Comscore Tracker

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak Pudar

Cara yang mudah untuk merawat celana jeans #IDNTimesMen

Siapa sih yang gak suka mengenakan celana jeans hitam? Sepertinya para pria juga gemar mengenakan celana jenis ini. Apalagi celana hitam mudah dipadukan dengan aneka outfit warna lain. Namun, celana jeans hitam sering kali mudah luntur jika dibandingkan dengan lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa trik agar warna celana jeans hitam koleksi kamu gak pudar.

Khusus buat kamu, berikut ada enam tips merawat celana jeans hitam agar warnanya gak cepat pudar. Kira-kira bagaimana caranya? Coba baca sampai bawah, deh!

1. Jangan terlalu sering mencucinya

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi mencuci celana (unsplash.com/The Creative Exchange)

Tahukah kamu jika mencuci celana jeans hitam terlalu sering justru membuat warnanya menjadi pudar? Detergen yang kamu gunakan akan mengikis warna dari celana jeans. Jika tidak ingin warnanya pudar, sebaiknya atur frekuensi untuk mencuci.

Selain itu, kamu bisa menggunakan detergen khusus untuk pakaian berwarna gelap. Detergen jenis ini memiliki formula khusus untuk mencegah warna pudar. Walaupun tiap minggu kamu cuci, dijamin warnanya gak akan cepat pudar!

2. Cuci dengan menggunakan air dingin

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi mencuci celana (unsplash.com/Annie Spratt)

Penting memperhatikan temperatur air saat akan mencuci celana jeans hitam. Usahakan untuk tidak mencucinya dengan air hangat. Sebaliknya, cucilah celana jeans hitam menggunakan air dingin.

Air dingin akan membantu memelihara warna jeans agar tidak cepat pudar. Selain itu, lebih baik dicuci dengan tangan. Caranya rendam celana dalam larutan detergen selama 10 menit. Sikat hanya pada area yang bernoda, lalu angkat dan jemur.

3. Membalikkan bagian dalam ke luar saat mencuci atau mengeringkannya

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi celana jeans (unsplash.com/Leighann Blackwood)

Masih berkaitan dengan metode pencucian, tips satu ini juga ampuh mencegah warna luntur. Umumnya, celana jeans perlu dicuci setelah sepuluh kali pemakaian.

Sebelum mencucinya dengan tangan ataupun mesin cuci, jangan lupa untuk membalikkan bagian dalam ke luar. Begitu juga saat mengeringkannya, lakukan hal yang sama.

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Fakta dari Fungsi Kancing Kecil di Kantong Celana Jeans

4. Hindari menggunakan mesin pengering

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi mengeringkan celana (unsplash.com/Jason Leung)

Jangan pernah mengeringkan jeans di mesin pengering. Menggunakan mesin pengering dengan suhu panas akan memudarkan warna. Selain itu, membuat bahan jeans lebih cepat melar dan warnanya pudar.

Cara merawat jeans yang benar adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Gantung jeans dengan penjepit dan biarkan mengering dalam bentuk aslinya.

5. Setrika celana jeans hitam dalam keadaan terbalik

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi menyetrika (unsplash.com/Filip Mroz)

Kamu gak perlu sering-sering menyetrika jeans, kecuali saat terlihat sangat kusut. Panas dari setrika yang berlebihan juga bisa membuat warna jeans cepat pudar. Jika tetap ingin melakukannya, maka setrika celana dalam keadaan terbalik bagian dalam dan luarnya.

Lalu, mulai setrika kantong terlebih dahulu, lalu pinggang celana, hingga bagian kaki. Tekan setiap bagian selama beberapa detik lalu gosok dengan gerakan perlahan sampai licin dan rapi.

6. Jangan melipat saat menyimpannya di lemari

6 Tips Merawat Celana Jeans Hitam Pria agar Warnanya Gak PudarIlustrasi mencuci celana (unsplash.com/Maude Frédérique Lavoie)

Banyak orang yang melipat celana jeans hitam setelah mencucinya. Namun, cara tersebut justru membuatnya menjadi pudar. Melipat celana jeans bisa mengubah bentuk aslinya. Selain itu, juga akan terbentuk garis-garis putih yang tak diinginkan pada jeans. Setelah dicuci dan disetrika, sebaiknya simpan jeans hitam memakai hanger khusus celana.

Itulah enam tips mudah merawat celana jeans hitam agar warnanya gak mudah luntur. Jika kamu mengikuti tips tersebut, dijamin celana jeans hitammu bakal awet dan anti luntur, Bro. Jangan ragu-ragu untuk mencobanya!

Baca Juga: 6 Do's dan Dont's Pakai Celana Cargo Pria Agar Penampilanmu Gak Norak

Suci Wu Photo Verified Writer Suci Wu

hi, Hello :) let's be moot @yosnarij

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya