Comscore Tracker

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat Fatal

Jangan sampai dilakukan lagi ya, bro!

Perawatan diri tidak hanya dilakukan oleh para kaum perempuan saja, tetapi kaum pria juga melakukannya. Perawatan tubuh untuk cowok yang biasa kita kenal dengan istilah grooming sesungguhnya sudah menjadi perhatian kalangan cowok. Grooming bukan hanya sekadar potong rambut pendek, spray cologne, mencukur kumis atau janggut saja, dan melakukannya pun tidak boleh sembarangan.

Sebagian cowok pasti pernah melakukan beberapa kesalahan ini tetapi malas untuk memperbaikinya. Cowok memang dikenal cuek dalam penampilan, tapi jika cuek terus, first impression orang-orang tentang kamu akan mendapatkan respon yang kurang baik pula.

Berikut ini ada sepuluh kesalahan sepele grooming pria yang bisa berakibat fatal. Jika kamu pernah melakukannya, simak sampai habis ya supaya kesalahan tersebut tidak terjadi lagi, bro!

1. Membiarkan rambut dan berewok tidak tertata

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/Jakob Owens)

Hal ini sering sekali dilakukan para cowok yang malas untuk merawat diri. Padahal memiliki rambut dan berewok yang tidak ditata rapi akan membuat penampilan kamu kurang enak dipandang dan terkesan berantakan. Rambut yang berantakan dapat mengaburkan fokus lawan bicara sehingga mereka menjadi lebih sulit untuk diajak bernegosiasi atau melakukan kesepakatan.

Hal yang sama berlaku juga untuk berewok. Sebagian cowok menumbuhkan berewok agar terlihat keren dan maskulin, padahal jika dibiarkan tumbuh sembarangan maka akan terlihat malas dan berantakan lho, bro. Jika malas merawatnya, kamu bisa mencukurnya sampai habis agar kamu tidak repot mengurusnya.

2. Bulu-bulu yang tumbuh sembarangan

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/Adeboro Odunlami)

Tidak ada bulu yang bikin ilfeel selain bulu hidung dan bulu telinga yang tumbuh subur. Memang hal yang sepele tapi jika terlihat itu akan sangat mengganggu pandangan kita. Untuk merawatnya kamu tidak perlu untuk mencabut bulu tersebut, karena kalau dicabut akan menyebabkan iritasi.

Untuk merawatnya, jika dirasa bulu sudah mulai terlihat kamu bisa memotongnya dengan gunting lalu potong sedikit saja agar tidak terlihat dari luar. Setelah kamu memotongnya setidaknya kamu akan terlihat rapi dan terawat.

3. Wangi parfum yang menyengat

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/cottonbro)

Parfum memang sangat dibutuhkan dalam berpenampilan. Akan tetapi jika dipakai berlebihan akan menyebabkan orang di sekitar kamu terusik dengan baunya. Apa pun jenis parfum yang kamu gunakan sebaiknya kamu menyemprotkan cukup dua atau tiga kali saja.

Semprot pada bagian belakang telinga dan bagian pergelangan tangan supaya hasilnya maksimal. Sesudah kamu menyemprotkan parfum secukupnya aroma badan kamu tidak akan mengganggu orang lain dan tidak terkesan berlebihan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Brand Parfum Lokal untuk Pria, Harganya Terjangkau! 

4. Kuku yang panjang dan hitam

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (pixabay.com/16704029)

Ini sering terlewatkan bagi sebagian cowok. Ada beberapa faktor yang mengganggu apabila kamu tidak merawat kuku jari tangan maupun kuku jari kaki. Pertama, kamu akan mengalami kesulitan saat mengetik di laptop atau smartphone. Kedua, kamu akan kerepotan membersihkan kotoran yang menumpuk pada kukunya.

Selain mengganggu penampilan, mempunyai kuku panjang juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satunya jika kamu sering berolahraga maka memiliki kuku panjang bisa mempermudah terjadinya cedera kuku seperti kuku patah atau kulit jari tertusuk oleh kuku.

5. Kebanyakan memakai produk styling rambut

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/Jeroen den Otter)

Mayoritas hair styling product tidak perlu digunakan secara berlebihan. Cukup kamu oleskan di jari sebanyak bongkahan kecil, usap-usap di tangan, lalu aplikasikan merata ke seluruh bagian rambut yang ingin kamu tata.

Ketika kamu terlalu banyak menggunakan wax atau pomade, rambut kamu akan sulit di cuci dan mengakibatkan wax atau pomade tersisa di rambut kamu. Hal ini dapat menyebabkan muncul ketombe, bahkan dapat mengalami kebotakan loh, bro.

6. Shaving dengan air dingin

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/Supply)

Bagi kamu yang berjenggot apa pernah melakukan hal ini? Perlu kamu tahu air dingin kurang cocok digunakan untuk shaving karena membuat bulu rambut menjadi lebih kaku. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya luka pada kulit wajah.

Jangan gunakan air panas juga karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Cukup gunakan air hangat agar bulu rambut kamu tetap halus dan lembut. Pastikan alat shaving yang kamu punya selalu dicuci bersih baik sebelum maupun sesudah mencukur.

7. Ogah pakai lip balm

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (unsplash.com/Enecta Cannabis extracts)

Bagi yang belum tahu, lip balm ini bukan lipstik. Jadi jangan salah kaprah mengira kalau ini cuma buat cewek. Lip balm tidak hanya dipakai untuk cewek, tapi bisa dipakai juga buat cowok.

Lip balm berguna untuk membuat bibir lembap, mencegah kekeringan dan bibir pecah-pecah. Jika bibir pecah dan kamu mengelupas kulitnya, bibir bisa terluka dan akan meninggalkan bengkak.

8. Tidak mau memakai skincare

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (pexels.com/Ron Lach)

Apa masih ada yang berpikir kalau skincare hanya untuk cewek saja? Nyatanya cowok juga bisa untuk skincare. Dalam merawat kulit tentu tidak memandang gender, semua juga membutuhkannya.

Sebaiknya kamu juga perlu untuk merawat kulit agar terhindar dari kulit kering dan cepat keriput padahal masih muda. Kamu bisa mengawalinya dengan memakai skincare yang mengandung sunscreen (minimum 15 spf) untuk melindungi kulit dari terik matahari.

9. Keramas terlalu cepat

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (pexels.com/Scandinavian Biolabs)

Bagi kamu yang sering keramas buru-buru sebaiknya jangan dilakukan lagi. Pasalnya, keramas terburu-buru dapat menyebabkan sisa sampo di rambut tidak ikut terbilas sepenuhnya. Nantinya, sisa sampo ini akan menjadi sarang bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Cara keramas yang benar pada saat mandi adalah dengan menggosok rambut dan kulit kepala menggunakan jari tangan (bukan kuku) berkali-kali. Jangan melakukannya karena terburu-buru karena kotoran rambut seperti ketombe jadi tidak ikut hilang sepenuhnya.

10. Malas cuci muka

10 Kesalahan Sepele Grooming Pria yang Bisa Berakibat FatalIlustrasi kesalahan sepele grooming pria (pexels.com/cottonbro)

Mencuci muka adalah hal penting untuk dilakukan agar wajah bersih dari kotoran dan terhindar dari bakteri timbulnya jerawat. Disarankan kamu juga tidak perlu untuk menyentuh wajah dengan tangan. Karena tangan bisa menjadi sumber kuman yang akan berpindah ke kulit wajahmu.

Setelah selesai mencuci muka, sebaiknya gunakan tisu wajah atau handuk khusus muka. Sebab, jika menggunakan handuk mandi maka akan ada resiko kuman dan bakteri yang menempel dari badan berpindah ke mukamu. Bagi wajahnya yang berminyak dan bekerja di ruangan AC, sebaiknya lebih sering mencuci muka agar risiko timbulnya jerawat berkurang.

Nah, itulah sepuluh kesalahan sepele grooming pria yang bisa berakibat fatal. Jika kamu pernah melakukannya, ubahlah kebiasaan itu supaya kamu memiliki wajah yang bersih dan sehat.

Baca Juga: 5 Skincare Pria yang Ampuh Bikin Kulit Mulus, Wajib Punya!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya