Comscore Tracker

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah Paham

#IDNTimesMen Pahami mitosnya biar gak salah rawat rambut

Saat ini cowok-cowok mulai banyak memerhatikan rambut mereka. Terbukti dengan banyaknya tempat potong rambut khusus cowok dan beraneka ragam produk-produk khusus rambut cowok. Belum lagi saat ini banyak gaya rambut cowok yang menjadi tren.

Namun di balik usaha para cowok untuk memaksimalkan penampilan rambutnya, tak jarang terdapat mitos-mitos yang membingungkan para cowok. Mitos-mitos ini santer terdengar hingga tak jarang dipercayai mentah-mentah. Nah, biar kamu gak lagi terjebak mitos tentang rambut cowok, yuk simak apa saja mitos-mitos rambut cowok di bawah ini, Bro!

1. Sering cukur rambut bisa bikin rambut lebih tebal

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah PahamIlustrasi potong rambut (pixabay/shameersrk)

Kamu pasti sering mendengar jika ingin mendapatkan rambut yang tebal maka kamu harus sering-sering memotong rambut. Namun sayang sekali, hal tersebut ternyata hanya mitos belaka. Sering memotong rambut ternyata gak menambah cepat pertumbuhan rambut kamu nih, Bro.

Hal yang memengaruhi cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut cowok bisa berasal dari genetika bawaan orangtua kamu. Jika memang secara genetika kamu tidak cepat tumbuh rambut, maka secara alami kamu tidak bisa mempercepat pertumbuhannya hanya dengan sering memotong rambut.

Selain dari faktor genetika, pertumbuhan rambut juga bisa dipengaruhi oleh asupan sehari-hari kamu. Demi mendapatkan rambut yang lebih tebal, kamu bisa memperkaya asupan protein di tubuh kamu. Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di rambut kamu yang mengandung protein untuk membantu proses pertumbuhan rambut. Selain itu jaga diri dari stres, dan menerapkan gaya hidup sehat juga bisa membantu pertumbuhan rambut daripada hanya sering potong rambut, lho.

2. Mencabut uban justru bisa bikin tumbuh semakin banyak

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah PahamIlustrasi mencabut uban (pixabay/LisaRedfern)

Masalah uban juga jadi momok bagi para cowok yang memerhatikan tiap helai rambutnya. Saat ini tak hanya cowok yang berusia lanjut saja, banyak cowok yang masih muda juga sering terlihat memiliki uban walau hanya sedikit.

Ada yang bilang jika mencabut uban justru akan membuatnya semakin banyak. Tentu saja hal ini tidak benar. Rambut berubah warna menjadi putih akibat sel-sel di folikel rambut berhenti memproduksi pigmen yang mewarnai rambut jadi hitam.

Nah, sel-sel di folikel satu rambut dengan rambut lain tidak saling berhubungan, jadi setiap rambut memiliki sel-sel dan folikelnya sendiri, sehingga mencabut satu uban gak akan memicu rambut lainnya yang masih hitam menjadi beruban juga, Bro. Jadi jangan khawatir jika ingin mencabut uban lagi, ya.

3. Sering keramas pakai sampo membuat rambut semakin sehat

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah PahamIlustrasi keramas menggunakan sampo (unsplash/Luis Quintero)

Keramas menggunakan sampo memang hal yang sering dilakukan banyak orang untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Namun bukan berarti terlalu sering keramas dengan sampo akan membuat rambut kamu lebih sehat lho, Bro.

Kulit kepala memiliki minyak alami yang dapat menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Jika kamu sering mencuci rambut dengan sampo, maka minyak alami ini akan cepat hilang dan justru membuat rambut kamu kering.

Jadi sebaiknya sesuaikan intensitas keramas menggunakan sampo dengan kondisi kebersihan kulit kepala kamu ya, Bro. Dalam keadaan normal, kamu sudah cukup dengan keramas paling sering dua kali dalam seminggu. Sebagai gantinya kamu cukup membasuh kulit kepala dengan air tanpa sampo agar rambut tetap bersih namun tak banyak menghilangkan minyak alami di kulit kepala.

Baca Juga: Kuatkan Rambut, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mengatasi Rambut Rontok

4. Cowok gak butuh kondisioner

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah PahamIlustrasi kondisioner untuk cowok (unsplash/Mathilde Langevin)

Kondisioner memiliki kemampuan membuat rambut lebih halus dan berkilau. Sehingga tak hanya cewek, kamu para cowok pun gak ada salahnya memakai kondisioner kok, Bro. Kondisioner bisa dipakai untuk mengembalikan rambut yang kering akibat kamu terlalu sering keramas menggunakan sampo.

Bahkan kamu juga bisa menggunakan kondisioner tanpa sebelumnya keramas menggunakan sampo. Kondisioner akan membuat rambut kamu berkilau bersama-sama dengan minyak alami rambut yang tidak hilang karena sebelumnya kamu tidak menggunakan sampo terlebih dahulu.

5. Rambut dapat diubah arah tumbuh dan bentuknya dengan sering disisir

Pahami 5 Mitos Rambut Cowok yang Sering Bikin Salah PahamIlustrasi menyisir rambut (unsplash/mostafa meraji)

Rambut ternyata memiliki arah tumbuh yang berbeda-beda, sehingga ada berbagai cara menyisir rambut sesuai belahan rambutnya. Seperti belah samping, belah tengah atau sisir ke belakang. Rambut cowok juga memiliki tekstur dan bentuknya masing-masing seperti rambut lurus, bergelombang, hingga keriting.

Mitos yang beredar adalah kamu bisa mengubah secara permanen arah tumbuh rambut dengan sering menyisirnya ke arah yang kamu mau. Misalnya arah tumbuh rambut kamu ke samping kiri, lalu kamu sering menyisirnya ke kanan agar arah tumbuh rambutnya berubah ke kanan.

Namun sayang sekali, cara ini tidak akan membuat arah rambut kamu berubah secara permanen. Begitu juga jika rambut kamu keriting, berusaha disisir sekuat apa pun akan sulit mengubahnya menjadi lurus secara permanen.

Cara paling bijaknya adalah dengan memaksimalkan arah dan jenis rambut kamu ke beragam gaya rambut yang paling cocok dengan kondisi rambut yang kamu miliki, Bro. 

Nah, sekarang kamu bisa lebih maksimal merawat rambut jika sudah mengetahui mitos-mitos rambut cowok bukan, Bro?

Baca Juga: 6 Perawatan Kepala Botak Pria yang Wajib Dicoba, Biar Tetap Sehat Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya