Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Dancing fountain kerap menjadi ikon dan atraksi pariwisa

Jakarta, IDN Times -- Belakangan ini ramai di media sosial daftar air mancur menari  terbaik di dunia, salah satunya Indonesia. Air mancur menari atau dancing fountain  adalah sebuah pertunjukan dari teknologi tinggi yang membuat semburan air dengan  pola-pola yang indah dengan diiringi musik dan pertunjukan cahaya atau lighting yang  menawan.

Dancing fountain ini kerap menjadi ikon dan atraksi pariwisata karena menghadirkan atraksi seru ditambah dengan karya seni dan pertunjukan yang indah dan megah. Berikut ini merupakan dancing fountain terbaik di dunia yang baru-baru ini viral di media sosial:   

1. Spectra Light & Water Show–Marina Bay Sands, Singapore

Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!Spectra Light & Water Show – Marina Bay Sands, Singapore. (https://id.marinabaysands.com/)

Berdurasi sekitar 15 menit, air mancur Spectra Light and Water Show ini menampilkan  pertunjukan laser, cahaya, gerakan air, grafis, serta belakang suara dan musik yang  apik. Air mancur menari-nari mengikuti musik soundtrack orkestra orisinal yang  disusun oleh produser dan komposer musik Singapura, Kenn C dengan gabungan teknologi visual yang menarik.

Air mancur menari ini menceritakan perjalanan Singapura dari sejumlah masyarakat yang multikultural hingga menjadi kota kosmopolitan dengan gambaran visual yang merepresentasikan metaforis dari kehidupan sosial Singapura dengan berbagai kompleksitasnya. 

Baca Juga: Jelang Lebaran, InJourney Pastikan Kesiapan Destinasi Wisata Candi

2. West Lake Musical Fountain–Hangzhou, China

Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!West Lake Musical Fountain – Hangzhou, China. (China Discovery)

Berada di West Lake Kota Hangzhou, air mancur menari West Lake Musical Fountain  berada tepat di Grand Hyatt Hotel dan lokasinya mudah ditemukan. Air mancur musikal ini merupakan salah satu landmark budaya di Hangzhou dan menjadi salah satu air mancur musikal paling terkenal dan dihormati.

Sempat ditutup pada 2020 untuk perbaikan, namun pada Juli 2023 kembali dibuka. Dengan memperlihatkan keindahan Danau Barat Hangzhou yang indah, pertunjukan air  mancur menari ini dimulai pada pukul 19.30 waktu setempat. 

3. Tirta Cerita–TMII, Indonesia

Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!Tirta Cerita – TMII, Indonesia. (Dok. InJourney)

Air mancur menari yang satu ini masuk ke dalam daftar air mancur menari terbaik di  dunia. Siapa yang tak asing dengan namanya? Ya, Air Mancur Menari “Tirta Cerita” ini terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pertunjukan spektakuler ini merupakan karya anak bangsa dengan pertunjukan drone terbesar di Asia Tenggara.

Tirta Cerita berada di dalam kawasan TMII tepatnya di Danau Archipelago yang  merupakan miniatur kepulauan Indonesia. Dalam pertunjukan ini kita bisa melihat  harmonisasi aransemen musik dengan video mapping spektakuler dengan menghadirkan atraksi sebanyak kurang lebih 300 drone

Selain harmonisasi antara air mancur menari, musik, dan drone, di Tirta Cerita juga  ditampilkan teknologi waterscreen yang menampilkan 8 cerita rakyat atau dongeng.  Dongeng tersebut ialah Si Kancil dan Buaya, Keong Emas, Roro Jonggrang, Timun  Emas, Bawang Merah dan Bawang Putih, Lutung Kasarung, Malin Kundang, dan Ande Ande Lumut.  

Sejak diresmikan pada tanggal 1 September 2023, TMII yang dikelola oleh Holding  BUMN Pariwisata dan Pendukungnya, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney ini telah ditonton oleh jutaan pasang mata. Untuk masyarakat yang belum sempat melihat, tak perlu khawatir karena Tirta Cerita hadir setiap hari mulai pukul 18.45 WIB di Danau Archipelago tepatnya di depan anjungan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Selain itu, TMII juga menyajikan program seru selama libur lebaran yakni Jelajah Seru  Lebaran yang berlangsung 8-15 April 2024 pukul 18.45 WIB. Terdapat bazar kuliner  nusantara, pesta seni dan budaya, serta air mancur menari Tirta Cerita tentunya juga  hadir untuk mengisi libur lebaran bagi masyarakat yang berada di Jakarta dan  sekitarnya.  

4. Disney Illuminated Fountain Show–Longwood Gardens, USA

Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!Disney Illuminated Fountain Show – Longwood Gardens, USA. (https://longwoodgardens.org/)

Terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat, Disney Illuminated Fountain Show merupakan sebuah pertunjukan air mancur bercahaya dengan menampilkan berbagai genre musik dari klasik hingga rock serta lagu-lagu bertemakan Disney. Pertunjukan air mancur menari ini kurang lebih berlangsung sekitar 15-30 menit. 

5. The Dubai Fountain–Dubai, Uni Emirat Arab

Daftar 5 Air Mancur Terbaik di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!The Dubai Fountain. (recous.com)

Air mancur menari The Dubai Fountain ini terkenal sebagai air mancur menari terbesar di dunia dengan ukuran yang sangat besar dan arsitektur yang indah. Dilengkapi dengan pertunjukan koreografi unik dan cahaya yang memukau serta alunan musik klasik dan kontemporer, air mancur menari ini terletak di Danau Burj Khalifa di pusat pengembangan Downtown Dubai.

Dengan diterangi oleh sekitar 6.600 lampu dan 50 protektor berwarna, air mancur menari ini memiliki panjang 275m dan mengarahkan air ke udara dengan tinggi 152,4m. (WEB)

Baca Juga: Mudik Asyik Bersama BUMN 2024: InJourney Group Berangkatkan Pemudik

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya