3 Tips 'Menikmati' Salat Idulfitri

Jangan begadang saat malam takbiran, ya!

Jakarta, IDN Times – Salat Idulftri adalah puncak dari ibadah puasa selama bulan Ramadan. Tidak mengherankan jika banyak dari kita berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menyambut hari besar itu.

Nah berikut ini trik yang bisa kamu lakukan agar ibadah salat Idulfitrimu bisa semakin khusyuk.

1. Hindari begadang di malam takbiran

3 Tips 'Menikmati' Salat IdulfitriUnsplash/Ali Arif Soydaş

Malam takbiran kerap dijadikan momen untuk begadang hingga pagi. Biasanya hal tersebut dilakukan untuk berkumpul dengan keluarga besar bahkan teman-teman.

Nah, agar kamu bisa lebih memaknai salat Idulfitri, hindarilah begadang di malam takbiran. Lebih baik, waktu tersebut kamu gunakan untuk bersitirahat. Agar keesokkan harinya, kamu bisa melalui rangkaian acara Idulfitri dengan fit.

2. Jangan lupakan sarapan

3 Tips 'Menikmati' Salat IdulfitriUnsplash/Toa Heftiba

Ada baiknya sebelum berangkat ke masjid sarapan terlebih dahulu. Selain untuk menambah tenaga, salat pun akan lebih nikmat.

Tapi tetap perlu diingat, sarapan yang dinikmati juga tidak perlu berlebihan. Karena sarapan pagi sebelum berangkat salat Idulfitri ini ditujukan supaya kamu tidak berangkat dengan perut kosong. Ditambah lagi, agar ibadah salat semakin khidmat.

3. Datang lebih pagi

3 Tips 'Menikmati' Salat IdulfitriUnsplash/ Thomas Young

Menyinggung poin pertama, dengan mempersiapkan diri untuk tidur lebih awal, kamu pun akan bangun lebih awal. Dengan begitu, kamu tidak perlu terburu-buru datang ke masjid.

Ditambah lagi, banyaknya umat muslim yang akan menjalankan ibadah salat Idulfitri juga akan membuat masjid penuh. Datang lebih awal akan memudahkanmu mencari tempat yang sesuai dan nyaman.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya