Comscore Tracker

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! 

Wajah anti kusam

Setiap pria tentu menginginkan kulit wajah yang bersih dan bersinar. Mereka juga tak ingin wajah mereka terlihat kusam. Namun, tak sedikit pria yang mengalami kulit wajah berminyak yang membuat berkurangnya rasa percaya diri. 

Selain menjadikan wajah kusam, kulit yang berminyak juga menjadikan wajah tampak mengilap. Nah, supaya tetap bersih dan anti minyak berlebih, berikut 5 tips untuk merawat kulit wajah yang berminyak.

1. Mencuci muka dengan benar 

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! ilustrasi pria yang membersihkan wajah (istockphoto.com/maruco)

Mencuci muka bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan minyak pada wajah secara maksimal. Namun, banyak di antara pria yang terlalu sering melakukannya. 

Hal tersebut bukan membuat kulit wajahmu membaik, malahan membuatnya semakin banyak memproduksi minyak. Kamu cukup mencuci wajah dua kali sehari dengan memakai facial wash khusus untuk kulit berminyak.

Sebelum mencuci wajah, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Kemudian usap wajah dengan lembut dan tunggu beberapa menit hingga facial wash benar-benar dapat membasmi kotoran dan bakteri pada wajah. Selanjutnya bilas wajah hingga bersih. 

2. Melakukan exfoliating supaya kulit wajah tetap segar 

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! Ilustrasi pria memakai masker wajah (istockphoto.com/staticnak1983)

Tak hanya mencuci wajah dengan benar, pengelupasan juga diperlukan untuk menjadikan kulit tetap sehat dan segar. Kamu dapat menggunakan exfoliating scrub yang dapat bermanfaat untuk memperbaiki tekstur, menjadikan kulit cerah, dan membasmi komedo dan jerawat.

Kamu dapat melakukannya seminggu sekali. Selain itu, kamu perlu memakai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Disamping itu, kamu sebaiknya memilih exfoliating scrub dengan bahan alami.

3. Memakai oil-free moisturizer

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! Korres Pomegranate Pore Blurring Gel Moisturizer (tokopedia.com/Exborders)

Meskipun wajah kamu berminyak, namun kamu tetap harus memakai produk pelembap. Minyak dan hidrasi bukanlah hal yang sama. Kulit setiap orang memerlukan kelembapan. Banyak faktor yang bisa mengacaukan kadar kelembapan kulit dan menimbulkan kelebihan minyak, seperti panas, angin, dan polusi.

Dengan demikian, pelembap dibutuhkan untuk dapat mempertahankan keseimbangan kulit. Kamu disarankan untuk memilih pelembap dengan tekstur gel supaya lebih cepat meresap. 

Baca Juga: 5 Manfaat Cuci Wajah dengan Scrub untuk Pria, Wajah Bersih Maksimal!

4. Menjadikan wajah cerah dengan clay mask 

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! N'PURE Clay Mask Centella Asiatica Chocomint (shopee.co.id/npureofficialshop)

Pada saat libur bekerja atau sekolah, kamu dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk maskeran. Bagi kamu yang mempunyai kulit berminyak, kamu sebaiknya memakai clay mask

Masker jenis ini mempunyai sifat sebagai drying skin agent. Selain itu, masker ini diklaim ampuh dalam mengangkat kotoran dan bisa secara optimal menyerap minyak berlebih pada wajah. Tak sampai di situ, masker ini bermanfaat untuk mengencangkan kulit, membasmi sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori. 

5. Selalu membawa face paper 

5 Tips Perawatan Kulit untuk Wajah Berminyak, Ampuh Bro! ilustrasi face paper (shopee.co.id/wiwiek16)

Setelah rutin melakukan perawatan di atas, kamu juga tak boleh ketinggalan untuk selalu membawa face paper untuk memastikan kulitmu bersih sempurna. Kamu dapat memakainya untuk mengontrol minyak berlebih. 

Kamu dapat melakukan tap wajahmu dengan lembut di area T-zone dan membiarkan minyak terserap dalam kertas. Kamu akan merasakan wajah bebas kilap terlihat langsung, dan kamu pun makin percaya diri seharian. 

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu lakukan untuk merawat kulit wajah yang berminyak. Tak perlu ribet dalam melakukannya, kan?

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Pria Juga Butuh Skincare untuk Wajah 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya