Comscore Tracker

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!

Gimana mau keren kalau gak tahu bedanya?

Tidak seorang pun ingin memiliki bad hair day termasuk pria. Maka dari itu, produk penata rambut dinilai sangat penting oleh semua pria untuk tetap menjaga kerapihan rambut saat bekerja maupun ngedate dengan pasangan. Saat ini sudah banyak produk styling rambut yang beredar dipasaran seperti pomade, wax dan hair gel. 

Namun, meski punya fungsi yang sama, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui perbedaan wax, pomade, serta gel rambut. Sekilas, ketiganya memang terlihat serupa, ternyata masing-masing produk styling ini punya daya tahan, tekstur, dan bahan baku yang berbeda. Nah, biar kamu gak salah saat memakainya, simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

1. Tekstur

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!bumiads.com

Perbedaan pomade, wax dan gel bisa terlihat dari teksturnya. Sebelumnya, perlu kamu tahu kalau jenis pomade terbagi menjadi dua yaitu oil based dan water based. Tekstur pada pomade cenderung lebih ringan dan creamy dibanding wax yang lebih lengket.

Wax merupakan  minyak rambut bertekstur padat yang terbuat dari lilin, sehingga lebih terasa keras dan kaku. Kadang, kamu harus memanaskannya dengan hairdryer terlebih dahulu sebelum digunakan. Sedangkan gel rambut punya tekstur yang kental dan basah. Biasanya gel rambut terbuat dari bahan dasar air dan polymers.

2. Daya tahan

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!Perbedaan clay dan pomade bedasarkan daya tahan (canva.com)

Karena teksturnya yang lebih ringan, daya tahan pomade juga tidak akan sekuat minyak rambut wax. Meski begitu, formulanya cukup awet menjaga bentuk tatanan rambut yang tergolong simpel. Kalau kamu punya rambut yang sulit ditata, wax adalah pilihan terbaik! Karena teksturnya yang kental dan padat, ketahanan wax rambut pun luar biasa.

Nah, kalau gel memiliki daya tahan yang bervariasi tergantung jenis gel yang kamu gunakan. Biasanya, setiap gel punya bahan dan spesifikasi berbeda untuk setiap gaya rambut. Ingin membuat rambut kaku atau tampak mengilap? Semua bebas terserah keinginan kamu. Mau yang lebih soft dan terkesan lebih ringan? Bisa!

3. Cara pemakaiannya

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!Ilustrasi merawat rambut pengguna pomade (pexels.com/Ron Lach)

Pada dasarnya, pemakaian pomade, wax dan gel tidaklah jauh berbeda. Cukup oleskan di telapak tangan lalu usapkan secara merata ke seluruh rambut. Namun, kalau kamu mau pakai pomade, gunakan saat rambut kamu kering.

Namun sebaliknya, kalau kamu mau pakai wax justru harus dalam kondisi basah. Soalnya, kondisi rambut basah bisa meningkatkan kondisi tatanan rambut bertahan lebih lama.

Bagi kamu yang ingin tatanan rambut kaku, rapi, klimis, dan mengilap, pemakaian gel adalah jawabannya. Gunakan saat rambut kamu benar-benar kering ya, Bro!

Baca Juga: 6 Perbedaan Clay dan Pomade yang Utama, Jangan Asal Pakai!

4. Hasil akhir

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!Ilustrasi pria memakai pomade di rambutnya (unsplash.com/Austin Distel)

Bagi kamu yang ingin memiliki hasil akhir yang natural, pomade adalah jawabannya. Salah satu alasan pomade begitu digemari adalah hasilnya yang terlihat alami. Kalau kamu punya jenis rambut yang cendering kering dan kusam, pomade bisa sangat membantu.

Nyaris sama seperi pomade, wax bikin rambut kamu mudah diatur dan hasilnya natural. Sayangnya, wax menghasilkan matte finish sehingga kilau efek wax gak bertahan lama. Penggunaan wax cocok buat kamu yang punya rambut sedikit panjang.

Sedangkan gel efeknya membuat rambut kaku pada gaya tertentu, misalnya mohawk. Rambut kamu lebih sulit disisir atau diatur ulang kalau acak-acakan. Tapi untuk efek berkilau dan basah mirip pomade sebab ada unsur air dalam bahannya.

5. Cara membersihkannya

5 Perbedaan Pomade, Wax, dan Gel untuk Rambut yang Pria Wajib Tahu!ilustrasi pria keramas (pexels.com/Scandinavian Biolabs)

Bagi kamu yang pakai pomade berbasis minyak, harus tepat nih cara mencucinya. Sedangkan kalau pakai wax, kamu harus rajin keramas setelah pemakaian wax, supaya gak jadi biang ketombe di kulit kepala. Nah, kalau gel, lebih mudah dicuci karena bahan dasarnya berbasis air.

Jangan lupa keramas secara teratur agar nutrisi rambut kamu terpenuhi sehingga tetap sehat meskipun styling setiap hari. Itulah perbedaan pomade, wax, dan gel yang harus kamu ketahui. Semoga membantu!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pomade Sesuai Jenis Rambut, Jangan Sampai Salah!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya