Comscore Tracker

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!

Jangan biarkan ketombe mengganggu aktivitas

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dialami banyak orang termasuk pria. Masalah ini selalu ditandai dengan rasa gatal yang mengganggu dan membuat kita merasa kurang nyaman.

Buat kamu yang memiliki masalah ini, penting untuk mengatasinya dengan segera. Meskipun ketombe sebenarnya adalah masalah umum, tapi tidak sesederhana kelihatannya. Lantas, apa saja hal penyebab ketombe di rambut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Salah pilih sampo

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!ilustrasi pria keramas (pexels.com/Scandinavian Biolabs)

Penyebab ketombe umumnya adalah salah memilih sampo. Kebanyakan pria biasanya lebih cuek dalam memilih sampo, sehingga gak memperhatikan formula yang cocok untuk rambut. Penggunaan produk sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut akan mengakibatkan penumpukan dan pengelupasan sel-sel kulit mati akibat minyak berlebih.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan formula yang cocok untuk rambutmu sebelum menggunakannya. Kandungan sampo yang tepat akan menjaga kesehatan rambutmu sehingga tidak berketombe.

2. Membilas kurang bersih saat keramas

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!ilustrasi pria keramas (netluxury.com)

Hal selanjutnya yang menyebabkan ketombe di rambut adalah keramas dengan tidak bersih. Ini tentu dapat menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dan bercampur dengan kotoran sehingga membuat serpihan yang menjadikan kulit kepala terasa gatal.

Apalagi kalau kamu menggunakan hairstyling product setiap hari. Penumpukan produk bisa menyebabkan kulit sulit bernapas, Bro! Maka dari itu kamu wajib keramas dengan benar, sambil sesekali memijat kulit kepala dan menyisir rambut saat keramas agar lebih bersih.

3. Gak cocok dengan produk hairstyling

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!Ilustrasi pria menata rambut (unsplash/mostafa meraji)

Selain kulit wajah, rambut juga bisa sensitif dengan produk hairstyling tertentu. Beberapa produk hairstyling memiliki kandungan yang dapat menyebabkan gatal dan rambut ketombe, apalagi bagi kamu yang memiliki kulit kepala yang sensitif.

Kalau kamu salah memilih produk rambut yang gak cocok dengan kulit kepala dapat menimbulkan rasa gatal dan ketombe. Karenanya, kamu harus cermat dalam memilih produk hairstyling supaya hasilnya tidak merugikanmu.

Baca Juga: 5 Perawatan Rambut Anti Ketombe Selain Sampo untuk Pria, Catat Bro!

4. Pola makan juga memengaruhi

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!Ilustrasi pria makan (unsplash.com/Louis Hansel)

Porsi dan asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh juga perlu kamu perhatikan. Selain menyebabkan penumpukan lemak berlebih, pola makan yang buruk juga bisa mendatangkan ketombe. Makanan berminyak dan berlemak dapat membawa pengaruh buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepalamu.

Akibatnya, kamu berisiko mengalami masalah rambut, termasuk ketombe. Untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat dan terawat, kamu harus memenuhi kebutuhan vitamin B, vitamin D, dan zinc. Kamu juga bisa mendapatkan ini dari sayuran, daging, dan kacang-kacangan.

5. Terkena sinar matahari berlebih

5 Penyebab Ketombe pada Rambut Pria, Wajib Tahu!Ilustrasi orang berjemur (pexels/Andrea Piacquadio)

Terkena paparan sinar matahari secara langsung dan berlebihan akan menyebabkan kulit kepala kering dan rambut menjadi rusak. Hal ini tentu dapat menyebabkan ketombe yang banyak di kulit kepala.

Matahari di siang hari memiliki suhu yang cukup tinggi dan akan membuat kelembapan rambut dan kulit kepala cepat hilang. Ketika sedang melakukan aktivitas di luar, ada baiknya kamu memakai topi agar sinar matahari tak langsung mengenai rambut dan kulit kepala.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sampo Mentol Pria untuk Mengatasi Ketombe, Wajib Coba! 

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya