Comscore Tracker

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!

Kuncinya adalah menjaga kebersihan. Gak akan sulit kok!

Baik pria maupun wanita, memiliki wajah yang bersih dan mulus merupakan sebuah impian. Seseorang yang memiliki wajah yang bersih dan mulus, tanpa mengalami sedikitpun masalah pada wajahnya, ternyata dapat menambah aura positif dan kepercayaan diri lho. Namun, apabila wajah mengalami masalah, seperti berjerawat, muka kusam atau berminyak, hal ini justru menyebabkan seseorang tidak pede ketika bertemu dengan orang lain.

Wajah yang berjerawat merupakan persoalan umum yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Entah itu karena faktor genetik, perubahan hormon, pubertas, kehamilan, atau penggunaan kosmetik dan obat-obatan. Salah satu cara untuk mengatasi jerawat adalah menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat. Kebiasaan pola hidup yang buruk, ternyata dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit, terutama munculnya jerawat pada wajah.

Nah, berikut ada 7 tips agar wajah mulus dan terhindar dari jerawat. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Serum Penghilang Bekas Jerawat Pria, Bikin Kulit Mulus!

1. Jagalah kulitmu tetap terhidrasi, dengan minum air putih minimal delapan gelas perhari

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi seorang wanita sedang minum air putih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mengonsumsi air putih secara rutin dapat menurunkan risiko munculnya jerawat lho. Air putih yang diminum mampu melembapkan dan menjaga kesehatan kulit, mendetoksifikasi kulit secara alami dari zat berbahaya yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui kelenjar kulit.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, kelenjar sekresi pada kulit akan memproduksi minyak secara berlebihan. Minyak yang diproduksi akan menumpuk di permukaan dan menutupi pori-pori kulit. Jika pori-pori kulit tersumbat, terjadilah peradangan yang dibantu oleh bakteri. Hal inilah yang memunculkan jerawat pada wajah.

2. Hindari stres dengan melakukan aktivitas seperti olahraga dan meditasi

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi seseorang sedang berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Stres atau depresi ternyata dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat lho. Seseorang yang mengalami depresi berat, sangat rentan sekali timbulnya masalah terhadap kulit wajah. Hal ini disebabkan karena saat depresi, hormon kortisol dapat meningkatkan produksi minyak di kulit wajah. Minyak yang berlebihan akan menumpuk. Jika wajah jarang dibersihkan, maka debu-debu bercampur minyak akan menempel dan menutupi pori-pori kulit. Hal ini dapat memunculkan jerawat.

Selain itu, seseorang yang mengalami stres berat bisa berdampak pada pola hidup, seperti lupa merawat dan membersihkan wajah. Saran yang tepat agar terhindar dari jerawat ketika kamu sedang mengalami stres adalah sebisa mungkin mengontrol emosi yang berunjung pada depresi, istirahat yang cukup, berolahraga, rutin meditasi, melakukan yoga dan aktivitas lainnya yang dapat menghilangkan stres.

Baca Juga: 5 Produk Exfoliator Pria untuk Wajah Bebas Jerawat dan Flawless

3. Jagalah kebersihan dengan cara mencuci wajah dengan benar

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi sedang membersihkan wajah (pexels.com/Alena Darmel)

Nah, hal yang terpenting agar terhindar dari masalah jerawat adalah rajin membersihkan wajah. Wajah kotor yang dipenuhi oleh minyak, debu dan bakteri sangat mudah bagi jerawat untuk tumbuh. Membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar ruangan yang berasap dan berdebu adalah cara tepat untuk menjaga wajah dari timbulnya masalah jerawat.

Namun, ada beberapa hal penting yang harus diketahui ketika ingin mencuci wajah, agar tidak mengalami persoalan lain. Ternyata, kita tidak boleh sering membersihkan wajah lebih dari dua kali dalam satu hari menggunakan sabun wajah lho. Kulit wajah ternyata juga membutuhkan sedikit sebum atau minyak untuk menjaga agar kulit tidak kering. Selain itu, jika sering mencuci wajah maka bakteri baik yang terdapat di wajah juga akan mati. Maka dari itu, tidak disarankan mencuci wajah menggunakan face wash lebih dari dua kali dalam sehari ya!

4. Perhatikan produk-produk kosmetik yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat 

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi menggunakan make up secara berlebihan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Bagi kaum hawa, kosmetik menjadi salah satu barang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Fungsi dari kosmetik itu sendiri adalah sebagai zat perawatan untuk meningkatkan penampilan seseorang. Kosmetik yang digunakan haruslah ramah terhadap kulit. Jika tidak, maka akan menimbulkan jerawat dan memperparah jerawat yang sudah ada.

Nah, buat kamu yang selalu menggunakan produk dan peralatan kosmetik, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut agar tidak menyebabkan jerawat, seperti memilih jenis foundation atau concealer yang tidak menimbulkan iritasi, membersihkan sisa make up sebelum tidur, memperhatikan produk kecantikan lain yang bersentuhan dengan kulit wajah, seperti sampo, minyak rambut maupun air conditioner.

5. Kenali jenis-jenis kulitmu agar dapat mengetahui produk kecantikan apa yang cocok digunakan

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi mengenali jenis kulit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Mengetahui jenis kulit yang kita miliki sangatlah penting, karena dapat mengetahui produk apa yang cocok dengan kulit wajah. Secara umum, manusia memiliki empat jenis kulit, yaitu kulit wajah yang berminyak, kulit kering, kombinasi antara kulit kering dan berminyak, serta kulit sensitif.

Apabila kamu sudah mengetahui jenis kulit wajahmu, kamu seharusnya tidak perlu khawatir lagi, karena produk dan peralatan kecantikan yang kamu gunakan sudah sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki.

6. Jangan pernah menyentuh wajah dengan tangan yang kurang bersih

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi menyentuh wajah (pixabay.com/Kjerstin_Michaela)

Sebisa mungkin menghindari menyentuh wajah dengan tangan, karena kita tidak tahu seberapa banyak kuman dan bakteri yang terdapat di tangan yang kurang bersih. Menyentuh wajah dengan tangan yang kurang bersih, dapat memindahkan kuman dan bakteri ke kulit wajah. Hal ini akan menyebabkan peradangan dan dapat memunculkan jerawat.

Untuk itu, jika kamu ingin menyentuh wajah, sebaiknya pastikan tangan kamu benar-benar bersih ya!

7. Hindari kulit wajahmu dari paparan sinar matahari

7 Tips Agar Wajah Mulus Tanpa Jerawat, Mudah Kok!ilustrasi terpapar sinar matahari (pixabay.com/JillWellington)

Terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, ternyata dapat menyebabkan timbulnya masalah jerawat lho. Kulit wajah yang sering terpapar sinar matahari akan mengalami dehidrasi kulit, sehingga dapat mengaktifkan kelenjar pada kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Hal ini akan menutupi pori-pori kulit wajah dan berisiko memunculkan jerawat.

Sebaiknya, selalu gunakan tabir surya non oil ketika berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari, agar kulit tidak mengalami dehidrasi.

Mudah dan gampang sekali bukan? Yuk, mulai jaga kebersihan kulit wajah mulai sekarang agar tetap bersih dan menawan.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Kulit Wajah Pria Cerah dan Bebas Jerawat, Cek!

Fauzan Fadhilah Photo Verified Writer Fauzan Fadhilah

"Tak harus menjadi seperti orang lain, karena kita memiliki ranahnya masing-masing."

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya