Comscore Tracker

Belum Ada Kepastian Kapan Rinjani Kembali Dibuka

Rinjani belum tahu kapan dibuka

Jakarta, IDN Times - Gempa yang mengguncang wilayah Lombok tidak hanya berdampak kerusakan pada rumah dan sarana prasarana di wilayah tersebut. Namun juga pada Taman Wisata Gunung Rinjani yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Atas terjadinya bencana tersebut, banyak pendaki yang terjebak saat melakuan pendakian. Namun kini, semua pendaki tersebut telah berhasil dievakulasi. Meskipun semua pendaki sudah berhasil dievakuasi oleh tim, belum ada waktu yang pasti kapan Taman Wisata Gunung Rinjani tersebut akan dibuka umum.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalma jumpa pers di Graha BNPN, Jakarta. 

1. Belum tahu kapan Rinjani akan dibuka untuk umum

Belum Ada Kepastian Kapan Rinjani Kembali DibukaBendera merah putih (Pixabay/arhnue)

Sutopo mengatakan hal yang terpenting saat ini adalah semua pendaki yang terjebak di Rinjani telah dievakuasi. Terdapat 1.091 pendaki yang akhirnya berbasil dievakuasi semua.

“Yang penting kondisinya sudah dievakuasi,” ujarnya. 

Baca Juga: Gempa NTB: BNPB Bantah Warga Malaysia Tewas di Gunung Rinjani

2. Awalnya tim melakukan evakuasi sendiri

Belum Ada Kepastian Kapan Rinjani Kembali DibukaTuris asing yang mendaki Gunung Rinjani berhasil turun gunung (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Saat terjadinya gempa, Sutopo mengatakan tim bergeak sendiri untuk melakukan evakuasi. Mereka semua turun sendiri dari jalur-jalur rute pendakian dan jalurnya memang dalam kondisi rusak.

“Pada tanggal 29 Juli 2018 itu evakuasi dilakuakn oleh tim SAR. Sebagian mereka turun sendiri dari jalur-jalur rute pendakian. Kita juga tidak tahu berapa rincian yang turun pada 29 Juli tersebut,” jelasnya. 

3. Jalur pendakian sangat membahayakan

Belum Ada Kepastian Kapan Rinjani Kembali DibukaIDN Times/Afriani Susanti

Sutopo mengatakan rute pendakian yang ada saat ini dalam kondisi berbahaua . banyak juga materi-materi yang longsor dan jatuh. “Kita belum bisa memastikan jalur pendakian Rinjani,” tutupnya. 

Baca Juga: Total 1.091 Pendaki Telah Dievakuasi dari Rinjani

Topic:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya