Comscore Tracker

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu Jaga

Perhatikan baik-baik ya, Bro

Laki-laki sangat boleh memiliki penampilan yang kece. Namun bagi umat Islam, kamu tentu juga perlu memperhatikan yang namanya aurat lho, Bro.

Lantas sebenarnya sampai mana sih, batasan aurat untuk laki-laki yang tepat? Lalu, bagaimana seorang laki-laki harus menutupi auratnya melalui pakaian yang dipakainya sehari-hari?

Nah, berikut ini penjelasan soal mengenai batas aurat laki-laki yang harus kamu jaga. Yuk, lanjut baca artikel di bawah ini, Bro!

1. Perintah menutup aurat laki-laki tertulis pada surat An-Nur ayat 30

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu JagaUnsplash.com/adrientaylor

Aurat sendiri merupakan anggota tubuh yang dilarang untuk diperlihatkan di depan orang lain. Kecuali pada orang yang memang berhak melihatnya. Allah SWT dalam Al-Qur'an surat An-Nur ayat 30 berfiman mengenai perintah untuk menahan pandangan matanya terhadap hal-hal yang diharamkan.

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya: 

"Katakanlah kepada orang laki laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS An-Nur : 30)

2. Aurat laki-laki adalah antara pusar dan lutut

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu JagaUnsplash/Mayur Badhe

Lalu bagian mana sih, yang mejadi aurat bagi laki-laki, sehingga gak diperbolehkan untuk diperlihatkan kepada orang lain? Hal ini berdasarkan keterangan dari Baginda Nabi Muhammad, yang bersabda: 

"Karena di antara pusar sampai lutut adalah aurat." (HR Ahmad)

Dari hadis riwayat Ahmad, Rasulullah sudah menjelaskan bahwa aurat laki-laki adalah antara pusar hingga lutut. Sehingga sudah jelas laki-laki muslim harus menjaga pakaiannya agar menutupi pusar hingga lutut.

Baca Juga: Menutup Aurat, Ini 7 Penampilan Penyanyi Dangdut yang Mantap Berhijab

3. Paha merupakan aurat sehingga sebaiknya memakai pakaian yang menutup paha

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu JagaUnsplash.com/sonance

Sebagai laki-laki muslim yang taat dalam beragama, tentunya kamu harus mematuhi untuk menjaga aurat ini, bukan?

Sehingga salah satu cara agar aurat tak terlihat adalah dengan tidak mengenakan celana pendek yang membuat paha terlihat. Alasannya, paha bagi laki-laki merupakan aurat karena berada di antara pusar dan lutut.

«أن النبي صلى الله عليه وسلم كان قاعدا في مكان فيه ماء، قد انكشف عن ركبتيه أو ركبته، فلما دخل عثمان غطاها»

Artinya: 

"Bahwa Nabi shallallahu’alaihi wasallam awalnya duduk di suatu tempat yang terdapat air, dan kedua lututnya atau lututnya dalam kondisi tersingkap. Ketika Utsman radhiyallahu’anhu masuk pada beliau, beliau lalu menutup lututnya.” (HR Bukhari: 3695)

Meskipun hadis ini shahih, tapi tidak mesti menunjukkan secara pasti bahwa paha bukanlah aurat. Akan tetapi hanya menunjukkan bahwa aurat laki-laki memiliki dua jenis, yaitu: 

Pertama adalah ‘Aurah Mugalladzhah atau aurat yang berat. Aurat ini sama sekali tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain, kecuali pada istri atau hamba sahaya. Aurat tidak boleh disingkap di depan orang lain kecuali dalam kondisi darurat. Seperti saat pengobatan atau operasi atau kondisi darurat lainnya. 

Kedua: ‘Aurah Mukhaffafah atau aurat yang ringan. Aurat ini mulai dari bagian paha hingga bagian atasnya. Kamu boleh memperlihatkan aurat ini jika memang diperlukan. Jika kamu keluar dengan memakai pakaian pendek yang memperlihatkan paha tetap diperkenankan. 

4. Pakaian yang tipis dan ketat sebaiknya juga dihindari

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu JagaPexels/mentatdgt

Selain dengan mengenakan pakaian yang menutup aurat, laki-laki ternyata juga perlu untuk memakai pakaian yang longgar dan menghindari pakaian yang ketat. Hal ini seperti perintah Allah SWT dalam Surat Al-A'raf ayat 26. 

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya:

"Hai anak Adam sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian yang indah untuk perhiasan." (Al-A’raf : 26)

Menutup aurat menjadi salah satu perintah Allah SWT, sehingga laki-laki harus menghindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan dapat menunjukkan lekukan tubuhnya. Karena sesungguhnya menjaga aurat juga bertujuan untuk menghindari pandangan yang mengundang syahwat dari orang lain.

5. Batasan aurat laki-laki dengan laki-laki lain dan antara laki-laki dengan perempuan

Bro, Pahami Batasan Aurat Laki-laki yang Harus Selalu Kamu JagaPexels/mentatdgt

Antara pusar dan lutut merupakan batasan aurat secara umum bagi laki-laki. Termasuk ketika bertemu dengan laki-laki yang lain.

Sedangkan jika bertemu dengan lawan jenis, maka sebaiknya tak hanya menutup aurat dari pusar hingga lutut saja, namun tetap berpakaian yang sopan dan baik. Hal ini harus dilakukan agar tidak mengundang syahwat. Serta, sebaiknya jangan mengenakan pakaian yang mencolok dengan tujuan sengaja menarik perhatian perempuan.

Namun, khusus untuk perempuan yang merupakan istri, maka laki-laki boleh lho, menunjukkan auratnya. 

"Jagalah auratmu kecuali dari istrimu." (HR Imam lima)

Menurut hadis riwayat Imam Lima, ternyata istri kamu boleh kok melihat auratmu, Bro.

Itulah batasan-batasan aurat laki-laki yang perlu kamu jaga sebagai muslim ya, Bro. Berpenampilan kece tentu boleh saja dengan tetap taat terhadap perintah-Nya.

Baca Juga: 6 Jenis Penutup Aurat untuk Muslimah, Ada Hijab hingga Jilbab

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya