Comscore Tracker

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!

Biar nyaman dipakai saat beribadah

Baju koko merupakan salah satu pakaian pria yang digunakan untuk beribadah bagi yang beragama Islam. Baju ini sering dikenakan oleh banyak pria pada saat beribadah salat atau acara keagamaan seperti Idulfitri dan Iduladha.

Pakaian ini memiliki beragam jenis model dan juga motif. Namun gak cuma model dan motif saja yang harus kamu tahu tetapi juga bahan baju koko itu sendiri. Pasalnya, bahan baju koko akan mempengaruhi kenyamanmu ketika dikenakan.

Nah, biar aktivitas ibadahmu berjalan lancar dan nyaman dengan baju koko, berikut ini lima jenis bahan baju koko yang pria wajib tahu. Yuk, simak ulasannya.

1. Bahan linen

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!Ilustrasi bahan linen (unsplash.com/Hari AV)

Bahan baju koko yang pertama adalah bahan linen. Sesuai dengan namanya, bahan ini terbuat dari tumbuhan linen. Baju koko yang berbahan kain linen mempunyai karakter yang agak kaku, tebal, dan jatuh ke bawah sehingga terkesan mewah.

Bahan linen termasuk kedalam jenis bahan yang cenderung bagus. Oleh sebab itu, untuk merawat baju koko berbahan linen perlu perhatian khusus. Sebelum mencuci, sebaiknya kamu baca label yang tertera pada baju koko berbahan linen, apakah baju koko tersebut bisa dicuci seperti biasa atau dry cleaning.

2. Bahan katun

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!Ilustrasi bahan katun (unsplash.com/Thanos Pal)

Bahan katun jadi salah satu bahan yang sering kita temukan pada baju koko. Sebab, bahan katun memiliki kelebihan seperti teksturnya yang lembut dan adem sehingga nyaman dikenakan serta dapat menyerap keringat.

Namun, bahan katun juga memilih kelemahan yakni mudah kusut walaupun mudah halus saat disetrika. Bahan katun berasal dari tanaman kapas yang merupakan bahan alami dan kainnya memiliki pori-pori kecil untuk sirkulasi udara sehingga tidak kegerahan bagi yang memakainya.

3. Bahan rayon

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!Ilustrasi bahan rayon (unsplash.com/Bozhin Karaivanov)

Bahan rayon merupakan bahan campuran antara alami dan sintetis, yaitu semi sintetis. Bahan alaminya diambil dari pulp kayu yang kemudian diolah melalui proses kimia sehingga tidak seutuhnya bahan alami.

Bahan ini memiliki karakter gak gampang kusut serta mudah disetrika sehingga akan memberikan tampilan yang halus saat dipakai. Selain itu, bahan rayon juga mudah untuk diberi warna sehingga terdapat banyak model dan warna yang menarik.

Tapi, di balik karakter yang gak gampang kusut dan mudah diberi warna, bahan rayon juga
mempunyai tingkat ketahanan yang rendah. Sehingga butuh perhatian khusus untuk merawatnya agar terhindar dari pemudaran warna, jamur, dan menyusut akibat panas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Gamis Pria Terbaik, Tampil Elegan Saat Ibadah!

4. Bahan poliester

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!Ilustrasi bahan poliester (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bahan poliester jadi salah satu bahan baju koko yang terbuat dari serat sintetis. Kamu bisa jumpai baju koko yang menggunakan bahan ini, yang beredar banyak di pasaran. Hal itu bisa terjadi karena bahan ini cenderung lebih murah, gak gampang kusut, dan memberikan kesan penampilan mewah karena permukaannya yang mengkilap.

Namun, kelemahan bahan ini adalah cepat panas karena memiliki pori-pori yang rapat pada permukaan kainnya. Ada solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rasa panas saat dipakai karena bahan poliester dicampur dengan bahan katun. Kamu bisa cek seberapa banyak kadar campuran poliester dengan katunnya pada label baju koko.

5. Bahan baloteli

5 Jenis Bahan Baju Koko yang Kamu Harus Tahu Sebelum Membeli, Simak!Ilustrasi bahan baloteli (unsplash.com/Clément Vatté)

Bahan baloteli sering ditemui pada baju koko karena permukaan bahannya yang mempunyai tekstur khas, yaitu memiliki pola kotak-kotak bergaris kecil. Selain itu, bahan ini juga terkesan kasual saat dipadukan untuk baju koko karena tekstur kainnya. Sehingga sangat pas jika kamu ingin mencari baju koko yang untuk ibadah sehari-hari.

Perlu kamu tahu, bahan baloteli memiliki beberapa kelas, di mana biasanya kelas tertinggi akan terasa lebih adem dan nyaman digunakan. Oleh sebab itu, kamu harus perisak terlebih dulu kelas kain baloteli yang kamu pilih.

Nah, itulah lima jenis bahan baju koko yang pria wajib tahu. Pilihlah bahan baju koko yang sesuai dengan kenyamananmu agar aktivitas ibadahmu bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Songkok Hitam Terbaik, Harga Terjangkau!

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya