Comscore Tracker

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot Ini

Cowok wajib tahu!

Grooming terutama untuk merapikan dan mencukur kumis atau brewok membutuhkan alat berupa pisau cukur. Namun di pasaran ada berbagai macam pilihan pisau cukur yang kadang membingungkan kita, harga yang ditawarkan pun bervariasi. Lalu manakah yang paling cocok untuk kamu gunakan? Di artikel ini saya akan memberikan informasi perbedaan lima pisau cukur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Yuk, simak!

1. Pisau cukur sekali pakai

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot IniPxhere.com

Pisau cukur ini yang paling banyak kita temui di pasaran, harganya juga tergolong murah. Pisau cukur ini kebanyakan terbuat dari plastik dengan pisau silet di dalamnya. Biasanya cowok yang pertama kali tumbuh kumis atau jenggot dan ingin merapikannya akan menggunakan pisau cukur ini saat pertama kali bercukur.

Kelemahan pisau cukur ini adalah hanya bisa beberapa kali pakai karena ujung pisaunya akan mulai nggak tajam jika sudah digunakan. Dan karena bagian ujung pisaunya menyatu dengan gagang, maka kamu nggak bisa mengganti pisaunya saja dan harus membeli pisau cukur sekali pakai ini kembali jika ingin bercukur meskipun harganya tergolong murah. Penggunaan yang nyaman bisa menggunakan busa pencukur jenggot agar nggak ada kesan terbakar di permukaan kulit.

2. Pisau cukur silet

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot IniCommons.wikimedia.org

Pisau cukur yang satu ini tergolong lebih premium dan awet. Biasanya terbuat dari bahan kuat seperti stainless steel karena tujuannya adalah untuk digunakan berkali-kali. Kelebihan yang diberikan pisau cukur jenis ini adalah kepalanya yang berisi pisau silet yang dapat dibuka, dibersihkan dan diganti dengan pisau silet baru jika sudah nggak tajam. Pisau ini cocok buat kamu yang ingin bercukur bersih namun nggak mau ribet untuk selalu membeli pisau cukur baru.

Baca Juga: 7 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pria Saat Bercukur Di Toilet

3. Pisau cukur dengan cartridge

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot IniFlickr.com/Tools of Men

Pisau cukur yang ini lebih modern dan fungsional dari pisau cukur sekali pakai meskipun bentuk dan bahannya cenderung sama. Keunggulan pisau cukur ini adalah kepala pisau cukurnya yang bisa dilepas dan diganti baru yang bisa dibeli terpisah.

Pisau ini cenderung lebih murah dari pisau cukur silet karena bahan yang digunakan, namun sedikit lebih mahal dari pisau cukur sekali pakai karena kemudahan penggantian kapala pisaunya. Kelemahan pisau cukur ini dibandingkan dengan pisau cukur silet adalah bahannya yang hanya plastik biasa sehingga kurang awet dibandingkan stainless steel.

4. Pisau cukur elektrik

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot IniCommons.wikimedia.org

Pisau cukur elektrik menjadi favorit orang-orang yang gemar menata jenggotnya dibandingkan harus membersihkan jenggotnya. Pisau cukur elektrik bisa diatur seberapa panjang jenggot atau kumis yang ingin disisakan saat bercukur. Pisau ini juga tersedia pilihan menggunakan baterai yang selalu diganti atau bisa diisi ulang.

Teknologi yang semakin canggih juga membuat pisau cukur elektrik bisa mengasah pisaunya sendiri sehingga selalu tajam digunakan. Namun harga yang ditawarkan juga cenderung mahal dibandingkan pisau manual dan juga rawan rusak jika digunakan dekat dengan air saat kita mandi.

5. Pisau cukur klasik

Penting untuk Grooming, Pahami Perbedaan 5 Alat Pencukur Jenggot IniPexels.com/Josh Sorenson

Bagi pecinta gaya klasik atau old school kamu perlu cobain pisau cukur yang satu ini. Pisau ini benar-benar berbentuk pisau yang dapat dilipat, sehingga kesannya berbeda dengan pisau cukur modern yang menggunakan silet sebagai pisaunya.

Dibutuhkan kemampuan khusus untuk bercukur menggunakan pisau cukur klasik karena bisa melukai kulit wajahmu jika nggak hati-hati. Penggunaannya dibarengi dengan busa pencukur yang dioleskan di mangkuk dan kuas khusus.

Pisau cukur ini harganya bermacam-macam tergantung pada kualitas pisau dan bahan pembuat bahannya, karena pisau seperti ini nggak jarang gagangnya terbuat dari gading, tulang atau kayu sehingga lebih rumit dan berseni.

Nah, itulah lima alat pencukur yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan dan kebutuhan kamu, bro! Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Bro, Ini Trik Jitu Agar Pisau Cukur Hemat & Tahan Lama

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You