Comscore Tracker

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga Fasilitas

Kamu pilih yang mana?

Melakukan perawatan rambut umumnya identik dengan perempuan. Tapi, tak sedikit pria yang melakukan hal ini demi tambil keren dan rapi. Perawatan rambut yang bisa kamu coba cukup beragam, mulai dari memotong rambut hingga mewarnai rambut.  Perawatan ini bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi tempat cukur rambut, salon, atau barbershop.

Meski sama-sama menyediakan layanan perawatan rambut, salon dan barber memiliki karakteristiknya masing-masing. Supaya bisa menemukan tempat perawatan rambut yang sesuai dengan model yang kamu inginkan, cek lima perbedaan salon dan barbershop berikut ini. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Krim Cukur untuk Pria, Nyaman Tanpa Iritasi!

1. Alat pemotong rambut

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga FasilitasPerbedaan salon dan barbershop bedasarkan alat pemotong rambut (unsplash.com/neonbrand)

Demi tampil beda, kamu bisa mengunjungi salon atau barbershop. Meski begitu, salon dan barbershop menggunakan alat pemotong rambut yang berbeda. Perbedaan salon dan barbershop yang utama ini juga mempengaruhi durasi proses memotong rambut.

Pada salon, rambut dipotong sesuai seni menata rambut menggunakan gunting. Sementara barbershop memotong rambut dengan keahlian menggunakan hair clipper. Alhasil, waktu memotong rambut lebih singkat dan cepat.

2. Model rambut

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga FasilitasPerbedaan salon dan barbershop bedasarkan model rambut (unsplash.com/hairspies)

Perbedaan salon dan barbershop selanjutnya dapat dinilai dari model rambut yang dihasilkan. Penata rambut di salon cenderung berpengalaman dalam memotong dan menata rambut pria yang lebih panjang. Model rambut yang dihasilkan pun cukup beragam, mulia dari gaya klasik hingga modern.

Adapun barbershop menyediakan layanan perawatan rambut pendek. Barber bisa menata rambutmu menjadi gaya tradisional, misalnya buzz cut, flattop, fade, dan gaya militer.

Barbershop menawarkan potongan rambut pendek dengan gaya tradisional seperti . Sedangkan penata rambut di salon umumnya memiliki lebih banyak pengalaman memotong dan menata rambut yang lebih panjang.

Baca Juga: 6 Perbedaan Clay dan Pomade yang Utama, Jangan Asal Pakai!

3. Produk perawatan rambut

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga FasilitasPerbedaan salon dan barbershop bedasarkan produk perawatan rambut (unsplash.com/seteph)

Gak melulu potong rambut, baik salon dan barbershop memiliki produk perawatan rambut lainnya. Perbedaan salon dan barbershop ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Dibandingkan barbershop, salon hadir dengan produk perawatan rambut yang beragam, misalnya smoothing, hair mask, perawatan detoks rambut, dan masih banyak lagi. Sebaliknya, barbershop menyediakan produk perawatan rambut yang terbatas. Produk yang bisa kamu dapatkan, yaitu hair wax, pomade, dan shaving cream.

4. Fasilitas

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga FasilitasPerbedaan salon dan barbershop bedasarkan fasilitas (canva.com)

Faktor perbedaan salon dan barbershop selanjutnya adalah fasilitas. Bila kamu memilih pergi ke salon, rambutmu akan dicuci terlebih dulu sebelum digunting. Hal itu tidak berlaku untuk barbershop. Barbershop mengusung konsep quick cutting sehingga tidak menawarkan fasilitas pencuci rambut. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Disiapkan Kalau Ingin Cukur Rambut Sendiri, Catat!

5. Biaya

5 Perbedaan Salon dan Barbershop dari Biaya hingga FasilitasPerbedaan salon dan barbershop bedasarkan biaya (unsplash.com/jxk)

Baik salon dan barbershop mematok harga berbeda sesuai dengan perawatan rambut yang kamu coba. Perbedaan salon dan barbershop ini cukup mencolok sebab pada salon sering ditemukan penata rambut atau hairstylist profesional. Tak cuma itu, biaya tambahan juga dikenakan pada perawatan rambut lainnya, seperti blow rambut atau hair spa. 

Tak beda jauh, sejumlah hairstylist juga bisa kamu temukan di barbershop. Hanya saja, model potongan yang dihasilkan terbilang mudah dan sederhana sehingga biaya memotong rambut di barbershop jauh lebih ekonomis.

Itulah lima perbedaan salon dan barbershop yang perlu kamu ketahui. Apa pun pilihanmu, sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang kamu miliki.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Pria Terbaik, Praktis dan Anti Ribet!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya