memperbaiki tekstur kulit, atau mengecilkan pori-pori. Nah, saran perawatan wajib bagi pemilik kulit kering adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin dan menyisipkan skincare dengan kandungan vitamin C. 

2. Sensitif

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!Ilustrasi tipe kulit sensitif(unsplash/Andre Sebastian)

Mengenali jenis kulit sensitif bisa dibilang cukup mudah, yaitu ketika kulit mudah bereaksi dan menunjukkan gejala alergi atas ketidakcocokan suatu produk. Nah, kulit sensitif harus dijaga lebih hati-hati karena pada dasarnya jenis kulit ini tidak bisa sembarangan menggunakan beragam produk.

Sebaiknya, hindari melakukan eksfoliasi dan perhatikan cara kalian saat bercukur, bro. Kemudian jangan lupa mencari produk pelembab dan tabir surya yang memang diformulasi khusus dapat meredakan kemerahan untuk kulit sensitif.

3. Kering

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!Ilustrasi tipe kulit kering(unsplash/Thái An)

Pemilik kulit kering cenderung memiliki area kulit yang kasar dan bagian tersebut akan terasa gatal. Penggunaan krim pelembab pastinya sangat dibutuhkan untuk tipe kulit kering. Bukan cuma itu, tapi kulit kering juga bisa diatasi dengan penggunaan serum hyaluronic acid

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Wajah ala Korea yang Buat Kulit Makin Glowing

4. Berminyak 

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!Ilustrasi tipe kulit berminyak(unsplash/Amir Babaei)

Berlawanan dari kulit kering, kulit berminyak ini justru mengalami produksi sebum (minyak) berlebih yang dapat menimbulkan banyak masalah seperti, jerawat dan komedo. Meski begitu, kunci utama dalam menangani kulit berminyak adalah dengan melakukan hidrasi secara maksimal.

Bagaimana caranya? Pilih jenis skincare dengan tekstur ringan dan mudah diserap. Dengan begitu, produksi minyak akan lebih terkontrol dan juga tidak memperparah penyumbatan pori-pori.

5. Kombinasi

Kenali Dulu Sebelum Merawat Wajahmu, Ini 5 Tipe Kulit pada Pria!Ilustrasi tipe kulit kombinasi(unsplash/Samuel Raita)

Ciri-ciri kulit kombinasi adalah sebagian area wajah biasanya t-zone akan mengalami produksi minyak berlebih. Tapi di luar dari itu di bagian pipi dan dagu cenderung kering. Meskipun sedikit membingungkan, jangan dulu berkecil hati jika kamu termasuk pemilik jenis kulit kombinasi, bro.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk merawatnya, di antaranya ialah mencari produk skincare yang bisa menyeimbangkan pH kulit. Setelah itu, gunakan produk dengan fungsi berbeda, sesuai kondisi kulit yang kamu miliki. 

Biar gak terjadi alergi atau reaksi yang tidak terduga, penting untuk memahami jenis kulitmu berdasarkan penjelasan di atas tadi. Kalau kamu tipe yang nomor berapa, bro?

Baca Juga: Penting Bagi Pria Jaga Kelembapan Kulit saat Pandemik, Begini Caranya

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya