Comscore Tracker

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!

Sepatu perlu dirawat biar gak bau

Permasalahan bau sepatu terkadang sulit kamu hindari. Jika cuaca panas, kakai mengeluarkan banyak keringat yang menempel di sepatu. Sedangkan saat cuaca hujan, ada kemungkinan sepatu basah yang membuat tempat bakteri tumbuh.

Keduanya dapat menjadi sumber bau di alas kaki kesayangan kamu. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tersebut. Berikut 5 tips menghilangkan bau sepatu di antaranya.

1. Mencuci sepatu berbahan kanvas

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!ilustrasi mencuci sepatu (pexels.com/DeybsonnMallony)

Pertama jika sepatumu adalah sepatu berbahan kanvas, cara menghilangkannya adalah dengan mencucinya. Kamu bisa mencuci secara manual ataupun lewat mesin cuci, tapi pastikan kamu gunakan air panas agar bisa membunuh bakteri penyebab bau.

Caranya diamkan sepatu di ember berisi ari panas beberapa saat. Setelahnya kamu bisa mencucinya menggunakan bahan sabun khusus sepatu agar tidak merusak bahan dan warna sepatumu dan terakhir bilas menggunakan air bersih.

2. Gunakan bubuk penyerap bau untuk sepatu berbahan suede

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!ilustrasi bubuk kopi (pexels.com/readymade)

Kedua, bau sepatu berbahan suede bisa kamu basmi dengan menggunakan bubuk penyerap bau seperti kopi dan baking soda. Pasalnya, sepatu kulit tidak boleh dicuci sembarangan karena bisa merusak bahannya.

Gunakan kopi untuk sepatu berwarna gelap, sedangkan baking soda untuk sepatu berwarna cerah. Hal itu berguna mengurangi risiko sepatu kalian terkena noda. Kamu hanya perlu membuat kantung dari kain, taruh bubuk di dalam kain dan tinggalkan kantung tersebut semalaman. Maka keesokan bau sepatumu akan hilang. 

3. Gunakan ekstrak minyak untuk bahan pull up

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!ilustrasi minyak (pexels.com/Mareefe)

Ketiga, adalah cara menghilangkan bau untuk sepatu berbahan pull-up atau kulit asli seperti pantofel atau loafers. Caranya oleskan minyak zaitun, kayu putih, dan cengkeh pada bagian dalam dan luar sepatu. Ekstrak minyak cocok untuk menghilangkan bau karena memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur. Selain menghilangkan bau, ekstrak minyak dapat memberi efek kilau pada sepatu kulit.

Untuk alat oles kamu bisa menggunakan tisu atau kertas koran bekas. Setelah dioles tinggalkan kertas atau tisu lap di dalam sepatu selama semalaman.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Sepatu Pantofel Kulit Asli untuk Pria, Dijamin Awet!

4.Gunakan air cuka untuk bahan nilon

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!ilustrasi cuka (unsplash.com/Addilyn)

Sepatu olahraga biasanya punya risiko bau paling tinggi dibandingkan sepatu jenis lain. Karena terbuat dari bahan nilon yang mudah menyerap keringat. Keringat yang meresap dalam bahan sepatu itulah yang menyebabkan bau.

Untuk menghilangkan baunya, kamu dapat menggunakan cairan yang beraroma tajam seperti air cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan air cuka dengan air mineral dan mengusapkannya baik bagian dalam maupun luar sepatu. Agar lebih maksimal menghilangkan bau, kamu dapat merendamkan sepatu ke dalam ember berisi air cuka dan air mineral untuk beberapa saat dan kemudian di jemur.

5. Gunakan lemon untuk bahan beludru

5 Tips Menghilangkan Bau Sepatu Sesuai Bahannya, Mudah dan Murah!ilustrasi lemon (pexels.com/Lukas)

Terakhir, adalah menghilangkan bau sepatu berbahan beludru menggunakan air lemon dan baking soda. Cairan campuran ini sangat efektif mereduksi bau pada sepatu.

Kamu tinggal menyemprotkan secara merata pada bagian dalam dan luar sepatu. Kemudian angin-anginkan sambil masukan kulit lemo ke dalam sepatu selama proses ini.

Itulah lima cara yang bisa  kamu lakukan untuk menghilangkan bau pada sepatu sesuai bahannya. Agar tidak mudah bau, rajinlah merawat sepatumu, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Sepatu Terbaik, Bikin Sepatu Kinclong!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya