Comscore Tracker

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitif

Wajib coba nih, Bro!

Masalah kulit kering dan sensitif sering dialami cowok karena beberapa alasan mulai dari perawatan yang kurang hingga pengaruh aktivitasnya. Seperti ketika bekerja di dalam ruangan ber-AC, kulit mudah kering begitu pula ketika mereka aktif bekerja di luar ruangan hingga sering terkena sinar matahari.

Memilih pembersih wajah untuk kulit kering dan sensitif itu perlu dilakukan demi mencegah masalah kulit lebih parah. Berikut ini beberapa tips yang sekiranya bisa kamu coba di rumah.  

1. Pilih kandungan pada produk yang ringan dan lembut

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitifilustrasi pria (pexels.com/cottonbro)

Ketika kamu mempunyai kulit kering dan sensitif, sebaiknya pilih produk pencuci muka yang ringan dan juga lembut. Kulit sensitif mudah bereaksi hingga timbul rasa tidak nyaman jika menggunakan produk dengan kandungan yang keras.

Ada sabun pencuci muka dengan busa yang bisa memberi kesegaran serta kelembapan pada kulit kering kamu nantinya. Selanjutnya, produk pencuci muka muka dengan busa juga terasa lembut dan terasa halus ketika diaplikasikan pada kulit wajah sensitif.

2. Lihat apakah ada kandungan ceramide di dalamnya

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitifilustrasi produk pembersih wajah (pexels.com/sarahchai

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memilih pembersih muka dengan kulit kering dan sensitif ialah memilih produk dengan kandungan ceramide. Kandungan ceramide dapat menghidrasi kulit kering kamu hingga nantinya terasa lebih lembap. 

Dengan kelembapan yang terjaga dengan baik, kulit sensitif akan terlindungi nantinya. Bahkan, kandungan ini juga bisa membuat kulit wajah kamu terhindar dari eksim yang menimbulkan gatal hingga kemerahan.

3. Produk dengan kandungan asam hialuronat perlu jadi pilihan

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitifilustrasi produk pembersih wajah (pexels.com/annnekr)

Kandungan asam hialuronat pada produk pembersih muka akan mengurangi proses penyembuhan luka terutama pada kulit sensitif. Selain itu, fungsi lainnya ialah mampu meregenerasi kulit wajah supaya lebih terlihat muda kembali.

Pemilihan produk yang mengandung asam hialuronat untuk kamu yang mempunyai masalah kulit wajah kering dan sensitif memang tepat. Dapatkan wajah lebih sehat dengan pemakaian teratur setiap harinya saat mencuci muka kamu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Skincare Set untuk Pria, dari Face Wash hingga Sunscreen

4. Jangan lupakan juga kandungan niacinamide pada produk

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitifilustrasi pria (pexels.com/ronlach)

Kulit kering dan sensitif terkadang menimbulkan masalah lain seperti jerawat hingga lainnya. Sepertinya memang benar jika kandungan niacinamide pada produk pembersih muka memang penting untuk diaplikasikan.

Selain mengatasi jerawat yang kemungkinan bisa timbul, kandungan ini juga dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Bijaklah dalam memilih produk pembersih muka karena masalah kulit wajah kering dan sensitif tidak semestinya dibiarkan begitu saja.

5. Gunakan produk yang efektif dan bisa dipakai setiap hari

5 Tips Memilih Facial Wash untuk Kulit Cowok Kering dan Sensitifilustrasi pria (pexels.com/ronlach)

Pentingnya memakai pembersih wajah secara rutin pada kulit wajah kering dan sensitif demi menjaganya tetap sehat dan lembap. Selain itu, dengan membersihkan wajah kamu akan terhindar dari bakteri hingga kotoran yang bisa saja memperparah kulit sensitif kamu.

Selain memilih produk yang bisa digunakan setiap hari, kamu bisa melihat aturan dalam pemakaiannya. Jangan sampai justru terlalu keras hingga memperparah keadaan kulit.

Kulit wajah kering dan sensitif akan membuat kamu tidak nyaman hingga mengurangi rasa tidak percaya diri nantinya. Sepertinya beberapa tips di atas perlu kamu coba nih, Bro!

Baca Juga: 5 Kesalahan Cowok Saat Pilih Sabun Cuci Muka yang Perlu Dihindari

Rinda Ratna  Dewi Photo Verified Writer Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya