Comscore Tracker

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi Berjerawat

Jangan disepelekan ya, Bro! #IDNTimesMen

Mencuci muka adalah tahapan yang penting dalam menjaga kulit wajah. Selain penting, mencuci muka juga merupakan tahapan yang terbilang mudah, kamu tinggal membasahi wajah, mencuci muka menggunakan sabun kemudian membilasnya. Sederhana dan gak membutuhkan waktu yang banyak.

Tetapi, pernah gak sih walaupun kamu sudah sering mencuci muka, namun wajah kamu malah tetap berminyak atau malah jadi jerawatan ? Sepertinya, hal itu terjadi kemungkinan besar karena kamu belum benar-benar tepat dalam membersihkan mukamu, terutama mencucinya.

Beberapa hal atau kesalahan ini mungkin sepele, tetapi biasanya suka dilakukan pria saat mencuci muka sehingga justru menyebabkan kulit wajah kamu berjerawat walaupun sudah dicuci. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini! 

1. Menggunakan sabun muka yang tidak sesuai dengan jenis kulit

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi BerjerawatIlustrasi pria cuci muka (unsplash.com/@lumin)

Masih sedikit orang yang memerhatikan hal ini, padahal sabun cuci muka sangat memengaruhi kulit wajah kamu. Sabun cuci muka yang berbahan gel atau foaming cleanser lebih cocok digunakan bagi yang memiliki kulit berjerawat dan sensitif. Sedangkan yang memiliki kulit kering sebaiknya tidak memakai sabun yang memiliki banyak busa, bisa diganti dengan yang mengandung krim atau susu.

Cari tahu jenis kulitmu dan sesuaikan dengan sabun cuci mukanya agar hasilnya maksimal dan tidak merusak kulitmu. Jangan lupa selalu diperhatikan, jangan sembarangan!

2. Tidak mencuci tangan terlebih dahulu

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi BerjerawatIlustrasi cuci tangan (mencuci tangan (pexels.com/Burst)

Ini kesalahan yang sering dilakukan dan dianggap sepele. Mungkin sebagian dari kita beranggapan bahwa percuma mencuci tangan dulu,  karena nanti juga bakal kena sabun muka.

Padahal, kita semua tahu, bahwa tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda di sekitar kita. Sehingga, jika kita tidak mencuci tangan itu sama saja dengan memindahkan bakteri dari tangan ke wajah kita.

3. Terburu-buru dalam mencuci dan membilas wajah

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi BerjerawatIlustrasi pria cuci muka (unsplash.com/Tadeusz Lakota)

Minimal kita mencuci wajah selama satu menit agar bisa membersihkan kotoran secara maksimal sampai ke pori-pori. Bisa juga waktunya ditambah agar kamu bisa memijat wajahmu. Pijatan yang lembut bisa membuat aliran darah mengalir dengan lancar.

Jangan lupa juga untuk membersihkan area telinga dan leher. Sedangkan saat membilas, pastikan sabunnya sudah hilang dan sampai wajah tidak terasa licin.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sabun Cuci Muka Pria yang Bikin Wajah Makin Kinclong

4. Mengeringkan wajah dengan handuk yang kasar

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi BerjerawatIlustrasi handuk (pexels.com/Karolina Grabowska)

Handuk kasar bisa membuat permukaan kulit rusak. Jika ingin mengeringkan wajah carilah kain atau handuk yang permukaannya halus atau lembut. Saat mengeringkannya cukup menekan handuknya secara perlahan sampai kering.

Jangan menggunakan handuk mandi juga untuk mengeringkan wajah. Kamu gak mau kan bakteri yang menempel di badan dan handukmu berpindah ke wajahmu?

5. Terlalu sering mencuci muka

5 Kesalahan Mencuci Muka yang Justru Bikin Wajah Jadi BerjerawatIlustrasi pria cuci muka (wild-willies.com)

Mencuci muka itu cukup sehari dua kali saja. Pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Ini karena jika kita sering mencuci muka, kulit kita akan kering sehingga kulit wajah akan mengeluarkan sebum lebih banyak. Akibatnya, bukannya jadi halus wajah kita malah semakin berminyak.

Itu tadi beberapa kesalahan yang biasanya terjadi saat mencuci muka yang harus kamu hindarkan agar kulit wajah tidak rusak, kotor dan berjerawat. Semoga tips di atas bermanfaat untuk proses perawatan wajah kamu ya, Bro. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Facial Wash Lokal untuk Pria dengan Kulit Sensitif

Hanifa Zahra Photo Writer Hanifa Zahra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya