Comscore Tracker

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!

Bau pada ketiak tak muncul lagi

Berkeringat, khususnya pada area ketiak tentu menjadi hal yang tidak dapat kamu hindari. Namun, bau ketiak yang timbul tentu saja bisa kamu antisipasi. Banyak cara untuk mengakalinya seperti dengan mengoleskan deodoran.

Namun, sesungguhnya terdapat cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bau ketiak yang bikin tak nyaman ini. Berikut ini ulasan tentang lima cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat secara alami.

1. Menyantap daun kemangi, ketiak tidak bau lagi

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!ilustrasi daun kemangi (instagram.com/bumbu.bude)

Terdapat cara segar untuk menghindari bau ketiak, yakni dengan cara melalap daun kemangi. Daun lalapan ini umumnya dimanfaatkan untuk melengkapi hidangan kuliner seperti pecel ayam, pecel lele, atau bebek goreng.

Daun kemangi mempunyai kandungan yang berupa minyak atsiri yang berguna sebagai anti bakteri. Daun ini dapat menjadi penghambat tumbuhnya bakteri penyebab bau.

2. Mandi air rebusan daun sirih ampuh dalam membasmi bakteri

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!ilustrasi daun sirih (unsplash.com/vetri vikash)

Daun sirih menjadi salah satu bahan alami yang efektif dalam membasmi bau ketiak. Bahan ini mempunyai kandungan anti-bakteri yang dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak.

Kamu dapat menggunakan beberapa lembar daun sirih, kemudian merebusnya dengan air secukupnya. Air rebusan inilah yang dapat kamu basuhkan ke ketiak setelah mandi dan bau ketiak yang menyengat dapat seketika hilang.

3. Ramuan baking soda dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!ilustrasi produk baking soda (instagram.com/armandhammer)

Baking soda atau bisa disebut pula soda kue dikenal ampuh dalam menyerap keringat berlebih pada tubuh. Bahan ini juga dapat mematikan bakteri penyebab bau menyengat pada ketiak.

Selain itu, bahan ini dapat dimanfaatkan sebagai deodoran alami. Kamu bisa menaburkan baking soda secukupnya pada ketiak, dan membiarkannya selama 10 menit kemudian bersihkan. 

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Aktif Lebih Tertarik Pakai Deodoran daripada Parfum

4. Oleskan cuka apel untuk ketiak tanpa bau

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!ilustrasi cuka apel (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan serta bau ketiak yang menyengat. Selain itu, bahan ini juga dapat menyimbangkan pH kulit.

Tak perlu repot-repot, kamu hanya perlu mengoleskannya langsung pada ketiak atau menggunakan media kapas yang telah dicelup ke cuka apel. Kamu bisa melakukan langkah ini sebelum mandi.

5. Mandi dua kali sehari, bakteri pun pergi

5 Tips Hilangkan Bau Ketiak Secara Alami untuk Pria, Mudah Dilakukan!ilustrasi pria yang sedang keramas (unsplash.com/John Fornander)

Mandi menjadi hal utama untuk membebaskanmu dari bau ketiak yang mengganggu. Bakteri penyebab bau pada keringat di ketiak dapat dikurangi dengan kamu mandi secara teratur.

Kamu bisa mandi dua kali sehari, sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Rajin mandi bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan bau ketiak yang menyengat. Selain bau ketiak pergi, badan kamu juga bersih dari bakteri.

Nah, beberapa tips menghilangkan bau ketiak secara alami untuk pria di atas bisa kamu lakukan di rumah. Tanpa efek samping, lho!

Baca Juga: 5 Jenis Deodoran yang Perlu Kamu Tahu, Mana yang Paling Cocok?

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya