Comscore Tracker

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinks

#IDNTimesMen bikin penampilan formal kamu makin sempurna

Mungkin kamu ada yang masih asing dengan cufflinks. Namun, sebetulnya aksesori ini akan sangat berguna bagi kamu yang suka tampil formal, Bro!

Cufflinks sendiri merupakan aksesori tambahan yang berfungsi sebagai penjepit kancing pada tipe kemeja berpotongan french cuff, atau kemeja lengan ganda. Tipe kemeja ini di bangian lengannya hanya terdapat lubang, tanpa ada kancing. Karena itulah fungsi cufflinks sangat dibutuhkan.

Biar lebih paham, yuk, simak beberapa fakta penting tentang cufflinks berikut ini. Check this out.

1. Penggunaan cufflinks biasanya dipakai pada jenis kemeja french cuff

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinksunsplash.com/Gez Xavier Mansfield

Cufflinks merupakan aksesori tambahan yang hanya bisa dipakai pada tipe kemeja bermodel french cuff. Mengapa begitu? Karena pada model kemeja tersebut, bagian lengan di pergelangan tangannya lebih panjang. Sehingga, cara memakainya adalah dengan melipat bagian pergelangan tangannya menjadi dua dengan bantuan cufflinks.  Karena itulah cufflinks berfungsi sebagai kancing yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. 

2. Berbagai model cufflinks

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinksunsplash.com/Nate Johnston

Karena berfungsi sebagai kancing yang termasuk aksesori penunjang, gak heran bila ada banyak model cufflinks dengan bentuk yang bermacam-macam. Beberapa jenis cufflinks yang terkenal dan cukup diminati banyak pencinta gaya formal antara lain, Bullet Back Cufflinks, Whale Back Cufflinks, Chain Link Cufflinks, Knotted Cufflinks, dan Fixed Back Cufflinks. 

Baca Juga: 9 Ide Padu Padan Kemeja ala Jirayu Tangsrisuk, Simpel dan Stylish!

3. Cara menggunakan cufflinks

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinksunsplash.com/Nick Karvounis

Setelah mengetahui apa itu cufflinks, kini saatnya kamu mencoba untuk menggunakannya, Bro. Caranya, lipatlah lengan kemeja french cluff ke belakang sebanyak satu kali. Lalu, sejajarkan lubang yang berada di dua lapisan kain tersebut. Kemudian pasang cufflinks dan kunci sesuai model cufflinks yang kamu gunakan. Setelah kemeja terlipat dan cufflinks terpasang dengan aman, penampilan formalmu dijamin bakal makin terlihat elegan. 

4. Tips memakai cufflinks untuk pertama kali

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinksunsplash.com/Heng Films

Orang awam mungkin akan kesulitan saat memakai cufflinks untuk pertama kalinya. Untuk memudahkan memakai cufflinks, kamu bisa lebih dulu menyiapkan kemeja french cuff yang telah disetrika dengan rapi, khususnya pada bagian lengannya. Sebelum menggunakannya, pahami dulu bagaimana mengunci dan memasang cufflinks ke kemeja. Kalau masih bingung, minta bantuan orang lain untuk memasangkannya. 

5. Hal-hal yang dihindari saat memakai cufflinks

Wajib Punya! 5 Fakta Penting Tentang Aksesori Formal Cufflinksunsplash.com/Alvin Mahmudov

Kamu sebaiknya tidak menggunakan cufflinks pada model kemeja lainnya, Bro. Jika kamu tetap menggunakannya maka hasilnya tidak akan sesuai dan jadinya malah berantakan. 

Selain itu, kamu harus memakai cufflinks yang seukuran. Pastikan cufflinks yang akan kamu gunakan sesuai dengan lubang lengan kemeja french cuff. Pastikan juga cufflinks yang kamu gunakan sudah terkunci aman, sehingga tidak hilang atau jatuh secara tidak sadar saat kamu beraktivitas. 

Yuk, upgrade gaya formalmu dan ciptakan kesan profesional yang cetar dengan menggunakan aksesori cufflinks ini, Bro!

Baca Juga: 9 Inspirasi Mix and Match Kemeja ala New Thitipoom, Mudah Disontek!

Alee Shaby Photo Verified Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya