Sambangi Indragiri Hilir,Wamentan Dorong Inovasi dan Hilirisasi Kelapa

Kelapa memiliki banyak produk turunan yang bernilai tinggi

Jakarta, IDN Times -- Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mendorong inovasi dan hilirisasi kelapa dalam sebagai kekuatan ekonomi bagi masyarakat di Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Menurut dia, komoditas kelapa dalam memiliki potensi pasar yang cukup luas baik lokal maupun ekspor.

Diketahui, komoditas kelapa memiliki banyak produk turunan, seperti kerajinan batok kelapa, arang briket, dan produk makanan olahan lain yang sudah pasti memiliki nilai jual tinggi.

1. Kementan mendorong proses tanam serta peningkatan produksi dan hilirisasi agar lebih berkelanjutan

Sambangi Indragiri Hilir,Wamentan Dorong Inovasi dan Hilirisasi KelapaWamentan Harvick saat berdialog dengan sejumlah masyarakat Pulau Kijang, Kamis, 24 Agustus 2023. (Dok. Kementan)

Meski demikian, harga kelapa saat ini cendrung turun meskipun masih dalam batas wajar.

"Kalau masalah harga ini kan fluktuatif. Artinya, bisa disebabkan juga oleh pergerakan harga internasional. Tapi, kita bisa melakukan kiat-kiat efisiensi soal tanam atau meningkatkan produksi dan hilirisasi agar lebih sustainable," ujar Wamentan Harvick saat berdialog dengan sejumlah masyarakat Pulau Kijang, Kamis, 24 Agustus 2023.

Dengan demikian, Wamentan melanjutkan, produk-produk kelapa ini bukan hanya sekadar di hulu, melainkan juga bisa dijadikan produk hilir.

Baca Juga: Selamatkan Sawah Terancam Gagal Panen di Sulsel, Kementan Lakukan Ini

2. Inovasi dan hilirisasi harus dilakukan secara cepat agar masyarakat memiliki penghasilan yang meningkat

Sambangi Indragiri Hilir,Wamentan Dorong Inovasi dan Hilirisasi KelapaWakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi mendorong inovasi dan hilirisasi kelapa dalam sebagai kekuatan ekonomi bagi masyarakat di Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. (Dok. Kementan)

Wamen mengatakan, inovasi dan hilirisasi harus dilakukan secara cepat agar masyarakat memiliki penghasilan yang meningkat. Selain itu, produk hilir juga dapat membuka peluang besar terhadap masuknya kelapa lokal menuju ekspor.

"Saya berharap agar masyarakat Indragiri Hilir melakukan berbagai inovasi dan hilirisasi dari komoditas kelapa. Hal ini penting dilakukan agar dapat memberikan nilai tambah bagi para petani maupun masyarakat setempat," katanya.

3. Masyarakat Indragiri Hilir berharap pemerintah terus memberikan pendampingan dan bantuan untuk mengembangkan perkebunan kelapa

Sambangi Indragiri Hilir,Wamentan Dorong Inovasi dan Hilirisasi KelapaKunjungan Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi, ke Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. (Dok. Kementan)

Sementara itu, Bupati Indragiri Hilir Wardan menyampaikan bahwa komoditas kelapa sejauh ini merupakan tulang punggung bagi mayoritas masyarakatnya. Dia berharap pemerintah pusat terus memberikan pendampingan dan bantuan kemudahan untuk mengembangkan perkebunan kelapa secara luas.

"Kami berharap ada perbaikan sarana dan prasarana infrastruktur, khususnya dalam menunjang mobilisasi hasil perkebunan termasuk peremajaan perkebunan. Selain itu, ke depan, bisa melakukan pengembangan sentra produksi turunan kelapa berbasis masyarakat," katanya. (WEB)

Baca Juga: Kementan Fokus Bangun Tata Kelola Majukan Kelapa Sawit di Kalsel

Topik:

  • Ahmad Faisal

Berita Terkini Lainnya