Comscore Tracker

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 

Cara mudah tanpa keluar rumah 

Potong rambut yang sudah menjadi rutinitas bulanan bahkan mingguan bagi pria kini harus tertunda karena adanya pandemik COVID-19. Sudah gerah karena rambut semakin gondrong, tak ada pilihan lain selain mencoba memotongnya sendiri.

Sebelum memotong rambut sendiri, ada baiknya kamu tahu bagaimana caranya agar hasilnya tidak jelek ya, bro. Di bawah ini ada langkah bagaimana potong rambut sendiri di rumah selama pandemik COVID-19.

1. Persiapkan alat yang dibutuhkan 

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 Pixabay/Pexels

Memotong rambut sendiri di rumah tidak terlalu banyak membutuhkan alat. Minimal alat yang kamu butuhkan hanyalah clipper, gunting, sisir, pisau cukur, dua buah cermin yang terdiri dari kaca besar, dan kaca kecil untuk melihat bagian belakang rambut.

Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menambahkan handuk atau kain untuk menahan rambut agar tak mengotori badan dan alat penyemprot air untuk membantu membasahi rambut kamu di tengah-tengah proses pemotongan rambut jika diperlukan.

Jika kamu tidak memiliki clipper khusus rambut, kamu juga bisa menggunakan clipper untuk jenggot, asalkan clipper-nya memiliki sisir clipper yang bisa diatur panjang pendek ukuran pemotongnya.

2. Awali dengan memotong bagian samping dan belakang rambut menggunakan clipper 

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 Instagram.com/losvegasny

Jika rambut kamu cenderung pendek, bagian rambut pertama yang bisa kamu potong adalah bagian samping dan belakang rambut menggunakan clipper. Gunakan clipper rambut dengan ukuran sisir yang paling panjang dan turunkan berangsur-angsur sampai ukuran yang kamu cari ketemu.

Jangan langsung memotong rambut tanpa sisir ukuran atau langsung menggunakan ukuran pendek, karena jika hasilnya jelek maka sudah tidak bisa dirapikan lagi jika rambut kamu terlanjur dipotong terlalu pendek. Jika ragu, kamu bisa meminta pertolongan orang yang ada di rumah untuk membantu.

Baca Juga: Bro, Ini 5 Akun Instagram Inspirasi Style Pria yang Wajib Kamu Follow

3. Ikuti bentuk kepala dan lakukan teknik memotong menggunakan clipper yang benar 

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 Pexels/mostafa meraji

Kepala kita memiliki alur tersendiri yang bisa memudahkan memotong rambut menggunakan clipper. Mulailah memotong menggunakan clipper dalam kondisi rambut kering dari samping terlebih dahulu dengan posisi dari bawah menuju ke atas.

Hal yang perlu kamu perhatikan saat memotong menggunakan clipper adalah dorong clipper dari bawah ke atas lalu tarik keluar mengikuti alur kepala, gerakannya persis seperti sedang mencungkil agar rambut terbuang keluar. Jangan sampai kebablasan sampai atas kepala karena nanti bagian atas akan dipotong menggunakan gunting.

Lakukan hal ini beberapa kali menggunakan ukuran sisir clipper dari yang paling panjang hingga ukuran yang ingin kamu dapatkan.

Lalu lanjutkan ke bagian belakang kepala. Cara yang dilakukan sama, namun kamu juga perlu sambil memegang kaca kecil di belakang kepala untuk memantau bagian belakang rambut kamu memanfaatkan pantulan kacanya.

4. Potong rambut bagian atas dengan gunting 

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 Pexels/Dmitry Zvolskiy

Jika bagian samping dan belakang sudah dipotong menggunakan clipper, untuk rambut bagian atas kamu bisa potong menggunakan gunting. Sebelum mulai memotong, basahi sedikit rambut agar lebih mudah diatur.

Pertama-tama bagi rambut bagian atas menjadi tiga bagian, yaitu depan, tengah dan belakang menggunakan sisir. Lalu mulai potong tiap bagian yang sudah dibagi, misalnya mulai dari bagian belakang dulu lanjut ke tengah dan ke depan.

Untuk memotong menggunakan gunting, mulai dari ujung rambut dulu dengan dibantu jari seperti pada gambar. Potong sedikit demi sedikit dengan merata. Lebih baik kamu memotong dengan sabar daripada rambut terpotong terlalu pendek.

5. Rapikan tepi rambut dengan pisau pencukur 

Bro, Begini Panduan Memotong Rambut Sendiri Saat Karantina COVID-19 Instagram.com/juicemrtz

Jika sudah rapi baik bagian samping, belakang, dan atas, kini saatnya kamu merapikan tepian rambut. Gunakan pisau pencukur untuk mengikir tepian samping dan belakang rambut.

Selain pakai pisau pencukur, kamu juga bias menggunakan clipper tanpa sisir ukuran agar bisa menipiskan tepian rambut. Kini kamu sudah berhasil memotong rambut sendiri di rumah.

Selanjutnya kamu bisa keramas agar sisa-sisa potongan rambut bersih dari kulit kepala kamu.

Meski tak sesempurna saat potong dengan barberman profesional, namun setidaknya kamu tetap bisa berada di rumah demi mencegah penyebaran COVID-19 namun rambut kamu lebih rapi, bro!

Baca Juga: Di Bawah Rp50 Ribu, 9 Sabun Muka ini Bikin Jerawatmu Kabur Bro!

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya