Fadli Zon Puji Abdul Somad Sebagai Tokoh Ulama Cerdas

Abdul Somad dinilai punya eksistensi di tengah masyarakat.

Jakarta IDN Times – Dalam pencalonannya di bursa calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto mendapatkan dua nama rekomendasi dari Ijtima Ulama sebagai pendampingnya. Dua nama tersebut yakni Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al Jufri dan Ustaz Abdul Somad (UAS).

 

Salah satu nama yang banyak menyita perhatian masyarakat tidak lain adalah Ustaz Abdul Somad. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra, Fadli Zon menilai sosok Somad memiliki pengetahuan yang luas.

 

“Saya kira memang ada beberapa fenomena dari sosok Ustaz Abdul Somad ini karena beliau adalah ulama yang mempunyai pengetahuan yang luas,” ungkapnya dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One, Selasa malam (7/8). 

1. Ustaz Abdul Somad Pernah mengenyam pendidikan di luar negeri

Fadli Zon Puji Abdul Somad Sebagai Tokoh Ulama CerdasANTARA FOTO/Feny Selly

Fadli Zon menjelaskan alasan mengapa sosok Ustaz Abdul Somad adalah pribadi yang memiliki pengetahuan yang luas. Karena latar belakang Abdul Somad sendiri yang pernah mengenyam pendidikan di Al-Azhar hingga Maroko.

 

”Beliau berangkat dari bawah dan mengetahui realitas yang ada di bawah,” jelasnya.

 

2. Eksistensi ulama sedang tinggi dalam beberapa tahun

Fadli Zon Puji Abdul Somad Sebagai Tokoh Ulama CerdasInstagram/@ustadzabdulsomad

Adanya nama-nama ulama yang diusulkan maju dalam bursa capres dan cawapres juga tidak terlepas dari naiknya eksistensi sosok ulama di masyarakat. Banyak peristiwa yang mendiskriminasikan ulama baik secara hukum maupun sosial. Sehingga memberikan kesadaran kepada masyarakat itu sendiri.

 

“Bentuk kriminalisasi terhadap ulama sehingga menyebabkan eksistensi ulama sangat strategis karena dilihat ternyata memiliki faktor elektroral. Hal ini bisa dilihat dari percakapan di media sosial yang cukup besar terhadap sosok Ustaz Abdul Somad ini,” jelasnya.

 

3. Perlunya mendengarkan masukan dari berbagai kalangan termasuk ulama

Fadli Zon Puji Abdul Somad Sebagai Tokoh Ulama CerdasInstagram/@ustadzabdulsomad

Adanya rekomendasi masuknya sosok ulama maju ke pencalonan presiden dan calon presiden merupakan sebuah hasil diskusi yang disampaikan oleh masyarakat, dalam hal ini para ulama.

 

“Saya kira Itjima Ulama itu tentu atas masukan yang begitu konstruksif selama tiga hari. Sangat penting mendengarkan suara rakyat dari bawah dan tokoh-tokoh ulama di Indonesia. Juga dikonsultasikan ke ulama dan juga dikomunikasikan dengan partai politik,” tuturnya.

 

Baca Juga: Zulkifli Hasan Bertemu Jokowi di Istana, Ini Tanggapan Gerindra

4. Mengenal pemikiran Ustaz Abdul Somad mengenai kebangsaan

Fadli Zon Puji Abdul Somad Sebagai Tokoh Ulama CerdasInstagram/@ustadzabdulsomad

Fadli juga mengatakan pihaknya melakukan komunikasi dengan Abdul Somad untuk bisa mengetahui pemikiran ulama tersebut terutama mengenai kebangsaan dan kenegaraan.

 

“Saya yakin beliau adalah sosok yangcerdas. Tapi kami juga ingin tahu pokok-pokok pikirannya seperti apa mengenai kenegaraan dan kebangsaan,” ujarnya.

 

Baca Juga: Prabowo Hormati Keputusan Ustaz Somad Tetap Jadi Pendakwah

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya