Comscore Tracker

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomade

Pemakaian pomade berlebihan ternyata gak baik!

Pomade bukanlah sesuatu yang asing di kalangan para cowok. Banyak cowok yang memilih pomade untuk membuat rambut mereka menjadi lebih rapi dan lebih klimis. Gak heran kalau banyak cowok yang gemar memakai pomade setiap hari. 

Namun, tahukah kamu jika pemakaian pomade setiap hari itu dapat merusak rambut? Banyak masalah rambut yang ditimbulkan akibat pemakaian pomade yang berlebihan, seperti ketombe, rontok, dan rambut kering. 

Apakah kamu termasuk cowok yang gemar memakai pomade setiap hari? Jika iya, yuk, simak lima tips menjaga rambut supaya gak rusak karena pemakaian pomade.

1. Setiap sebelum tidur, jangan lupa mencuci rambut hingga bersih

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomadeunsplash.com/Mubariz Mehdizadeh

Kalau kamu menggunakan pomade seharian, maka wajib banget buat membersihkan rambutmu sebelum tidur. Jika tidak dibersihkan, sisa dari penggunaan pomade tersebut akan menumpuk di kulit kepala. Sisa pomade yang menempel di kulit kepala bisa menyebabkan ketombe. 

2. Gunakan pomade secukupnya

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomadeunsplash.com/Apothecary 87

Penggunaan pomade yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai kerusakan rambut, seperti rambut kering atau ketombe. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan penggunaan pomade agar tidak berlebihan.

Kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan rambut kamu. Cukup gunakan pomade sebanyak 2 ujung jari, kemudian gosokkan pomade tersebut di tangan secara merata dan aplikasikan ke seluruh bagian rambut.

Baca Juga: Fakta Unik Clay, Penantang Pomade yang Ampuh Bikin Cowok Makin Tampan

3. Pilih jenis pomade yang tepat

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomadeunsplash.com/John Karlo Mendoza

Tanpa kamu sadari, salah memilih jenis pomade yang cocok dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit, Bro! Gak ada salahnya untuk mencari tahu jenis-jenis pomade sebelum menggunakannya.

Jika dibandingkan dengan lainnya, water-based pomade memang cenderung lebih aman digunakan. Water-based pomade lebih mudah dibersihkan dibandingkan oil-based pomade. Namun, pastikan juga kamu rajin membersihkan sisa pomade di rambutmu agar tidak menyebabkan ketombe atau jerawatan.

4. Gunakan vitamin rambut

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomadeunsplash.com/Jeroen den Otter

Supaya tidak rusak karena penggunaan pomade yang berlebihan, kamu bisa mencoba memakai vitamin rambut. Terlebih lagi, setelah mencuci rambut atau melakukan creambath. Penggunaan vitamin dapat menutrisi serta membuat rambut tetap sehat. Oleh karena itu, menggunakan vitamin rambut dianjurkan untuk kamu yang gemar memakai pomade.

5. Pilih pomade yang terbuat dari bahan natural

Bro, Ini 5 Tips Merawat Rambut agar gak Rusak karena Pomadeunsplash.com/Derick McKinney

Sebelum membeli produk pomade, gak ada salahnya untuk mengecek bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Kamu bisa melihat apakah pomade tersebut dibuat menggunakan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan rambut atau tidak. Contoh bahan alami yang baik untuk kesehatan rambut yakni beeswax, coconut oil, jojoba oil, dan berbagai minyak alami lainnya.

Nah, itulah tadi lima tips merawat rambut agar tidak rusak karena penggunaan pomade. Bagi kamu yang gemar menggunakan pomade, tips tersebut bisa kamu coba, lho!

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Efek Samping Penggunaan Pomade yang Berlebihan

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya