TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Merawat Rambut untuk Pria, Siap Gebet Nih!

#GantengCaraGue Bikin cewek-cewek langsung takluk bro!

unsplash.com/Nathan Fertig

Grooming menempati esensi paling penting bagi pria dalam menunjang penampilan. Rambut menjadi salah satu standar grooming yang wajib diperhatikan oleh pria. Hal ini dikarenakan tatanan rambut yang rapi dan bersih menjadi salah satu daya pikat untuk memperlancar first impression, baik karier (saat wawancara kerja) atau bahkan untuk menarik perhatian lawan jenis.

Tak hanya dari cara mengatur style rambut yang cocok, grooming untuk rambut juga termasuk di dalamnya perawatan untuk rambut itu sendiri dan area kulit kepala. Lalu, apa saja tips yang bisa dilakukan untuk perawatan rambut pria? Berikut adalah 6 cara merawat rambut yang bisa dilakukan para pria untuk perawatan rambutnya agar ganteng maksimal dan siap gebet!

1. Luangkan waktumu ke barbershop untuk rutin potong rambut

Dok. IDN Times

Rutin melakukan potong rambut adalah wajib hukumnya bagi seorang pria. Tak hanya untuk estetika dan penampilan, rutin memotong rambut juga memberikan manfaat untuk rambut itu sendiri.

Rutin memotong rambut akan mengurangi dampak rambut bercabang. Biasanya, pada rambut yang terlalu panjang akan terlihat rambut bercabang di ujungnya yang akan mengganggu pertumbuhan rambut.

Untuk itu, kamu harus rutin melakukan potong rambut untuk menjaga pertumbuhan rambut kamu. Ini juga berlaku untuk kamu yang suka mempertahankan karakteristik rambut gondrong. Meskipun, rambut gondrong masih menjadi tren gaya rambut, kamu tetap harus rutin memotongnya. Setidaknya untuk mempertahankan kerapiannya.

2. Perhatikan frekuensi keramas

pixabay.com/Licya

Banyak mitos yang berkembang di kalangan pria bahwa semakin sering keramas dan menggunakan shampo, maka kebersihan rambut akan terjaga. Padahal faktanya, terlalu sering keramas malah akan membuat rambut kehilangan kelembabannya dan membuat rambut cepat kering. Hal ini dikarenakan rambut terus terpapar bahan kimia shampo. Efeknya adalah rambut akan rusak dan mudah patah.

Untuk itu, perhatikan frekuensi keramas untuk menjaga kelembaban rambut. Normalnya, lakukan keramas rambut tiap 2-3 hari sekali. Jangan lupa juga utnuk mengaplikasikan penggunaan conditioner yang tepat untuk tetap menjaga kelembaban rambut.

Baca Juga: Mau Potong Rambut? Ini 7 Barber Shop Paling Hits di Kota Medan

3. Perhatikan penggunaan hair dryer

unileverservices.com

Setelah keramas, biasanya pria sering mengaplikasikan penggunaan hair dryer. Boleh-boleh saja asal tidak terlalu sering. Pasalnya, penggunaan hair dryer yang terlalu sering dan dalam durasi waktu yang lama malah akan membuat rambutmu cepat rusak. Hal ini dikarenakan rambut terus terpapas panas yang dihasilkan oleh mesin hair dryer.

Ada baiknya, jika rambut tidak terlalu basah, cukup gunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Caranya mudah, cukup tekan permukaan rambut dengan handuk bersih secara perlahan.

4. Jangan ragu konsultasikan potongan rambut yang sesuai dengan barberman pilihanmu

pixabay.com/StockSnap

Jika kamu bingung dengan potongan rambut yang sesuai dengan karakteristik rambut, ada baiknya kamu konsultasi ke barberman pilihanmu. Kamu dapat berkonsultasi mengenai gambaran potongan rambut yang kamu inginkan seperti potongan gradasi di bagian sisi, tatanan rambut slicked back ataupun model lainnya.

Jangan sampai terjadi insiden salah potong karena kamu kurang mengomunikasikan yang malah akan mengurangi penampilan kamu. Duh, bisa-bisa jadi gagal gebet si dia tuh! Oh ya, tak hanya tentang potongan rambut, kamu dapat berkonsultasi perihal produk perawatan rambut seperti pomade yang sesuai dengan karakteristik rambut, atau cara mengatur dan menyisir rambut yang pas.

5. Atur rambut agar terlihat bervolume

pixabay.com/jonas-svidras

Bagi kamu yang memiliki rambut yang tipis, volume rambut harus menjadi perhatian kamu. Rambut tebal dan bervolume tentulah nyaman untuk dipandang. Untuk memberikan kesan rambut tebal, lebih bervolume dan mengembang, kamu dapat mengaplikasikan tatanan rambut slicked back. Tatanan ini adalah model tatanan rambut paling klasik dan umum digunakan oleh pria.

Kamu cukup menyisir rambut ke arah belakang secara berulang-ulang sehingga rambut terlihat bervolume di bagian atas. Kamu juga dapat mengaplikasikan pomade untuk mempertahankannya. Eits, perhatikan juga sisi belahan rambut agar tidak terlihat aneh.

6. Pilih produk penataan dan perawatan rambut yang sesuai dengan karakteristik kamu

Dok. IDN Times

Ini merupakan bagian terpenting. Jangan asal dalam memilih produk penataan dan perawatan rambut. Baiknya, sesuaikan produk penataan rambut dengan karakteristik rambut dan juga karakteristik diri kamu. Ada banyak model penataan rambut yang bisa kamu pilih, di antaranya yang populer adalah spiked-up look, messy look, dan clean-cut look.

Buat kamu yang ingin gaya spiked-up look, AXE Hairstyling Extreme Hold Gel paling cocok nih buat kamu yang ingin tampil ala 90an. Produk dari AXE ini memberikan tampilan rambut yang keras dan tertata serta konsistensi yang lebih tipis.

Kamu bisa juga mencoba varian AXE High Hold Matte Wax yang memberikanmu tampilan messy look. Buat kamu yang mau merencanakan nonton bareng si dia, tampilan messy yang natural, santai namun tetap elegan ala AXE ini bisa bikin si dia makin deket lho.

Nah, yang terakhir, kamu bisa coba tatanan rambut clean-cut look dengan AXE Hairstyling Perfect Control Pomade, promade berjenis water-based yang memberikanmu tampilan clean cut yang rapi. Karena berbahan dasar air, jadi mudah dibersihkan. Pokoknya, gantengmu gak perlu ribet deh.

Nah, buat kamu yang ingin tampilan rambut kece, jangan lupa pakai salah satu dari 3 produk hairstyling dari AXE di atas dan siap-siap buat gebet si dia.

Baca Juga: Terungkap! Ini Rahasia Ganteng ala Jefri Nichol Tanpa Bikin Bokek

Verified Writer

Dede Surya Pradipta

Pop news geek in superhero movie, comics, and series

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya