Comscore Tracker

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria 

#IDNTimesMen Rambut rontok kadang bikin kurang percaya diri

Rambut rontok terkadang membuat banyak cowok kurang percaya diri. Rambut yang rontok dan menipis bisa mengganggu penampilan. Selain itu, juga membuat pemilihan gaya rambut pada pria jadi terbatas.

Meski biasanya terjadi pada pria yang telah lanjut usia, terkadang rambut rontok juga dialami oleh para pria muda. Apalagi, bagi para pria yang merasa jika rambut dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam berpenampilan. 

Nah, jika kamu ingin tahu apa yang menjadi penyebab rambut rontok, yuk simak penjelasannya di bawah ini. Baca baik-baik dan cobalah untuk menghindarinya. 

1. Pengaruh hormon

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/Wallace Chuck

Hormon testosteron menjadi salah satu hormon yang berperan dalam pertumbuhan rambut pada pria. Jika hormon ini terhambat atau kurang, maka folikel rambut di daerah kepala pria akan semakin mengecil dan rambut yang rontok akan sulit tumbuh kembali.

Kalau rambutmu mudah rontok, tapi susah tumbuh kembali, kamu perlu memeriksakan kadar hormon testosteron pada tubuhmu. Ini karena hormon testosteron bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

2. Faktor keturunan

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/nappy

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab rambut mudah rontok pada pria lho, Bro. Kamu bisa mencari tahu, apakah ada keluarga yang memiliki masalah rambut rontok atau rambut menipis.

Jika ada, maka bisa saja penyebab rambutmu rontok karena faktor keturunan dari keluarga. Bahkan, biasanya posisi rambut rontok pun akan sama dengan posisi rambut rontok milik keluarga kamu yang juga mengalaminya. 

3. Faktor usia

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/Gabby K

Terkadang faktor usia juga bisa menjadi salah satu penyebab rambutmu rontok. Saat memasuki usia 30 tahun, pertumbuhan rambut pada pria pun cenderung menurun. Sehingga semakin bertambahnya usia, rambut pria akan makin berkurang dan tipis.

Jika kamu telah berusia lanjut, maka sebenarnya sangat wajar jika rambut mulai rontok, sehingga rambutmu akan menipis. Nah, untuk menghindarinya, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter, Bro. 

Baca Juga: Gaya Rambut Baru, 9 Potret Renjun NCT dengan Two Tone Hair Color

4. Mengonsumsi makanan penyebab rambut rontok

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/Mikhail Nilov

Makanan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Makanan yang terlalu banyak mengandung zat besi, vitamin A, dan protein juga dapat memicu kerontokan rambut pada pria lho, Bro. Sehingga, kamu perlu memilih asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari juga junk food dan rokok yang ternyata dapat memicu kerontokan rambutmu.

5. Memiliki ketombe yang sudah parah

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Flickr/Joseph Tame

Memiliki ketombe yang terlalu banyak di rambut ternyata bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok pada pria. Ketombe yang terlalu banyak, bisa menutup folikel rambut. Akibatnya, minyak alami di kulit kepala yang dapat menutrisi rambut untuk tumbuh, akan terhambat keluar. Sehingga rambut yang rontok akan sulit tumbuh kembali dengan cepat.

Jadi, kebersihan rambut harus kamu jaga. Agar gak muncul ketombe yang ternyata jadi penyebab rambutmu rontok, Bro.

6. Memilih gaya rambut yang membuat rambut cepat rontok

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/Keira Burton

Tak jarang, pria sangat memperhatikan gaya rambutnya. Namun, jika rambutmu mudah rontok, kamu harus berhati-hati dalam memilih gaya rambut lho, Bro. Ini karena gaya rambut tertentu bisa membuat rambut kamu jadi rontok.

Salah satu yang menyebabkan rambut rontok adalah kamu terlalu kuat saat mengikat rambut. Bagi kamu yang sering menggunakan gaya rambut dengan model diikat, seperti model rambut man bun atau kepang, kamu wajib berhati-hati saat mengikat rambutmu.

Selain itu, melakukan bleaching dan pewarnaan rambut juga berpotensi membuat rambut kamu cepat rontok. Sehingga kamu perlu hati-hati saat menentukan gaya rambut. 

7. Mengalami stres berlebihan 

Catat Bro, Inilah 7 Penyebab Rambut Rontok pada Pria Pexels/Nathan Cowley

Penyebab rambut rontok pada pria selanjutnya adalah stres berlebihan. Faktor psikologi, emosi, dan mental yang terganggu juga makin bisa membuat rambutmu rontok, Bro. 

Namun, jangan khawatir. Jika hanya stres yang menyebabkan rambut kamu rontok, maka setelah stres mereda, rambutmu akan tumbuh kembali dengan normal kok, Bro!

Itulah 7 penyebab rambut rontok pada pria. Jaga rambut kamu agar gak mudah rontok ya, Bro!

Baca Juga: Jago Main Game, Ini 9 Potret Listy Chan dengan Warna Rambut yang Unik

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya