Sedot Dana Rp 1 Triliun, Kampus Islam Berskala Internasional Segera Dibangun

Peletakan batu pertama akan dilakukan Selasa (5/6).

Jakarta, IDN Times – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Indonesia akan membangun kampus berbasis Islam level internasional, yakni Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Kampus tersebut akan dibangun di Cisalak, Sukmajaya, Depok. Dan peletakan batu pertama akan dilakukan besok, Selasa (5/6).

.

1. Sebagai pusat nilai-nilai agama

Sedot Dana Rp 1 Triliun, Kampus Islam Berskala Internasional Segera DibangunIDN Times

Menteri Lukman mengatakan sudah sepatutnya Indonesia memiliki kampus berbasis Islam dengan skala internasional populasi umat Islam di Indonesia terbanyak di dunia.

“Sebagai negara dengan muslim terbesar di dunia dan paham yang dinilai moderat bisa menerapkan nilai-nilai agamar di tengah kemajemukan, sudah semestinya ada universitas Islam bertaraf internasional,” ujarnya. 

2. Anggaran tidak sepenuhnya dari APBN

Sedot Dana Rp 1 Triliun, Kampus Islam Berskala Internasional Segera DibangunIDN Times

Untuk membangun universitas berkelas dunia ini, dana yang dibutuhkan hampir Rp 1 T. Lukman mengatakan dana dalam pembangunna kampus ini tidak sepenuhnya diambil dari APBN. 

“Tapi untuk awalan, besok akan ada groundbreakingnya. Tapi ini tidak sepenuhnya dari APBN, karena sebagian juga ada dari pihak dan donor asing, mengingat pentingnya keberadaan kampus ini,” ucapnya.

3. Program strategis nasional

Sedot Dana Rp 1 Triliun, Kampus Islam Berskala Internasional Segera DibangunIDN Times

Lukman juga menyebutkan jika pembangunan kampus berbasis Islam dengan skala internasional ini merupakan program strategis nasional. 

“Untuk kampus-kampus seperti UIN memang sudah ada yang fokus pada pembahasan Islam, namun prodi yang terdapat di dalamnya masih belum dapat merepresentasikan perguruan tinggi Islam,” katanya.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya