Pemda Siapkan Angkutan Bus Gratis di Bandara Ngurah Rai Bali

Ada 50 bus yang disiapkan untuk mengangkut ke luar Bali

Jakarta, IDN Times – Pemprov Bali menyiapkan transportasi darat bagi para penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang gagal berangkat. Transportasi yang disiapkan sendiri oleh pemda berupa bus gratis.

Beberapa penumpang gagal berangkat disebabkan adanya abu vulkanik yang menutup sebagian wilayah udara bandara. Data dari Kementerian Perhubungan menyebut sebanyak 446 penerbangan domestik dan internasional terdampak akibat hembusan abu vulkanik Gunung Agung pada Jumat (29/6).

Saat jalur udara gak berfungsi, maka salah satu jalur yang bisa ditempuh untuk masuk atau keluar dari Pulau Dewata adalah jalur darat. Itu pula yang menjadi alasan bagi Pemprov Bali menyiapkan bus gratis bagi para penumpang. Lalu, dari mana warga bisa memanfaatkan fasilitas bus tersebut?

1. 50 Bus gratis disiapkan dari Terminal Mengwi ke Pelabuhan Padang Bai

Pemda Siapkan Angkutan Bus Gratis di Bandara Ngurah Rai Bali balifreeinformation.blogspot.com

Gubernur Provinsi Bali, I Made Mangku Pastika mengatakan ada sekitar 50 bus yang disiapkan selama fasilitas bandara ditutup. 50 bus berfungsi sebagai alih moda transportasi untuk mengantarkan calon penumpang ke luar dan menuju ke Pulau Bali. Anggarannya, akan diambil dari Pemprov Bali dan Pemkab Badung.

Bus tersebut akan mengangkut calon penumpang dari Bandara Ngurah Rai ke Surabaya atau ke Pelabuhan Padang Bai untuk menyeberang ke Pulau Lombok.

"Kami tinggal menjalankan SOP yang sudah kami susun dan belajar dari pengalaman yang lalu untuk menangani persoalan ini," ujar Pastika yang ditemui media pada Jumat (29/6) dan dikutip dari kantor berita Antara.

Berdasarkan data dari PT Angkasa Pura I, hingga pukul 10:00 WITA tadi sudah ada dua bus yang diberangkatkan dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kedua bus itu terdiri dari satu unit bus Damri tujuan Surabaya dengan 43 penumpang dan satu unit bus pariwisata tujuan Padang Bai dengan kapasitas 14 orang.

 2. Warga Bali gak bisa menolak bencana alam 

Pemda Siapkan Angkutan Bus Gratis di Bandara Ngurah Rai Bali www.twitter.com/@Sutopo_PN

Dalam pandangan Pastika, peristiwa erupsi Gunung Agung merupakan bencana alam yang gak bisa ditolak. Yang bisa mereka lakukan adalah bagaimana bisa mengatasi permasalahan itu dengan semua pihak.

"Kita tidak bisa menolak ini, karena kan ini bencana alam. Kami akan berusaha sekuat tenaga bersama seluruh stakeholder untuk menangani dengan sebaik-baiknya," kata Pastika.

3. Calon penumpang akan diberikan refund 

Pemda Siapkan Angkutan Bus Gratis di Bandara Ngurah Rai Bali AFP PHOTO/Juni Kriswanto

Sementara, bagi calon penumpang yang gagal melakukan perjalanan udara karena bandara ditutup sementara waktu, maka maskapai akan memberlakukan kebijakan mereka, dimulai dari pengalihan rute hingga pengembalian penuh uang pembelian tiket.

“Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan maskapai untuk menyediakan pusat informasi pelayanan pengembalian uang dan penjadwalan ulang tiket untuk calon penumpang yang sudah memesan tiket,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi melalui keterangan tertulisnya pada hari ini.

AP I turut mengimbau kepada publik agar terus memantau perkembangan Gunung Agung. AP I telah bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiika (BMKG), Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan dan AirNav Indonesia guna memantau pergerakan arah angina dan penyebaran abu debu vulkanik yang diakibatkan oleh erupsi Gunung Agung.

Topik:

Berita Terkini Lainnya