Comscore Tracker

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!

Cara mengenakannya mudah banget, kok!

Bagi setiap pria yang berniat untuk melakukan ibadah haji atau umrah, mereka wajib mengenakan pakaian ihram. Mungkin akan terlihat sulit untuk menggunakan kain ihram bagi yang awam. Hal tersebut dikarenakan penggunaan ihram yang tidak seperti baju atau pakaian lain pada umumnya.

Supaya kamu gak salah, coba deh ikuti tata cara memakai kain ihram yang benar berikut ini. Yuk, simak ulasannya di bawah ini sampai habis!

1. Kenali syarat-syarat penggunaan kain ihram

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!Kain ihram laki-laki (buynaksk.altijara.ru)

Pada dasarnya, ihram untuk pria terdiri dari dua lembar kain tanpa jahitan. Kain tersebut dipakai untuk menutup aurat sebagian atas dan seluruh bagian bawah. Kain ihram disunahkan berwarna putih.

Saat menggunakan kain ihram, calon jemaah pria harus menghindari beberapa perbuatan. Seperti bersetubuh, berkata kasar, membunuh hewan, hingga memotong rambut untuk tetap menjaga kesucian selama melakukan ibadah haji atau umrah.

2. Cara menggunakan kain ihram pada bagian bawah

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!Kain ihram laki-laki (hajjumrahplanner.com)

Siapkan selembar kain untuk menutupi bagian bawah. Tutup aurat mulai dari atas pusar hingga bagian bawah lutut. Kamu gak perlu khawatir, cara melipatnya cukup mudah karna hampir sama seperti penggunaan sarung.

Pastikan kain ihram terlipat sempurna dan jangan biarkan aurat terlihat saat duduk ataupun jongkok. Selain itu, lipatan pada kain ihram juga jangan terlalu kencang agar kamu bisa tetap berjalan dengan mudah.

3. Cara menggunakan kain ihram pada bagian atas

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!Kain ihram laki-laki (ajel.sa)

Selesai dengan bagian bawah, kamu bisa langsung menggunakan selembar kain yang tersisa untuk diselempangkan agar menutup bagian pundak kanan dan kiri. Kaitkan antara ujung satu sisi dengan yang lainnya agar tidak mudah lepas.

Ketika mulai tawaf, biarkan bagian pundak kanan terbuka, dan lipatan kain pada sisi satunya berada di bawah ketiak kanan. Setelah itu, kain ihram bisa kembali digunakan menutupi semua badan.

Baca Juga: Pelengkap Pakaian Ibadah, 10 Jenis Peci yang Pria Wajib Tahu

4. Cara mengenakan ihram pada anak laki-laki

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!Kain ihram laki-laki (aliexpress.com)

Gak perlu bingung, cara memakai kain ihram untuk anak laki-laki langkahnya sama seperti sebelumnya. Hal yang perlu dilakukan adalah menyesuaikan ukurannya saja. Yang pasti, orang tua harus memakaikan kain ihram pada anak senyaman mungkin.

Hal tersebut bertujuan agar kain ihram tidak mudah lepas. Terlebih, anak kecil lebih banyak bergerak daripada orang dewasa. Sebelum menggunakan kain ihram, disunahkan untuk berwudu dan mandi terlebih dahulu. Tentunya juga mengucapkan niat.

5. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat mengenakan kain ihram

5 Cara Memakai Kain Ihram yang Benar pada Pria, Perhatikan!Kain ihram laki-laki (stock.adobe.com)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan kain ihram. Sebisa mungkin, kain jangan melewati batas mata kaki saat mengenakannya pada bagian bawah. Gunakan kain ihram yang bersih, tidak dan boleh terkena kotoran. Kamu juga tidak perlu menggunakan pakaian dalam ataupun aksesori lain ketika mengenakan ihram.

Nah, itulah lima cara mengenakan kain ihram yang benar pada laki-laki. Agar ibadah haji atau umrah berjalan dengan nyaman, kamu wajib memerhatikan lima tips di atas saat mengenakan ihram!

Baca Juga: 5 Ide Padu Padan Baju Koko untuk Gaya Kasual, Cocok Dipakai Keseharian

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya