Comscore Tracker

Ini Rangkaian Tes Kesehatan Capres Cawapres

Dua pasangan calon akan tes kesehatan di hari berbeda

Jakarta, IDN Times - Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden telah selesai dilakukan. Dua pasangan capres cawapres tersebut dijadwalkan akan melaksanakan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. 

Dua kubu paslon capres tersebut akan menjalani tes kesehatan di waktu yang berbeda. Joko Widodo - Ma'ruf Amin pada 12 Agustus 2018. Sedangkan pasangan Prabowo - Sandiaga Uno akan tes kesehatan pada 13 Agustus 2018.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari mengatakan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh calon presiden dan wakil presiden sebelum menjalani tes kesehatan tersebut.

1. Puasa 8 jam sebelum mulai pemeriksaan

Ini Rangkaian Tes Kesehatan Capres CawapresANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Hasyim mengatakan kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden ini akan sama-sama menjalani puasa selama delapan jam.

Sebelum akhirnya mereka mulai menjalani rangkaian tes pemeriksaan.

2. Minum banyak air putih

Ini Rangkaian Tes Kesehatan Capres CawapresANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Selain menjalani puasa selama 8 jam, pasanganm calon presiden dan wakil presiden ini juga harus mengkonsumsi air putih sebelum menjalan tes kesehatan. 

"Paginya dimulai jam 8 pagi tes kesehatannya. Sehingga jam 6.30 disarankan minum air putih untuk pemeriksaan urin," jelasnya.

Baca Juga: Ayah Sandiaga: Siapa Suruh Masuk Politik? Tanggung Risikonya

3. Dari rambut hingga kaki semua akan diperiksa

Ini Rangkaian Tes Kesehatan Capres CawapresIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Hasyim memastikan bahwa tes kesehatan yang dilakukan mulai dari pemeriksaan rambut hingga kaki. Hal ini bertujuan untuk menentukan apakah capres cawapres yang diusung ini bisa memimpin bangsa. 

"Jadi mulai dari mata, telinga, gigi hingga di dalamnya semua diperiksa. Termasuk kemampuan rohani, nanti akan ada psikotesnya juga," katanya.

Baca Juga: Cerita Ma'ruf Amin Ditawari Cawapres Jokowi Saat Last Minute

Line IDN Times

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You