Safari ke Markas PDIP, Ini Pesan Ketua Bawaslu Terkait Pilpres

Parpol diharapkan memilih calon yang bersih dan kredibel

Jakarta, IDN Times - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) ingin memastikan para calon yang akan diusung partai politik adalah kandidat yang kredibel. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bawaslu pun melakukan safari kunjungan ke para pimpinan partai untuk memberikan sosialisasi terkait dengan pengawasan pencalonan pileg dan pilres. 

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan, pertemuan yang digagas Bawaslu kepada pimpinan politik ini sebagai tradisi yang akan dibangun kepada partai politik ke depannya. Selain itu, juga Bawaslu sendiri ingin lebih bersinergi dengan para partai politik selaku peserta politik.

"Dan hari ini bisa bersilahturahmi di PDIP. Kami harus bersinergi dengan partai politik selaku peserta pemilu. Tugas penyelenggara pemilu adalah melayani peserta pemilu," ujarnya di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Rabu (11/7).

1. Kesuksesan Pilkada 2018 jadi modal pelaksanaan Pilpres yang sukses

Safari ke Markas PDIP, Ini Pesan Ketua Bawaslu Terkait PilpresIDN Times/Sukma Shakti

Dalam pertemuan tersebut, Abhan mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak 2018 ini bercita rasa Pilpres karena diikuti oleh 152 juta pemilih. Meskipun ada beberapa catatan dalam pelaksanaan Pilkada 2018 ini, namun kesuksesan tersebut tetap menjadi modal dalam pelaksanaan pilpres ke depan.

"Baru saja kita melaksanakan Pilkada 2018. Meskipun terdapat sejumlah catatan, namun secara umum bisa dikatakan sukses," ujarnya. 

2. Meningkatkan kualitas pengawasan oleh Bawaslu

Safari ke Markas PDIP, Ini Pesan Ketua Bawaslu Terkait PilpresIDN Times/Linda Juliawanti

Bawaslu juga berharap kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2018 kemarin bisa semakin meningkatkan kualitas pengawasan. Sehingga pelaksanaan Pilpres nanti bisa lebih baik.

"Jadi modal kami untuk meningkatkan kualitas pengawasan. Bahwa saat ini tahapan dalam pemilu sangat penting, dalam tahapan awal soal pencalonan, tahapan pilkada atau legislatif atau Pilpres sekali pun adalah krusial," jelasnya.

3. Diharapkan Partai PDIP siapkan kader yang amanah dan bersih

Safari ke Markas PDIP, Ini Pesan Ketua Bawaslu Terkait PilpresIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Abhan juga berharap agar PDI Perjuangan menyiapkan calon-calon yang nantinya akan menduduki kursi baik di DPR atau DPRD adalah mereka yang amanah dan bersih. Mereka juga jauh dari berbagai sengketa.

"Kalau banyak persoalan, imbasnya akan ke Bawaslu pada masalah sengketa proses. PDIP mempersiapkan diri untuk calon yang akan duduk di DPR atau DPRD harus yang amanah dan seorang politisi yang bersih," jelasnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya