Comscore Tracker

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulit

Gampang banget kan?

Bagi para cowok, jaket merupakan fashion item yang wajib banget untuk dimiliki. Karena memiliki banyak fungsi. Nah, salah satu jenis jaket yang menawan adalah jaket kulit. 

Namun supaya jaket kulit yang kamu miliki selalu tampak keren dan bagus, tentu saja kamu perlu hati-hati dalam merawatnya. Banyak yang bilang kalau merawat jaket kulit itu susah banget. Padahal sih gampang banget lho.

Ikutin deh 5 cara merawat jaket kulit berikut ini!

1. Kalau jaket kulitmu terkena noda kotoran, segera bersihkan dengan handuk basah

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulitrevzilla.com

Satu hal yang harus kamu perhatikan ketika memakai jaket kulit adalah, jangan sampai jaketmu terkena noda kotoran. Entah itu noda saus, noda kecap, ataupun noda lainnya. Namun sudah terlanjur kena, jangan malas untuk segera membersihkannya dengan handuk basah.

Jangan menunggu hingga noda tersebut meresap ke dalam kulit jaket, nanti malah akan semakin susah dibersihkan. Kalau noda kotoran tersebut masih menempel, tuangkan sedikit sabun cuci cair pada handuk basah. Usapkan pada bagian yang kotor tersebut. Setelah nodanya hilang, gunakan kain kering yang bersih untuk membersihkan sisa sabun yang masih menempel. 

2. Jangan mencuci jaket kulit dengan air hangat atau air panas

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulitjamvape.me

Ketika kamu ingin mencuci jaket kulit, usahakan untuk mencucinya dengan menggunakan air dingin. Karena air panas atau air hangat, malah dapat membuat jaket kulitmu mengkerut dan menyusut. Kamu tentu tidak mau kan hal ini terjadi? Karena itu, ingatlah selalu untuk mencucinya memakai air dingin ya.

Baca Juga: 10 Padu Padan Jaket Kulit ala Idol KPop, Bikin Kamu Makin Berkarisma!

3. Hindari menjemur jaket kulit di tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulitdrycleaning.com.sg

Setelah selesai dicuci, jangan langsung mengeringkan jaket kulit dengan memakai pengering. Namun gantunglah jaket di tempat yang sejuk dan berangin, sampai jaket kering sendiri secara alami. Ingat, jangan menjemur jaket kulit di tempat yang panas atau terkena sinar matahari secara langsung.

4. Rajin merawat dan menjaga kelembaban kulit jaket

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulitrevzilla.com

Kalau terlalu sering dipakai, kulit pada jaket bisa terasa sangat kering. Hal ini harus kamu waspadai. Karena kalau dibiarkan nanti malah akan menimbulkan retakan-retakan pada kulit jaket. Jadi jelek banget kan kelihatannya?

Oleh sebab itu menjaga kelembaban kulit jaket itu penting banget. Kalau jaketmu sudah mulai terasa kering, oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa pada permukaan kulitnya. Caranya, tuangkan minyak zaitun atau minyak kelapa pada sehelai kain kering yang bersih. Kemudian usapkan ke seluruh permukaan kulit jaket. Kemudian angin-anginkan jaket tersebut.

5. Simpanlah selalu jaket kulitmu didalam laundry bag dan gantunglah dalam lemari

Cowok Harus Tahu, Ternyata Begini Lho Cara Merawat Jaket Kulitjustdial.com

Ketika jaket kulitmu sudah bersih dan tidak sedang kamu pakai, simpanlah selalu didalam laundry bag dan gantunglah dalam lemari. Hal ini bisa membantu menjaga kebersihan dan kelembaban kulitnya.

Namun ingat, pastikan laundry bag yang kamu pakai berukuran besar sehingga jaket tidak terlipat-lipat. Karena bekas lipatan bisa meninggalkan bekas atau retakan pada jaket kulitmu.

Nah, ternyata merawat jaket kulit sebenarnya tidak susah kan? Asalkan kamu telaten dan mau meluangkan waktu untuk merawatnya, jaket kulitmu dijamin akan tetap keren deh.

Baca Juga: 7 Alternatif Jaket Kulit yang Bisa Kamu Kenakan, Bikin Makin Keren Bro!

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya