Comscore Tracker

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  

Bikin awet dan tahan lama!

Bila kamu gemar mengoleksi sepatu kulit, maka kamu perlu mengetahui bahwa perawatan sepatu kulit agak berbeda dengan sepatu jenis lainnya. Sepatu jenis ini membutuhkan perhatian khusus supaya tidak cepat rusak.

Jika kamu ingin sepatu kulit kesayanganmu tersebut tetap awet dan tahan lama, maka kamu perlu untuk memperhatikan lima cara merawat sepatu kulit pria berikut ini. Baca ulasannya sampai selesai!

1. Mengeluarkan sepatu dari boks sepatu 

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  ilustrasi produk Portee (instagram.com/porteegoods)

Pertama-tama, kamu perlu mengeluarkan sepatu dari dalam dus-nya, karena sepatu yang terlalu lama berada di dalam dus juga akan cepat rusak. Hal tersebut dikarenakan kondisi di dalam sepatu yang lembap.

Bahan kulit sangat sensitif dalam udara dengan keadaan seperti itu. Bila kamu tak ingin sepatu kulit kamu mudah retak, maka kamu disarankan untuk meletakannya di luar dimana sepatu bisa bernapas.

2. Pastikan sepatu selalu dalam keadan kering 

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  ilustrasi produk Gino Mariani (instagram.com/gino_mariani)

Membuat sepatu kulit kamu selalu dalam keadaan kering, bukanlah hal yang mudah. Bila sepatu kamu tak sengaja terciprat air atau mungkin masuk ke dalam kubangan air ketika hujan, kamu sebaiknya cepat-cepat mengelapnya hingga kering.

Sepatu kulit sangat sensiti terhadap air. Warnanya pun dapat berubah karena terkena air hujan. Namun, kamu juga tetap perlu berhati-hati, karena warnanya dapat berubah karena terkena panas. Oleh karena itu, jangan menggunakan pengering apa pun, ya!

3. Membersihkan sepatu secara teratur

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  ilustrasi produk Amble Footwear (instagram.com/amble.id)

Walaupun kamu tak sering menggunakannya, kamu tetap harus sering membersihkan sepatu kulit kamu. Kamu dapat mengeluarkannya dari lemari penyimpanannya, lalu membersihkannya dengan hati-hati.

Kamu dapat menggosoknya hanya dengan memakai kain. Bila sepatu dalam keadaan yang kotor, maka kamu sebaiknya rendam kain di air panas. Kemudian mengusapkannya hingga bersih. Selanjutnya, keringkan kembali sepatu dengan memanfaatkan kipas angin.

Baca Juga: 8 Sepatu Pria Termahal di Dunia Tahun 2022 

4. Menggunakan ganjalan sepatu dari kayu 

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  ilustrasi produk Fortuna Shoes (instagram.com/fortuna_shoes_indonesia)

Jenis sol yang paling baik digunakan untuk sepatu kulit adalah sol yang terbuat dari bahan kayu. Bahan ini tak dapat menyerap air, jadi menjadikan sepatu sedikit tahan lebih lama.

Tak sampai disitu, sol yang keras dapat membuat desain sepatu tahan pada tempatnya, walaupun telah digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, dengan penggunaan sol sepatu ini, kamu dapat membiarkan kaki dan sepatu kamu bernapas.

5. Menyemir sepatu secara berkala 

5 Tips Merawat Sepatu Kulit Pria agar Tidak Cepat Rusak  Giant Flames (instagram.com/giantflames.id)

Supaya ketahanan warnanya tetap seperti sepatu baru, kamu juga perlu untuk menyemirnya. Namun, kamu juga tetap harus berhati-hati dalam menyemirnya.

Kamu dapat mencari produk semir sepatu yang tak menembus sampai ke dalam sepatu. Selanjutnya gosok sampai sepatu nampak berkilau kembali. Tak hanya untuk faktor estetika, ternyata dengan menyemir, sepatu kulit juga akan tahan lebih lama.

Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan agar sepatu kulit kamu semakin awet dan tahan lama. Caranya mudah dan praktis, kan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Produk Pembersih Sepatu Terbaik, Bikin Sepatu Kinclong!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya