Comscore Tracker

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja Bolong

Banyak cara untuk tetap tampil gaya #IDNTimesMen

Mendapati kemeja kesayangan tiba-tiba bolong atau robek memang menyedihkan, terlebih lagi kamu begitu suka memakainya. Padahal jika ingin beli lagi juga belum tentu kemeja kesayangan kamu itu masih ada di toko, bukan?

Namun jangan dulu sedih, Bro. Kamu juga tidak perlu buru-buru menjahit atau bahkan membuang kemeja tersebut, karena ada cara-cara cerdik untuk tetap bisa memakai kemeja kamu meski sudah bolong lho. Penasaran bagaimana cara-caranya? Yuk, simak di bawah ini, Bro!

1. Pasang patch keren di bagian kemeja yang bolong

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja BolongIlustrasi patch untuk kemeja (unsplash/Robbie Noble)

Patch atau emblem bisa jadi cara jitu untuk menambal kemeja kamu yang bolong. Patch bisa dibeli di toko aksesori atau distro baju. Kamu bisa memilih patch logo band kesayangan kamu atau gambar yang cocok dengan motif kemeja kamu.

Cara memasang patch juga cukup mudah. Di pasaran terdapat beberapa jenis patch yang bisa kamu pilih sesuai cara memasangnya. Ada patch yang cara memasangnya dengan menjahitnya di atas kemeja, ada pula patch yang sudah langsung terpasang hanya dengan menyetrikanya. Kini kemeja kamu tidak hanya tertutupi bagian bolongnya, namun juga kamu bisa terlihat makin keren dengan sentuhan patch di kemeja kamu.

2. Tutupi bagian bolong dengan outer

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja BolongIlustrasi outer untuk menutupi kemeja bolong (unsplash/Dave Goudreau)

Sedang ingin banget memakai kemeja kamu yang sudah bolong, namun malas untuk menjahit atau membetulkannya? Ada cara yang mudah banget kamu lakukan, yaitu memadukannya dengan outer.

Kamu bisa menutupi bagian yang bolong dengan outer yang dapat berupa jaket denim, sweater, hingga hoodie. Pastikan bagian yang bolong tertutupi oleh outer yang kamu pakai, sehingga kamu tetap aman meski memakai kemeja yang sudah bolong.

3. Tutupi bagian yang bolong dengan menggunakan pin

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja BolongIlustrasi pin untuk menutupi kemeja bolong (unsplash/Jess Bailey)

Kamu memiliki banyak pin tapi bingung mau dipasang di mana? Kini saatnya kamu menggunakan pin untuk menutupi bagian kemeja kamu yang bolong. Jadinya pin yang kamu miliki gak hanya dipasang di tas saja. Namun bisa kamu pakai menutupi bolongnya kemeja dan sekaligus membuat keren penampilan kamu.

Pilih pin yang memiliki ukuran lebih besar dari lubang pada kemeja kamu, dan sesuaikan dengan warna kemeja kamu yang bolong agar tidak terlalu terlihat menonjol. Pin ini akan lebih efektif untuk menutupi lubang yang berada di area sekitar dada.

Baca Juga: Tampil Santai, Ini 9 Ide Padu Padan Kemeja ala Ji Chang Wook

4. Sembunyikan lubang pada kemeja dengan cara berpakaian yang umum dilakukan

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja BolongIlustrasi menggulung lengan baju dan memasukkan baju ke celana (unsplash/sina rezakhani)

Jika ternyata bagian yang berlubang cukup kecil dan berada di area lengan kemeja panjang, kamu bisa dengan mudah menyembunyikannya dengan cara melipat lengan kemeja kamu.

Lipat mulai dari ujung lengan kemeja hingga menuju ke arah siku untuk tampilan yang kasual, sehingga orang-orang di sekitar kamu tidak sadar jika sebenarnya kamu sedang menutupi kemeja kamu yang bolong.

Jika ternyata bagian bolong berada di bawah kemeja, kamu juga bisa menyembunyikannya dengan mudah. Kamu tinggal memasukkan saja bawah kemeja kamu ke dalam celana. Cara ini bisa kamu lakukan saat harus berpenampilan formal.

Kamu juga harus pastikan agar bagian yang bolong tidak mencuat keluar saat kamu beraktivitas dengan bagian bawah kemeja dimasukkan ke celana ini ya, Bro. Karena biasanya pakaian yang dimasukkan ke dalam celana akan sedikit mencuat ke luar saat kita beraktivitas.

5. Tambah beberapa lubang lagi untuk gaya streetwear

Jangan Keburu Dijahit, Begini 5 Cara Mudah Atasi Kemeja BolongIlustrasi gaya streetwear dengan pakaian robek (unsplash/Matthew Fassnacht)

Kamu bisa kreasikan kemeja bolong untuk bergaya streetwear lho, Bro. Gaya jalanan dengan pakaian yang bolong dan robek kini sedang menjadi tren sehingga kamu juga bisa memanfaatkan kemeja bolong kamu untuk gaya ini.

Kamu bisa menambah sedikit robekan baru di kemeja kamu, lalu padukan dengan ripped jeans. Jika kamu kurang percaya diri memakainya, kamu juga bisa menjadikan kemeja bolong kamu jadi outer lho, Bro.

Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu tidak sayang untuk menambahkan robekan baru di kemeja kamu. Selain itu, pastikan kamu memakai gaya streetwear ini di tempat yang tepat ya, Bro. Acara nongkrong bersama teman-teman atau sedang santai menghabiskan waktu menikmati kota dengan gaya ini juga bisa lho.

Kini kamu gak perlu bingung lagi untuk mengatasi kemeja bolong kamu lagi, bukan? Silakan mencobanya.

Rijalu Ahimsa Photo Verified Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya