Comscore Tracker

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Ketombe

Ketombe bakal hilang dalam sekejap

Ketombe menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh cowok. Selain menganggu kenyamanan gatal, ketombe juga bisa menganggu penampilan dan membuatmu merasa minder. Meski sepele, namun permasalahan ketombe harus segera kamu atasi dan jangan dibiarkan begitu saja, Bro.

Sekadar sampo anti ketombe saja tidaklah cukup efektif untuk mengatasi masalah kotembe. Terkadang, kamu memerlukan bahan tambahan untuk mengatasinya, Bro. Nah, berikut ini telah dirangkum mengenai lima bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe. Let's get to the list!

1. Minyak kelapa 

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi KetombeUnsplash.com/Tijana Drndarski

Bahan alami yang satu ini memang terkenal akan berbagai manfaat kesehatannya. Tak jarang minyak kelapa juga sering digunakan sebagai salah satu obat alami untuk mengatasi ketombe. Minyak kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang menjadi penyebab munculnya ketombe.

Hal itu telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health terhadap 34 orang. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral untuk meningkatkan hidrasi kulit.

Selain itu, sifat antimikroba potensial pada minyak kelapa juga dapat meningkatkan hidrasi kulit. Serta mengurangi gejala eskim atau reaksi alergi pada kulit, serta ketombe.

2. Aloe vera   

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi KetombeUnsplash.com/FOODISM360

Selanjutnya ada aloe vera, yang pastinya sudah tak asing lagi terdengar di telinga. Memiliki sifat antijamur dan antibakeri di dalamnya, menjadikan aloe vera sangat efektif untuk mengatasi ketombe. Aloe vera juga dapat mempercepat proses pengelupasan sel kulit kepala yang mati secara alami.

Sebaiknya, kamu langsung menggunakan ekstrak aloe vera sesaat setelah diambil dari tanamannya. Alasannya, ketika langsung menggunakannya, aloe veranya masih memiliki konsisten gel ekstrak yang kental. 

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Tenang saja caranya sangat mudah. Cukup oleskan saja di kulit kepalamu secara merata. Diamkan beberapa menit, sambil memijat-mijat kepala dengan ringan. Setelah selesai, cuci rambut dengan sampo anti ketombe. Sensasi dingin akan kamu rasakan saat mengaplikasikannya di kepala. Let's try!

Baca Juga: 5 Manfaat Jeruk Nipis bagi Rambut, Ampuh Atasi Ketombe dan Kerontokan

3. Bawang putih  

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi KetombePexels.com/Nick Collins

Siapa bilang, jika bawang putih hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan? Anggapan itu salah besar, Bro. Selain menjadi bumbu masak, bawang putih bisa kamu manfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah ketombe. Bisa membunuh jamur sekaligus bakteri, membuat bawang putih bisa untuk menghilangkan ketombe. 

Gak perlu ribet, buat mengaplikasikannya. Kamu tinggal siapkan satu atau dua siung bawang putih, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan dengan air secukupnya. Kamu pun sudah bisa mengapilkasikannya dengan mengoleskannya ke kulit kepala secara merata. Jika tidak menyukai aroma bawang putih yang sangat menyegat, kamu bisa menambahkan campuran madu atau bubuk jahe ke dalamnya.

4. Cuka 

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Ketombealmanac.com

Tak disangka, cuka pun menjadi salah satu bahan alami yang ampuh banget untuk mengatasi ketombe. Cuka dapat mengatasi gatal, kulit kering, hingga membantu membunuh jamur serta bakteri penyebab ketombe. Kandungan asam cuka yang terdapat di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk mengurangi pengelupasan kulit kepala secara drastis.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah. Kamu tinggal mengoleskan campuran cuka dengan air pada kulit kepala dan diamkan selama setengah jam. Jika sudah selesai, langsung bilas saja dengan air bersih.

5. Baking soda 

Auto Minggat! Inilah 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi KetombePixabay.com/Monfocus

Baking soda atau yang dikenal dengan soda kue juga tak kalah mantulnya untuk membantumu mengatasi masalah ketombe. Soda kue juga berfungsi sebagai scrub. Bahan ini juga membantu untuk mengelupas kulit kepala dengan lembut dan mengangkat sel kulit mati, tanpa mengiritasi. Hal ini karena kulit kepala yang banyak menumpuk dan menempel bisa menyebabkan ketombe. 

Selain itu, soda kue juga memiliki sifat pengelupasan dan antijamur yang dapat menenangkan kulit kepala dan mengurangi kemerahan, serta gatal-gatal. Cara menggunakannya bagaimana? Cukup campurkan sampo yang akan kamu gunakan dengan sedikit soda kue, setiap hendak mencuci rambut. Jangan lupa bilas dengan air bersih jika sudah selesai, ya. 

Nah, itulah tadi kelima bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe. Kamu bisa memilih salah satu dari kelima bahan alami di atas dan sesuaikan dengan kebutuhanmu Bro. Semoga rangkuman di atas dapat membantu mengatasi permasalahan ketombemu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sampo Pria yang Ampuh Atasi Ketombe, Wajib Kamu Coba!

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya