Comscore Tracker

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagah

Cuci dengan pembersih khusus dan jangan lupa kondisionernya!

Buat para pencinta motor pasti sudah gak asing lagi dengan jenis jaket yang bernama biker jacket. Jaket tersebut berbahan kulit dan bisa menambah kesan kece pada penampilan ketika mengendarai motor. Bahannya yang tebal juga membuat biker jacket jadi pilihan pas untuk berpergian jauh.

Tapi, buat kamu yang pencinta biker jacket, sudah tahu belum bagaimana cara merawatnya dengan benar? Jika belum, simak tips dan cara merawat biker jacket di bawah ini.

1. Gunakan pembersih khusus untuk jaket kulit

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagahunsplash.com/Charles Deluvio

Pembersih yang digunakan untuk membersihkan biker jacket kesayanganmu punya formulasi khusus, yang tidak sama seperti sabun pada umumnya. Lazimnya, komposisi pembersih jaket berbahan kulit terdiri dari, minyak kelapa atau minyak zaitun, sabun dan cuka. Atau, bisa juga diganti dengan kandungan asam kimia yang lain. 

Karena itu, pastikan kamu tidak sekadar membersihkannya dengan sabun biasa. Ini bertujuan agar warna, tekstur, dan ketahanan jaket kulit bisa berumur lebih panjang.

2. Keringkan jaket hingga warnanya kembali cerah

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagahunsplash.com/Ricardo Gomez Angel

Setelah dicuci dengan sabun khusus, kamu perlu mengeringkan jaket hingga warnanya kembali cerah. Hindari paparan sinar matahari langsung saat menjemur, ya. Sebab jaket kulitmu bisa mengalami perubahan warna, seperti memudar. Jika kondisinya sudah kering sempurna, proses pembersihan bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Beri sedikit kondisioner agar kualitas kulit terjaga

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagahunsplash.com/Charisse Kenion

Walaupun terkesan aneh, namun kondisioner bagi perawatan jaket kulit adalah hal yang wajib dan wajar. Kondisioner bisa menjaga kelenturan jaket kulit sehingga tetap nyaman dipakai.

Di pasaran, ada banyak jenis kondisioner khusus yang dibuat memang untuk jaket kulit. Cara penggunaannya adalah dengan membalurkan kondisioner sedikit demi sedikit ke seluruh permukaan jaket. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Biker Ini Bisa Berakibat Tragis, Jangan Ditiru Ya

4. Gosok jaket dengan kain kering

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagahunsplash.com/Mel Poole

Supaya gak terlihat kusam dan lusuh, jaket kulit kesayanganmu bisa dipoles dengan kain kering agar mengkilap. Caranya gosoklah secara memutar hingga seluruh permukaan jaket terpoles dengan merata. 

5. Hindari menggunakan media kasar dan pilihnya spons untuk proses pembersihan

5 Tips Merawat Biker Jacket Biar Motoran Selalu Tampil Kece dan Gagahunsplash.com/Artem Makarov

Karena cukup sensitif terhadap bahan yang kasar, jaket kulit sebaiknya dibersihkan dengan spons lembut. Mulai dari proses pencucian hingga pemakaian kondisioner, sebaiknya dilakukan dengan bantuan spons tersebut. Benda ini juga dapat membantu produk yang digunakan lebih mudah terserap ke dalam jaket kulit. 

Membersihkan dan merawat jaket kulit tidaklah sulit, jika kita mengetahui caranya dengan benar. Jangan lupa dicatat dan dicoba di rumah, ya!

Baca Juga: Keren Abis! 11 Motor Modifikasi yang Buat Para Biker Ngiler

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra
  • Edwin Fajerial
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya