Comscore Tracker

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! 

Wajib pakai skincare sesuai urutan, Bro! 

Di kalangan masyarakat, banyak muncul stigma bahwa skincare hanya untuk wanita saja. Padahal, baik pria maupun wanita memiliki hak yang sama untuk merawat dirinya. Skincare tidak hanya untuk penampilan saja, namun juga penting untuk kesehatan kulit agar tetap ternutrisi dan terlihat cerah.

Belakangan ini mulai banyak pria yang tergerak untuk melakukan perawatan wajah. Namun, mereka seringkali tidak mengerti bagaimana urutan pemakaian setiap produknya sehingga hasilnya tidak maksimal. Penasaran bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar? Simak artikel ini sampai habis ya!

Baca Juga: Anti Ribet, Berikut 5 Urutan Basic Skincare Khusus Remaja!

1. Membersihkan wajah dengan facial wash 

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! ilustrasi tangan penuh sabun muka (unsplash.com/curology)

Tahap ini merupakan salah satu tahap terpenting dalam rangkaian pemakaian skincare. Kamu dapat melakukannya sebanyak dua kali sehari, yaitu di pagi hari (sebelum beraktivitas) dan di malam hari (setelah beraktivitas). Langkah ini berguna untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan lain sebagainya. 

Pastikan menggunakan produk facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu atau bisa memilih produk yang dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Cukup tuangkan face wash ke tangan dengan takaran sebesar koin, lalu langsung aplikasikan ke wajah. Oles merata dan pijat dengan gerakan memutar agar bahan yang terkandung dalam face wash dapat bekerja maksimal pada kulit. Kemudian, bilas dengan menggunakan air.

2. Gunakan toner setelah menggunakan facial wash 

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! ilustrasi menuang toner ke tangan (unsplash.com/christinhumephoto)

Langkah selanjutnya yaitu menggunakan toner untuk mempersiapkan wajah agar dapat lebih menyerap berbagai nutrisi yang terkandung pada produk-produk skincare selanjutnya. Toner merupakan skincare yang paling cair di antara yang lain. Cara pemakaiannya sangat mudah. Cukup tuangkan toner ke kapas, lalu usap rata ke wajah.

Toner memiliki banyak manfaat, di antaranya menyeimbangkan pH wajah, mengencangkan pori-pori wajah, mengatasi jerawat, dan melembapkan kulit wajah. Bisa pilih toner yang mengandung AHA dan BHA konsentrasi rendah dan bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati, pori-pori tidak tersumbat, melembutkan tekstur kulit, dan meratakan warna kulit.

Baca Juga: 9 Promo Skincare dan Produk Grooming Pria September 2022, Serbu!

3. Pakai serum sesuai kebutuhan kulit wajahmu 

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! ilustrasi pria menggunakan serum (pexels.com/Cup of Couple)

Memakai serum merupakan salah satu langkah perawatan wajah yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, serum merupakan produk perawatan wajah yang memiliki kandungan bahan aktif tertinggi. Hal ini dikarenakan serum fokus pada penyelesaian masalah kulit yang sedang kamu hadapi. 

Kamu bisa menggunakan hanya satu jenis serum atau melakukan layering hingga beberapa jenis serum sesuai kebutuhan. Misal, untuk mencerahkan wajah, kamu perlu serum yang mengandung niacinamide

4. Aplikasikan moisturizer untuk melembapkan wajah 

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! ilustrasi pria menggunakan moisturizer (unsplash.com/No Revisions)

Moisturizer berguna untuk melembapkan wajah. Hal ini sangat diperlukan karena kulit yang terhidrasi dengan baik dapat terhindar dari berbagai masalah kulit. Moisturizer dapat digunakan sebanyak dua kali, yaitu di pagi dan malam hari.

Terdapat banyak jenis tekstur moisturizer, mulai dari gel hingga cream. Jangan lupa pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain untuk melembapkan kulit wajah, moisturizer juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah dengan adanya kandungan niacinamide di dalamnya. Cara pemakaiannya yaitu cukup ambil sedikit di ujung tangan, lalu oleskan ke seluruh wajah hingga merata.

5. Terakhir, gunakan sunscreen secara rutin 

5 Urutan Pakai Skincare Lengkap untuk Pria, Dijamin Mudah! ilustrasi pria menggunakan sunscreen (pexels.com/Ron Lach)

Kamu masih mengira kalau sunscreen hanya perlu dipakai saat berjemur di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama? Ternyata pendapat tersebut salah, Bro! Sunscreen perlu digunakan setiap kamu akan beraktivitas.

Dampak pemakaian sunscreen memang tidak langsung terlihat, namun dalam jangka panjang, banyak manfaat yang diperoleh dengan pemakaian sunscreen secara rutin ini. Beberapa manfaat sunscreen seperti melindungi kulit dari bahaya sinar UV, mencegah kanker kulit, dan mencegah penuaan dini. Cara penggunaannya yaitu tuangkan sunscreen sebanyak dua ruas jari. Lalu oleskan sedikit demi sedikit ke wajah secara merata.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana urutan pemakaian skincare yang benar, kan, Bro? Jika 5 tahap masih terkesan berat untuk dilakukan, coba mulai dengan rutin menggunakan face wash, moisturizer, dan sunscreen setiap hari. Apabila sudah terbiasa, baru gunakan tahapan skincare yang lebih lengkap. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Moisturizer untuk Pria, Mudah Dicari!

Nana D Photo Writer Nana D

Writes about skincare, lifestyle, and also badminton!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya