Comscore Tracker

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! 

Jadi pria juga harus fashionable

Dalam urusan penampilan, bukan hanya perempuan yang ingin terlihat menarik. Pria pun memiliki keinginan yang sama. Salah satu penunjang penampilan adalah pakaian yang dikenakan. Walau mungkin informasi tentang bagaimana menjadi orang yang fashionable bagi pria tak sebanyak untuk perempuann, bukan berarti tak ada panduan atau tips yang bisa dijadikan salah satu acuan bagi pria untuk bisa tampil modis.

Berikut ini adalah enam tips  memilih outfit untuk pria yang ingin mencoba tampil lebih menarik dan cool tanpa terlihat berlebihan apalagi norak. Yuk, cek ulasannya di bawah ini sampai selesai!

1. Hindari meniru seratus persen

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi seorang pria (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Boleh saja kamu mengagumi penampilan selebriti yang selalu terihat menawan dengan cara berpakaiannya. Tetapi kamu sebaiknya tak meniru habis semuanya. Bukan saja kamu akan menghabiskan banyak biaya karena harus membeli banyak fashion item seperti milik selebriti idola kamu, tetapi kamu pun berisiko terlihat aneh karena kurang cocok.

Para pria selebriti mungkin bisa terlihat wajar dan keren dalam gaya pakaian apa pun yang mereka tampilkan di hadapan publik. Tetapi gaya mereka tak selalu bisa memberi kesan yang sama saat dikenakan oleh orang lain. Kamu bisa menjadikan gaya berpakaian selebriti favoritmu sebagai inspirasi dan temukan gayamu sendiri dalam memilih pakaian.

2. Jangan jadi korban mode

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi fashion show (Pexels.com/Genaro Servín)

Menjadi aware terhadap perkembangan mode memang tidak salah. Tetapi para pria sebaiknya tak menjadikan tren sebagai satu-satunya panduan memilih outfit dengan tujuan agar tak ketinggalan mode 

Adalah lebih penting untuk tetap menjadi diri sendiri dan berpakaian sesuai kepribadian kamu. Tren yang sedang terjadi bisa kamu jadikan salah satu inspirasi atau ide baru untuk gaya kamu. Mungkin kamu bisa mengambil salah satu saja bagian dari tren untuk dijadikan detail tambahan bagi penampilan pakaian kamu.

3. Perhatikan warna kulit

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi warna pakaian (Pexels.com/Mike B)

Sebagaimana perempuan, pria juga perlu mempertimbangkan pemilihan warna pakaian. Kenali warna atau tone yang cocok untuk warna kulit kamu.

Tidak masalah apa pun jenis dan warna kulit kamu. Dengan memilih warna pakaian yang tepat, setiap jenis atau warna kulit akan terlihat menarik.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Suka Pakaian Mahal Namun Kualitasnya Baik  

4. Kreatif memodifikasi 

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi seorang pria (Pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Mungkin kamu merasa tak memerlukan banyak pakaian karena tak terlalu memedulikan padu padan yang terlalu beragam seperti kebanyakan perempuan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tak ada salahnya memiliki banyak pilihan mix and match dalam koleksi pakaianmu.

Tetapi kamu tak harus membeli sebanyak-banyaknya pakaian, kamu hanya perlu menjadi kreatif memodifikasi tampilan pakaian kamu. Miliki item pakaian dasar yang bisa memberikan look berbeda hanya dengan mengganti padanannya atau sekadar menambah aksesori.

Item dasar seperti celana chino, denim basic, t-shirt polos, dan jaket berwarna netral bisa menjadi item yang dapat diandalkan. Kamu bisa memilih model yang sesuai dengan gaya kamu.

5. Pilih kualitas

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi seorang pria (Pexels.com/Omar López)

Dalam membeli fashion item, pria juga perlu menempatkan kualitas sebagai salah satu pertimbangan yang utama. Jangan tergoda untuk membeli fashion item yang murahan. Kualitas yang buruk akan membuat masa pakai pakaian tidak bertahan lama. Hal ini tentu berarti pemborosan terhadap pengeluaran kamu tentunya.

Karenanya, pilihlah pakaian yang berkualitas bagus yang bisa kamu anggap sebagai investasi untuk penampilan jangka panjang. Namun, kamu juga harus tahu bahwa harga yang mahal tak selalu berbanding lurus dengan kualitas tinggi. Jadi, kamu harus cermat ya!

6. Manfaatkan jasa penjahit

6 Tips Memilih Outfit untuk Pria, Jangan Alergi ke Penjahit! ilustrasi penjahit (Pexels.com/ Cottonbro)

Jika kamu sering kali merasa tak pas dengan pakaian yang kamu beli, kamu bisa mencoba untuk melakukan permak atau bahkan membuat pakaian custom ke panjahit. Kamu mungkin tak akan langsung bisa mendapatkan penjahit yang cocok dalam waktu singkat. Dan, bisa jadi kamu merasa malas ke penjahit. Tapi kamu perlu mencobanya.

Saat kamu sudah mendapatkan penjahit yang mengerti dengan kebutuhan pakaianmu, kamu akan merasa lebih mudah memenuhi kebutuhan pakaian yang akan terasa pas untuk tubuhmu. Bahkan, kamu bisa menjadi kreatif membuat pakaian yang mencerminkan ciri khas kamu.

Itulah enam tips untuk memilih outfit  fashion pria yang bisa kamu coba. Walau kamu disarankan untuk mengutamakan kualitas pakaian, namun bukan berarti kamu harus membeli pakaian yang berharga mahal.

Pilihlah outfit yang bisa membuat kamu tetap menjadi diri sendiri. Yang penting kamu merasa nyaman saat memakainya . Namun, kamu sebaiknya tetap memperhatikan kesopanan serta etika yang berlaku.

Baca Juga: 5 Tips Padu Padan Motif pada Pakaian Pria, Gak Perlu Bingung!

Dream Praire Photo Verified Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya