Tips bagi Millenials yang Mudik Seorang Diri

Tetap aman mudik seorang diri

Jakarta, IDN Times – Agenda mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan jelang Hari Raya Idul Fitri, terutama mereka yang harus hidup merantau dan jauh dari keluarga. Tidak sedikit dari generasi millennials yang harus tinggal berjauhan dari keluarga, baik untuk kuliah maupun bekerja.

Demi bisa berkumpul dengan keluarga, mudik pun menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Meskipun, mereka harus pulang ke kampung halaman seorang diri dari tempat rantauan mereka. Persiapan yang dilakukan bagi generasi millennials yang ingin mudik seorang diri tentu berbeda dengan mereka yang pergi bersama-sama keluarga.

Berikut ini, tips yang bisa generasi millannials ikuti, terutama bagi mereka yang harus menjalani mudik seorang diri ke kampung halaman, agar tetap aman dan nyaman. 

1. Hindari membawa barang terlalu banyak

Tips bagi Millenials yang Mudik Seorang DiriUnsplash/Vidar Nordli-Mathisen

Tidak jarang kita melihat orang-orang yang hendak pulang ke kampung halaman membawa berbagai macam barang. Baik koper atau tas yang lebih dari satu, hingga kardus-kardus yang berisikan oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halaman.

Bagi generasi millennials yang berencana mudik seorang diri, hindari membawa barang yang berlebihan. Jangan sampai, barang-barang yang dibawa justru membuatmu kesulitan bahkan kelelahan. Bawalah barang secukupnya yang mudah untuk diawasi. Sehingga perjalanan mudik juga tidak akan menyusahkanmu.

2. Simpan barang-barang berharga dengan tepat

Tips bagi Millenials yang Mudik Seorang DiriIDN Times/Indiana Malia

Meskipun harus mudik seorang diri, namun tetaplah teliti dalam menyimpan barang-barang berharga. Salah satu cara yang bisa dilakukan mungkin dengan tidak menjadikan semua barang berharga di satu tempat saja. Jika membawa uang yang lebih, uang tersebut bisa dipisahkan di beberapa saku atau dompet.

Hal ini ditujukan jika sewaktu-waktu kejadian nahas seperi kecopetan terjadi, masih ada simpanan uang di saku atau tempat lainnya. Selain itu, hindari juga untuk menggunakan barang-barang berharga seperti emas saat hendak mudik. Lebih baik, pikirkan untuk menggunakan pakaian yang nyaman, terlebih untuk generasi millennials yang harus menempuh jarak yang jauh saat mudik.

3. Bawa barang kesayangan yang bisa menemani perjalanan

Tips bagi Millenials yang Mudik Seorang Diripexels.com/ JÉSHOOTS

Hal ini mungkin bisa menjadi penyelamat sepanjang perjalanan mudik. Jarak tempuh yang jauh, bisa membuat generasi millennials kerap bosan. Untuk itu, jangan lupa membawa sejumlah barang kesayangan untuk menemani perjalananmu.

Barang-barang yang bisa dibawa seperti buku, iPod, hingga gadget. Ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengusir kepenatan, termasuk kecanggungan saat tidak ada teman bicara di dalam perjalanan mudik. 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya