Comscore Tracker

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara Formal

Kamu tertarik mengenakan sepatu yang mana?

Pantofel selalu identik sebagai sepatu formal untuk pria. Namun, masih banyak berbagai jenis sepatu pria yang cocok dipadukan dengan outfit formal. Bahkan, beberapa sepatu tersebut memiliki desain klasik dan keren banget. Pas dikenakan sebagai pelengkap penampilan untuk acara kondangan hingga ngantor.

Nah, berikut ada lima jenis sepatu pria yang cocok untuk acara formal. Kira-kira ada jenis sepatu apa saja? Yuk, baca ulasannya di bawah ini.

1. Derby

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara FormalIlustrasi derby shoes (uniqlo.com)

Sepatu satu ini sering menjadi pilihan pelengkap penampilan formal pria. Ciri khas sepatu derby terletak pada ikatan tali sepatu yang terbuka atau open lacing. Ikatan tali sepatu yang terbuka tersebut dapat memberikan kesan fleksibel.

Kamu dapat memadukan sepatu derby dengan setelan jas ataupun kemeja formal yang rapi. Tinggal sesuaikan warnanya dengan outfit formal yang kamu kenakan.

2. Oxford

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara FormalIlustrasi oxford shoes (bukalapak.com)

Hampir mirip dengan pantofel, oxford shoes sebaiknya hanya dipakai untuk acara formal saja. Model tali sepatu yang tertutup membuat sepatu oxford gak begitu lentur. Desainnya yang timeless, dapat memberi kesan klasik pada penampilan.

Oxford shoes bisa jadi pilihan yang tepat jika kamu pertama kali membeli sepatu formal. Agar tetap awet, pilihlah sepatu oxford yang berkualitas.

3. Monk strap

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara FormalIlustrasi monk strap shoes (bukalapak.com)

Jika dibandingkan dengan lainnya, model sepatu monk strap lebih trendi dan stylish. Ciri khas dari sepatu ini ada pada tali kulit bahu pengikat yang cukup lebar. Biasanya, strap tersebut ada yang memiliki satu atau dua tali bahu.

Sepatu ini dapat kamu pakai untuk acara formal hingga smart-casual. Monk strap bakal meninggalkan kesan gaya ala Eropa yang kuat pada penampilanmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Sepatu Pantofel Bikin Penampilan Pria Makin Elegan

4. Wingtip

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara FormalIlustrasi wingtip shoes (kohls.com)

Walaupun sepatu jenis ini gak seformal pantofel, tapi mampu membuat penampilan tampak rapi dan stylish. Detail pointed toecap yang dimiliki sepatu ini memberikan kesan berkelas bagi penggunanya.

Kamu bisa memilih sepatu wingtip berwarna cokelat yang gak kalah versatile. Selain itu, mudah dipadukan dengan busana formalmu.

5. Penny loafers

Selain Pantofel, 5 Jenis Sepatu Pria Ini Cocok untuk Acara FormalIlustrasi penny loafers (ludwig-reiter.com)

Ciri khas dari penny loafers satu ini adalah penggunaan ban tali di lidah sepatunya. Ditambah dengan detail bagian dalam kulit yang dibuat celah berbentuk wajik. Kamu bisa memadukan sepatu ini dengan celana panjang yang digulung. Dijamin, penampilanmu akan terlihat lebih effortless sekaligus rapi lho, Bro!

Itulah lima jenis sepatu pria yang cocok dikenakan untuk acara formal. Kelima sepatu tersebut bakal bikin penampilan formalmu tampak makin menawan, lho!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Pantofel Pria Merek Lokal, Murah dan Elegan

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya