Polisi Kerahkan 4.000 Personel di Depan Kantor KPU

Mereka akan berjaga hingga proses pendaftaran capres selesai

Jakarta, IDN Times - Pengamanan di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) diperketat jelang hari akhir pendaftaran para capres dan cawapres pada Jumat (10/8). Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes (Pol) Roma Hutajulu, ada sekitar 4.000 personel yang dikerahkan untuk mengamankan jalannya pendaftaran hari ini. 

Ribuan personel itu terdiri dari unsur TNI, Polri, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya. 

"Kurang lebih ada sekitar 4.000 pasukan terdiri dari TNI, Polri, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya," ujar Roma yang ditemui media di depan kantor KPU pagi ini. 

Lalu, bagaimana sistem pengamanan di depan kantor KPU?

1. Terdiri dari tiga ring

Polisi Kerahkan 4.000 Personel di Depan Kantor KPU(Suasana di kantor KPU pada saat pendaftaran capres) IDN Times/Afriani Susanti

Menurut Roma, pola pengamanan menggunakan tiga ring, yakni ring 1 di dalam KPU, ring 2 di halaman KPU dan ring 3 di jalan sekitar KPU.

"Kami siap mengamankan jalannya pendaftaran capres dan cawapres hingga selesai," ujar Roma.

Baca Juga: Jadi Paslon Capres-Cawapres, Berapa Kekayaan Jokowi dan Ma'ruf Amin

2.Aparat siapkan tempat bagi masing pendukung

Polisi Kerahkan 4.000 Personel di Depan Kantor KPUPengemudi ditilang karena melanggar aturan ganjil genap ( ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Roma juga mengatakan bahwa tim pengamanan sudah menyiapkan sendiri tempat bagi pendukung kedua kubu. Lokasinya berada di depan gedung KPU. 

"Kami telah siapkan tempat representatif bagi masing-masinh pendukung," jelasnya.

3.Jalan di depan kantor KPU akan ditutup selama masa pendaftaran

Polisi Kerahkan 4.000 Personel di Depan Kantor KPUANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Roma juga meminta maaf kepada pengguna jalan karena di sepanjang jalan Imam Bonjol hingga ke arah Bundaran HI, karena ditutup sementara waktu. Namun nanti pada salat Jumat sebagian jalan akan dibuka. Sementara jalan yang ada tepat di depan KPU akan tetap ditutup.

"Tetapi satu jalur di depan KPU akan tetap ditutup mengantisipasi masing-masing capres dan cawapres untuk masuk dengan kendaraan yang sudah ditentukan oleh KPU," kata Roma.

Baca Juga: Jadi Cawapres Jokowi, Begini Komentar Ma'ruf Amin

Topik:

Berita Terkini Lainnya