Kampanye Damai: Jokowi Pakai Udeng Bali, Prabowo Blangkon Jawa

Susilo Bambang Yudhoyono datang bersama jajaran Demokrat

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan kampanye damai yang akan menandai dimulainya masa kampanye bagi pasangan calon presiden dan calon presiden yang akan berkontestasi pada Pilpres 2019. Kampanye damai ini dilaksanakan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (23/9).

Karnaval kampanye damai ini juga akan diikuti oleh kedua calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo - Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Dalam karnaval ini semua peserta diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat.

1. Paslon Prabowo-Sandiaga datang lebih dulu

Kampanye Damai: Jokowi Pakai Udeng Bali, Prabowo Blangkon JawaIDN Times/Afriani Susanti

Dari pantauan IDN Times, pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno sudah datang lebih dulu. Keduanya kompak mengenakan baju adat Jawa dengan warna seragam, yakni krem. 

Bedanya, Prabowo mengenakan blangkon di atas kepalanya. Sementara Sandiaga memilih mengenakan peci.

Tepat di depan Prabowo-Sandiaga Uno duduk, panggung megah sudah berdiri dengan menyuguhkan berbagai lagu. Prabowo bahkan sempat terlihat sangat menikmati musik dengan menggoyangkan badannya sesekali. Hal itu pula yang juga dilakukan oleh Sandiaga sembari menunggu dimulainya acara.

2. Jokowi kenakan pakaian adat Bali, Ma'ruf Betawi

Kampanye Damai: Jokowi Pakai Udeng Bali, Prabowo Blangkon JawaIDN Times/Afriani Susanti

Dalam kampanye damai ini, Joko 'Jokowi' Widodo terlihat menggunakan pakaian adat bali. Lengkap dengan udeng atau ikat kepala khas Bali yang senada dengan kain yang melekat di atas celana bahan hitamnya.

Sementara itu, Ma'ruf Amin menggunakan setelah safari abu-abu ala Betawi yang menjadi khasnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Kampanye Damai, Prabowo-Sandiaga Kompak Kenakan Adat Jawa

3. SBY hadir bersama AHY dan Ibas Yudhoyono

Kampanye Damai: Jokowi Pakai Udeng Bali, Prabowo Blangkon JawaIDN Times/Afriani Susanti

Selain capres cawapres yang hadir, sejumlah pejabat juga ikut hadir. Antara lain terlihat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Yudhoyono (AHY), Ibas, Zulkifli Hasan, pejabat Bawaslu hingga KPU.

Baca Juga: [LINIMASA] Kampanye Damai Jokowi-Ma'ruf 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya