Comscore Tracker

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!

Kembalikan rasa percaya dirimu dengan kondisi wajah kinclong

Masalah kulit berupa jerawat bukan hanya menyebabkan rasa nyeri atau sakit yang menyiksa, tapi sesudahnya juga kerap meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Jika sudah begini, penampilan kita akan terganggu dan membuat kepercayaan diri berkurang.

Sebelum hal itu terjadi, kamu bisa coba 5 tips pudarkan bekas jerawat di bawah ini, bro. Keep reading, ya!

1. Menggunakan acne spot treatment

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!Pexels.com/Karolina

Tidak hanya digunakan untuk jerawat yang sedang matang dan meradang, namun acne spot treatment juga diformulasikan sebagai pemudar bekas jerawat. Skincare ini biasanya dipakai pada malam hari agar formulanya bisa bekerja secara maksimal.

Bekas jerawat yang kemerahan atau meninggalkan noda hitam, dapat dihilangkan dengan acne spot treatment yang mengandung vitamin C, arbutin, atau kojic acid. 

2. Pilih skincare yang mengandung ceramide dan hylucronic acid

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!Pexels.com/Ray

Untuk perawatan yang lebih detail dan intens, produk skincare dengan kandungan ceramide dan hylucronic acid adalah solusinya. Keduanya memiliki kemampuan untuk mengembalikan kelembapan pada skin barrier, sehingga kulit dengan bekas jerawat akan terlihat lebih segar, sehat dengan tekstur yang perlahan berubah menjadi halus.

3. Atasi hiperpigmentasi dengan azelaic acid atau niacinamide

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!Unsplash.com/Devin Avery

Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana terjadi perubahan warna kulit secara tidak merata, khususnya pada bagian kulit yang habis terkena luka seperti bekas jerawat. Ketidakseragaman warna kulit wajah ini bisa kamu atasi dengan bantuan skincare dengan kandungan azelaic acid atau niacinamide.

Bahan-bahan tersebut diperuntukkan bagi masalah hiperpigmentasi. Cara kerjanya adalah mengurangi dan menekan produksi melanin, yang menyebabkan noda hitam sehingga warna kulit tidak merata. 

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Atasi Masalah Jerawat, Patut Dicoba Bro!

4. Gunakan chemical peeling dengan kandungan lactic atau glycolic acid dan BHA 

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!Pexels.com/@karolina-grabowska

Selanjutnya ialah dengan mengaplikasikan chemical peeling secara rutin minimal seminggu sekali. Proses ini dapat membantu kulit meregenerasi sel kulit baru, sehingga keadaan kulit bisa lebih cepat membaik.

Ini juga akan mendongkrak produksi kolagen dalam kulit, membuat permukaan wajah lebih kenyal, halus dan cerah. Pilih chemical peeling yang memiliki komposisi kandungan lactic atau glycolic acid dan BHA ya, bro!

5. Meracik DIY treatment sendiri di rumah 

5 Tips Pudarkan Bekas Jerawat yang Ganggu Penampilan, Coba Yuk!Pexels.com/ RF._.studio

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya coba cara alami terlebih dahulu. Gunakan bahan alami seperti perasan air jeruk lemon, sebagai exfoliator alami. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat membantu memudarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bongkahan es batu, yang cara pakainya adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Gosok secara perlahan es batu pada permukaan wajah hingga 15 menit. Suhu dingin dapat membantu kulit menjadi lebih tenang dan meratakan hiperpigmentasi.

Kebersihan wajah menjadi salah satu hal penting yang bisa mencerminkan bagaimana karakter seseorang. Masalah bekas jerawat ini juga termasuk hal yang gak bisa dibiarkan begitu saja, jadi pastikan untuk mencoba merawatnya dengan cara yang tepat ya, bro!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Serum Vitamin C, Tumpas Jerawat hingga Mencerahkan Wajah

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya