Mengenal Rumah-Rumah Pengasingan Soekarno

Soekarno sempat menjadi tahanan politik pemerintah Belanda

Jakarta, IDN Times - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, penting bagi anak bangsa melihat sejarah, di antaranya sejarah tentang Presiden pertama RI Soekarno. Tidak bisa dipungkiri Soekarno di antara sosok paling berjasa, karena membawa Indonesia merdeka seperti sekarang ini.

Di balik kemerdekaan yang berhasil diperjuangkan, ada cerita menarik lainnya yang juga perlu dikenali bagi generasi millennials. Salah satunya, saat Soekarno diasingkan oleh penjajah bangsa Indonesia.

Selama menjadi tahanan politik, Soekarno diasingkan di dua rumah berbeda. Pertama, Soekarno pernah diasingkan ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian dia juga diasingkan di Bengkulu.

1. Soekarno sempat frustrasi diasingkan ke Ende

Mengenal Rumah-Rumah Pengasingan Soekarnoesdm.go.id

Soekarno merasa frustrasi saat dirinya diasingkan ke Ende oleh pemerintah Hindia Belanda. Terbiasa berada di lingkungan yang ramai dan banyak berinteraksi dengan banyak orang, membuat Soekarno frustasi karena harus diasingkan di tempat yang sunyi.

Selama menjalani penasingan, Soekarno banyak mendapatkan pengawasan super ketat dari pemerintah Hindia Belanda. Ia mendekam di rumah pengasingan tersebut selama empat tahun pada 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938.

Meski di tengah rasa frustrasi yang dihadapinya, Soekarno tidak pernah menyerah. Dia bangkit dan mulai menjalin komunikasi dengan warga sekitar. Semua kalangan diajaknya berkomunikasi, termasuk dari berbagai agama. Selain itu, Soekarno juga banyak menghabiskan waktu untuk membaca dan berdialog dengan banyak misionaris.

Baca Juga: Sejarah Peci, Soekarno Orang RI Pertama yang Memadukannya dengan Jas

2. Saat cinta Soekarno dengan Fatmawati bersemi di rumah pengasingan Bengkulu

Mengenal Rumah-Rumah Pengasingan SoekarnoTwitter/@Remaja_Bengkulu

Siapa menyangka pengasingan Soekarno sebagai tahanan politik dari Ende ke Bengkulu menjadi cikal bakal berseminya cinta dengan Ibu Fatmawati. Setelah empat tahun mendekam di rumah pengasingan di Ende, Soekarno dipindahkan ke rumah pengasingan di Bengkulu.

Soekarno menempati rumah pengasingan di Bengkulu pada 1938 hingga 1942. Di sana jugalah, Soekarno akhirnya bertemu Fatmawati, hingga mempersuntingnya menjadi istri yang memberinya lima anak.

Rumah pengasingan di Bengkulu memiliki satu ruang kerja yang terletak di bagian depan, satu ruang tamu dan dua kamar tidur keluarga. Rumah pengasingan tersebut berada di jantung kota Bengkulu.

3. Menjadi wisata sejarah yang menarik dikunjungi

Mengenal Rumah-Rumah Pengasingan Soekarnobatamnews.co.id

Dari dua rumah pengasingan Soekarno saat menjadi tahanan politik oleh Pemerintah Hindia Belanda, rumah pengasingan yang berada di Bengkulu, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikenal masyarakat.

Para pengunjung bisa datang langsung ke rumah pengasingan tersebut, untuk menilik sejarah hingga berswafoto.

Buat kamu yang punya rencana wisata ke dua kota ini, jangan lupa mampir ke rumah pengasingan Soekarno ya guys.

Baca Juga: 5 Kutipan Bijak Soekarno ini Mengajarkan Kamu Tentang Optimis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Rochmanudin
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya